Besaran Bantuan Perbaikan Rumah Korban Gempa Sulbar Berdasarkan Tingkat Kerusakan

Senin, 18 Januari 2021 05:01 Reporter : Merdeka
Besaran Bantuan Perbaikan Rumah Korban Gempa Sulbar Berdasarkan Tingkat Kerusakan Gempa Sulawesi Barat. ©2021 Merdeka.com/Ahmad Udin

Merdeka.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo memastikan, pemerintah akan memberi dana bantuan terhadap perbaikan rumah warga terdampak gempa di Sulawesi Barat. Besarannya, diketahui mulai dari Rp25 juta hingga Rp50 juta.

"Ini merupakan usulan dari Pemerintah Provinsi Sulbar kepada Pemerintah Pusat melalui BNPB," kata Doni, Minggu (17/1).

Doni melanjutkan, pemberian bantuan perbaikan nantinya berdasarkan hasil kriteria kerusakan rumah warga terdampak, Seperti bantuan Rp50 juta untuk rumah rusak berat (RB), Rp25 juta untuk rumah rusak sedang (RS), dan Rp10 juta untuk rumah rusak ringan (RR).

"Pemerintah pasti akan memberikan perhatian kepada masyarakat yang menjadi korban, termasuk rumah yang rusak nanti menjadi tanggung jawab BNPB bersama dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten," yakin Doni.

Sementara itu, data teranyar terkait jumlah korban jiwa akibat gempa di Sulawesi Barat. Berdasarkan data per 17 Januari 2021 pukul 14.00 WIB, tercatat, 73 orang dinyatakan meninggal dunia.

"Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan jumlah korban meninggal dunia akibat gempa M6,2 yang terjadi pada Jumat (15/1), pukul 01.28 WIB atau 02.28 waktu setempat di Provinsi Sulawesi Barat menjadi 73 orang, dengan rincian 64 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan sembilan orang di Kabupaten Majane," tulis Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB.

Terkait korban luka, data diterima Raditya, terdapat 554 orang di Kabupaten Majene. Rinciannya, 64 orang mengalami luka berat, 215 orang luka sedang dan 275 orang luka ringan.

Reporter: Radityo [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Gempa Majene
  3. Gempa Mamuju
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini