Baru 81 Persen Pemudik Kembali Lewat Tol Jakarta-Cikampek

Selasa, 11 Juni 2019 18:41 Reporter : Adi Nugroho
Baru 81 Persen Pemudik Kembali Lewat Tol Jakarta-Cikampek arus balik di Tol Cikampek. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek mencatat jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta baru 81 persen atau 556.885 kendaraan pada arus balik Lebaran. Jumlah itu tercatat sejak H+1 sampai H+4 pada Selasa pagi pukul 06.00 WIB.

Humas Jasa Marga Jakarta-Cikampek Hendra Damanik mengatakan, sepanjang arus mudik sejak H-7 sampai H-1 lebaran, ada sebanyak 691.569 kendaraan menuju ke arah timur baik menuju ke Tol Trans Jawa maupun ke Cipularang.

"Berdasarkan realisasi yang telah kembali ke Jakarta, sehingga terdapat sekitar 134.684 kendaraan yang masih belum melakukan perjalanan pulang," kata Hendra, Selasa (11/6).

Korlantas Polri sendiri memprediksi gelombang arus balik bakal terjadi sampai 13 Juni mendatang. Karena itu, Kementerian Perhubungan atas rekomendasi dari Polri memperpanjang jadwal operasi kendaraan dengan sumbu tiga atau lebih sampai 12 Juni tengah malam sepanjang ruas jalan tol Jakarta-Semarang.

Karena itu, sampai dengan ketentuan tersebut truk logistik maupun industri diimbau menggunakan jalur arteri Pantai Utara Jawa dari Bekasi-Karawang sampai dengan Semarang.

Adapun pengamatan merdeka.com pada Selasa 911/6) pukul 16.00 WIB, lalu lintas kendaraan di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mengarah ke Jakarta terjadi kepadatan semenjak di kilometer 70 GT Cikampek Utama sampai dengan wilayah Karawang Barat kilometer 47. [eko]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini