Bahas Keamanan Wilayah Perbatasan, Delegasi Timor Leste Temui Kapolda NTT

Selasa, 17 Agustus 2021 02:30 Reporter : Ananias Petrus
Bahas Keamanan Wilayah Perbatasan, Delegasi Timor Leste Temui Kapolda NTT Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif bertukar cenderamata dengan pimpinan delegasi RDTL. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif menerima kunjungan kehormatan delegasi Republik Demokratik Timor Leste (RDTL), Senin (16/8). Mereka di antaranya membahas persoalan yang terjadi di perbatasan RI- Timor Leste, termasuk masalah keamanan.

Delegasi RDTL dipimpin Longguinhos Rabinranata Tagore Domingoes de Castro Montererio. Dia datang bersama Konsul RDTL di Kupang Jesuino dos Reis de Matos Carvalho dan Consul RDTL di Agente Consulat Atambua Joa Simao Sousa beserta tiga anggota lainnya. Sementara itu, Kapolda NTT didampingi Karoops, Dirintelkam dan Kabidhumas.

Pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Kapolda NTT itu sebagai ajang silaturahmi, sekaligus membahas permasalahan situasi keamanan di wilayah perbatasan RI-Timor Leste.

"Suatu kehormatan dengan kunjungan ini. Harapan saya melalui kunjungan ini dapat meningkatkan kerja sama secara baik, dalam menjaga wilayah perbatasan, sehingga tidak ada lagi persoalan-persoalan hukum, seperti permasalahan batas maupun keimigrasian," jelas Lotharia.

Menurut Lotharia, mereka sepakat untuk bangun koordinasi secara aktif untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, baik dari wilayah Indonesia ke Timor Leste maupun sebaliknya.

Sementara itu, Longguinhos menjelaskan, selain untuk bersilaturahmi, mereka ingin meningkatkan koordinasi dan kerja sama terkait permasalahan-permasalahan yang terjadi di batas RI-RDTL, terutama masalah pelanggaran keimigrasian.

Dia berterima kasih kepada Polri, khususnya Polda NTT, yang telah berupaya memulangkan warganya yang masuk ke wilayah Indonesia secara ilegal beberapa waktu lalu.

"Kami berterima kasih kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia yang sudah mengupayakan sehingga 113 orang warga kami bisa dipulangkan", ucapnya.
Sebelum mengakhiri pertemuan, delegasi RDTL dan Kapolda NTT saling bertukaran cenderamata.

Baca juga:
Hadiri Kenaikan Tingkat Bela Diri, 361 Warga Timor Leste Masuk RI Tanpa Dokumen
Tanpa Penyekatan, Ini Jalur Perbatasan Jateng-Jabar yang Bisa Ditempuh Lewat Sungai
Pulang dari Malaysia Lewat Jalur Ilegal, 80 PMI Diamankan Satgas Pamtas di Kalbar
Cegah Penyelundupan Orang dan Narkoba, Pengamanan Kawasan Perbatasan Diperketat
BNPP Identifikasi 29 Titik Lintas Batas Tak Resmi di Sambas dan Bengkayang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini