Ariel Noah dan Risa Saraswati Dijadwalkan Ikut Vaksinasi Covid-19

Rabu, 13 Januari 2021 23:04 Reporter : Aksara Bebey
Ariel Noah dan Risa Saraswati Dijadwalkan Ikut Vaksinasi Covid-19 Ariel Noah. ©2020 Merdeka.com/Youtube Armand Maulana

Merdeka.com - Proses vaksinasi Covid-19 di Jawa Barat dijadwalkan dimulai hari Kamis (14/1). Di Kota Bandung, pesohor seperti Nazril Irham atau Ariel Noah dan Risa Saraswati akan ikut berpartisipasi di antara para pejabat pemerintah.

Pemerintah Kota Bandung memilih tempat penyuntikan vaksin di Rumah Sakit Kelurga Ibu dan Anak (RSKIA). Ariel Noah dan Saraswati menjadi dua dari 10 orang pertama yang dikonfirmasi mengikuti program tersebut.

Selain itu juga Sekretaris daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Ahyani Raksanagara, Direktur RSKIA, Kapolrestabes Bandung dan DPRD Kota Bandung, unsur dari Kemenag, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan kepala Cabang BPJS.

Dalam daftar itu, tidak ada Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Keduanya tidak memenuhi persyaratan. Oded saat ini menjalani isolasi mandiri karena dinyatakan positif Covid-19. Sedangkan Yana pernah terpapar Covid-19.

Kadinkes Kota Bandung, Ahyani Raksanagara menjelaskan, penyuntikan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Selanjutnya, vaksinasi fokus menyasar tenaga kesehatan sesuai dengan daftar panggilan sistem dari Pemerintah pusat.

"Influencernya Insya Allah Risa (Saraswati) dan Kang Ariel. Mudah-mudahan dia dapat menjadi pendorong untuk kelompok mudanya," ucap dia, Rabu (13/1).

"(untuk tenaga kesehatan) sudah dipastikan di mana disuntiknya, tergantung dari SDM Kesehatannya tercantum di faskes mana, kan itu ditentukan oleh sistem, bukan kita yang menentukan," Ia melanjutkan.

Kota Bandung sendiri mendapat 25 ribu dosis vaksin Covid-19 yang disediakan pemerintah pusat pada tahap pertama. Dosis vaksin itu disebarkan ke 191 fasilitasi kesehatan di Kota Bandung.

Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna mengaku siap disuntik vaksin setelah membaca literatur dan penjelasan dari dokter ditambah testimoni Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang terdaftar sebagai relawan uji klinis.

"Saya sudah menjalani serangkaian tes dan dinyatakan boleh menerima suntikan vaksin. Salah satu persyaratannya belum pernah terpapar dan kemarin saya di swab, hasilnya negatif," ucap dia.

Risa Saraswati yang dikenal sebagai penyanyi dan penulis novel menyatakan siap menjalani vaksinasi Covid-19. Semua persiapan sudah dilalui, termasuk melaporkan kondisi kesehatan kepada petugas.

"Surat keterangan hasil rapid test antigen dan swab sudah siap. Kalau persiapannya yang pasti tidur cukup terus kalau ada alergi atau penyakit atau apa diberitahukan, gitu aja sih sebenarnya," ucap dia.

Alasan lain ia ingin menjalani vaksinasi adalah melawan ketakutan dari informasi tak valid alias hoaks yang tersebar di media sosial. Apalagi, aktivitasnya yang padat sangat rentan terpapar virus corona.

"Daripada aku baca grup terus ketakutan dengan pemberitaan hoaks begitu, ya udah mending aku buktiin aja dulu sendiri. Aku kayak butuh proteksi gitu makanya pengen cepet-cepet sebenernya makanya kemarin begitu ditawarin ya excited," terang dia. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini