Absen, Wali Kota Solo Tak Dampingi Jokowi Saat Peringatan Hari Batik Nasional

Rabu, 2 Oktober 2019 17:56 Reporter : Arie Sunaryo
Absen, Wali Kota Solo Tak Dampingi Jokowi Saat Peringatan Hari Batik Nasional Presiden Jokowi saat peringatan hari batik nasional di Solo. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo absen saat peringatan Hari Batik Nasional di Istana Mangkunegaran Solo, Rabu (2/10). Padahal acara tersebut dihadiri Presiden Joko Widodo, sejumlah Menteri Kabinet Kerja, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta pejabat penting lainnya.

Dalam acara tersebut, Rudy diwakili Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo. Bakal calon Wali Kota Solo yang diusung PDIP itu menepis adanya hubungan yang kurang harmonis antara keduanya. Menurutnya, Rudy absen karena harus menghadiri pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kelurahan Jagalan, Jebres.

"Hari ini pak Rudy tidak bisa hadir disini. Kebetulan pagi tadi ada TMMD, beliau harus membuka acaranya dan tidak bisa ditinggalkan. Jadi saya yang ditugaskan kesini," ujar Purnomo.

Purnomo memastikan, tidak ada masalah antara pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo dua periode tersebut. Apalagi jika dikait-kaitkan dengan pencalonan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menjadi Wali Kota Solo.

"Tidak, tidak ada masalah sama sekali Pak Rudy dengan Pak Jokowi. Saya atau Pak Rudy sama saja, siapa yang longgar yang datang," kilahnya.

Secara khusus, Presiden Jokowi menitipkan salam untuk Rudy. Purnomo juga sudah menyampaikan kepada Jokowi, Rudy berhalangan hadir karena harus membuka acara TMMD di Jebres.

Dalam agenda Wali Kota Solo yang dirilis Humas Protokol Pemkot Solo, FX Rudy memang dijadwalkan membuka TMMD pada pukul 08.00 WIB. Sementara Peringatan Hari Batik Nasional 2019 juga agenda Wali Kota, yakni pukul 09.00 WIB.

Saat peringatan Hari Batik Nasional di Solo, sejumlah wartawan sempat menanyakan perihal pencalonan Gibran sebagai Wali Kota Solo ke Jokowi. Namun mantan Gubernur DKI Jakarta itu enggan menanggapi. Jokowi hanya melempar senyuman sembari menjawab pertanyaan lainnya. [noe]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini