Bertemu Petani, Jokowi Kaget Menteri LHK Belum Bagikan Lahan Reforma Agraria

Selasa, 24 September 2019 16:41 Reporter : Merdeka
Bertemu Petani, Jokowi Kaget Menteri LHK Belum Bagikan Lahan Reforma Agraria Massa Aksi Reforma Agraria Temui Jokowi. ©2019 Liputan6.com/Ditto Radityo

Merdeka.com - Sekjen Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) Dewi Kartika membeberkan hasil pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Pertemuan ini membahas tuntutan petani Indonesia terkait reforma agraria yang dituntut para petani.

Menurut Dewi, Jokowi belum merealisasikan sejengkal pun lahan yang dijanjikan kepada rakyat melalui reforma agraria. Padahal janji itu telah digaungkan sejak awal kepemimpinannya.

"Pemerintah menjanjikan akan mendistribusikan 9 juta hektare lahan bagi para petani. Itu macet. Janji itu macet. Hasilnya adalah nol hektare yang sampai ke masyarakat. Tidak ada," kata Dewi di seberang Istana Negara Jakarta Pusat, Selasa (24/9).

Jokowi, lanjut Dewi, langsung mengonfirmasi hal itu kepada Menteri Lingkungan Hidup Kehutanan Siti Nurbaya. Menurut Dewi, Siti mengaku belum ada lahan yang mereka distribusikan karena semua masih dalam proses.

"Dari respons-respons Pak Jokowi, beliau kaget dan benar itu kan baru SK SK saja yang diurus (belum ada distribusi)," kata Dewi.

Karenanya Dewi meminta Presiden Jokowi agar soal reforma agraria tak lagi dipegang oleh kementerian, tetapi langsung di bawah kendali presiden.

"Nah kami tadi mengusulkan badan pelaksana reforma agraria itu harus langsung dipimpin oleh presiden gak bisa lagi sama selevel menteri, dan Pak Jokowi setuju," tandas dia.

Nantinya, kelompok perwakilan tani akan dikoordinasikan langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko untuk menginventarisir masalah soal reforma agraria yang masih mandek.

Reporter: M Radityo

Sumber: Liputan6.com [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini