Belajar dari Internet, Dua Pemuda di Jakbar Nekat Produksi Ganja Sintetis

Rabu, 3 Maret 2021 23:01 Reporter : Merdeka
Belajar dari Internet, Dua Pemuda di Jakbar Nekat Produksi Ganja Sintetis Ilustrasi borgol. ©2014 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Pusat bersama Unit Reskrim Polsek Sawah Besar menggerebek sebuah rumah yang dijadikan sebagai tempat pembuatan ganja sintetis di Kembangan, Jakarta Barat.

Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Setyo Koes Heriyanto, dua orang pemuda yakni Rully dan Rizza mereka belajar secara mandiri.

Setyo mengatakan, keduanya mengakses situs-situs yang menyediakan informasi tentang tata cara pembuatan ganja sintetis. Tak tanggung-tanggung, Rully dan Rizza ganja sintetis sekali produksi mencapai 4 kilogram.

"Bahan kimia didapat melalui online. Teknis pembuatan belajar dari online," kata dia di Polres Metro Jakarta Pusat, Rabu (3/3).

Menurut pengakuannya, bisnis ganja sintetis sudah berjalan selama hampir dua tahun. Setyo menyampaikan, mereka biasanya mengedarkan ke kalangan pelajar yang ada di Jakarta dan Bandung.

"Mereka dari memasarkan juga secara online," ucap dia.

Setyo menyampaikan, Rully dan Rizza memiliki dua orang anak buah yang membantu mengedarkan ganja sintetis. Mereka adalah MFR dan RH. Unit Reskrim Polsek Sawah Besar juga telah meringkus keduanya di salah satu hotel kawasan Bandung, Jawa Barat.

"Kita kejar sampa kaki-tangan di Bandung kita amankan di sebuah hotel dua orang," ucap dia.

Kepada polisi, para tersangka mengaku menjual per-lima gram dengan harga Rp250 ribu. "5 gram Rp250 ribu. Nanti uangnya diputar lagi," ucap salah satu tersangka.

Reporter: Ady Anugrahadi [ray]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ganja
  3. Kasus Narkoba
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini