5 Megalit Berbentuk Lumpang dan Lesung Ditemukan di Kebun Kopi Warga Lahat

Kamis, 28 Januari 2021 01:06 Reporter : Irwanto
5 Megalit Berbentuk Lumpang dan Lesung Ditemukan di Kebun Kopi Warga Lahat Megalit di Lahat. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Warga menemukan lima benda megalitik di kebun kopi di Suka Merindu, Lahat, Sumatera Selatan. Megalit itu terdiri dari tiga berbentuk lumpang dan dua menyerupai lesung batu.

Staf Khusus Bupati Lahat Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Maryoto mengungkapkan, megalit berbentuk lumpang memiliki diameter 12 centimeter, sedangkan berbentuk batu memiliki tiga lobang masing-masing berdiameter 14 cm. Ada juga lesung batu yang berukuran besar yakni 25 cm dan posisinya tertimbun tanah.

"Kami temukan tiga lima benda megalit di kebun kopi milik warga," ungkap Maryoto, Rabu (27/1).

Menurut dia, megalit tersebut kemungkinan digunakan dalam menunjang pertanian dan pemujaan leluhur pada zamannya. Seperti menumbuk biji-bijian dan hasil kebun lainnya.

"Kami masih melakukan penelitian lebih lanjut," ujarnya.

Dengan ditemukannya lima benda megalit terbaru, otomatis menambah daftar situs megalit di Lahat. Bahkan, Kabupaten Lahat sejak lama sudah dikenal dengan daerah kaya megalit.

"Setidaknya ada 55 situs megalit yang ada di Lahat yang tersebar di 20 situs megalitik," kata dia.

Arkeolog dari Balai Arkeologi Sumsel Retno Purwanti menjelaskan, kawasan Lahat dan Pagaralam menjadi pusat penemuan megalit. Sementara benda megalit tertua di Sumsel berada di Pagaralam yang sudah ada sejak abad ke-4 Masehi.

Hanya saja, sejauh ini belum ditemukan megalit yang berusia sebelum masehi. Terbanyak ditemukan megalit pada abad ke-9 sampai abad ke-12 M atau masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya.

"Wilayah itu paling banyak situs megalit. Bisa jadi hampir setiap kelurahan ada situsnya," kata dia. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini