Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

4 Kasus kriminal paling menyita perhatian

4 Kasus kriminal paling menyita perhatian Rekonstruksi Taat Pribadi. ©2016 Merdeka.com/Masfiatur Rochma

Merdeka.com - Sepanjang tahun 2016, rentetan kasus dan peristiwa mewarnai sendi kehidupan warga. Mulai dari pencurian, perampokan, penipuan serta pembunuhan.

Salah satu kasus mencuat adalah kasus pembunuhan dan penipuan yang dilakukan Taat Pribadi, sekaligus pemimpin Padepokan Kanjeng Dimas. Taat diduga merupakan otak atas kasus pembunuhan terhadap dua santrinya Abdul Gani dan Ismail Hidayah.

Polisi menduga pembunuhan itu dilakukan Taat dan anak buahnya untuk menutupi kasus penipuan bermodus penggandaan uang. Tanpa butuh lama, seluruh pelakunya ditangkap dan dijebloskan ke dalam jeruji besi.

Kasus ini ternyata menyita perhatian publik. Banyak orang merasa penasaran dengan cara Taat melakukan penipuan, apalagi beredar banyak video memperlihatkan Taat sedang menggandakan uang lewat baju kebesarannya.

Tak hanya kasus pembunuhan, polisi juga menemukan sejumlah kasus penipuan yang dilakukan Taat Pribadi dan anak buahnya. Hal itu terbukti saat petugas melakukan penggeledahan di kamar pribadi di lingkungan Padepokan Kanjeng Dimas, di antaranya uang dan emas palsu.

Atas perbuatannya, para tersangka terancam pasal pembunuhan berencana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP junto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP. Serta Pasal 372 dan 378 KUHP junto Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) untuk kasus penipuannya.

Selain Taat, ada beberapa kasus lain yang juga menjadi pusat perhatian sepanjang 2016. Berikut daftarnya:

Pembunuhan Eno Parihah dengan cangkul

Kasus ini paling menyita perhatian publik, di mana seorang gadis berusia 19 tahun dibunuh dengan keji. Para pelaku, termasuk seorang siswa SMP menghabisi korbannya bernama Eno Parihah menggunakan cangkul yang dimasukkan melalui kemaluannya.Pembunuhan bermula dari kedatangan salah seorang pelaku berinisial RA (15) ke mes untuk bertemu dengan korban, dia masuk dengan leluasa karena berkomunikasi terlebih dahulu dan pintu sudah dibuka. RA kemudian masuk ke dalam kamar lalu bermesraan dan saling cumbu selama 20 menit.Saat RA mengajak berhubungan intim, Eno menolak karena takut hamil. Penolakan itu membuat RA marah dan kesal. Tanpa berkata-kata di kembali mengenakan pakaian dan meninggalkan mes. Saat keluar dia merokok di depan mes, lalu didekati sejumlah pria. Mereka kembali ke kamar Eno.Melihat korban tertidur, Imam langsung membekap wajah korban dengan bantal. Sedangkan Arifin memegangi kaki, kemudian Arifin meminta RA mengambil pisau di dapur. RA manut tapi tidak menemukan barang tersebut. Remaja ini akhirnya keluar dari mes dan menemukan cangkul di rumah seorang penduduk yang tinggal tak jauh dari mes.Saat RA keluar kamar, Arifin memperkosa Enno. Sedangkan Imam tetap membekap wajah korban dengan bantal. Tidak berapa lama RA datang membawa cangkul. Benda itulah yang digunakan RA dan Arifin secara bergantian untuk membunuh korban.Setelah Eno tidak bergerak, Arifin mengambil kain untuk menutup tubuh gadis itu. Satu di antara mereka mengambil telepon seluler milik Eno. Mereka meninggalkan tempat itu, tidak lupa menggembok kamar Enno dari luar.Tiga hari setelah kejadian itu, polisi menangkap mereka di tempat berbeda. Polisi berhasil mencium jejak tersangka setelah melacak sinyal telepon seluler Enno.Atas perbuatannya, RA telah dijatuhi vonis 10 tahun bui. Sedangkan Rahmat Arifin dan Imam Hapriadi kini tengah menanti putusan hakim, keduanya didakwa hukuman maksimal, yaitu hukuman mati.

Kasus narkoba dan pemerkosaan Aa Gatot

Baru saja terpilih kembali, Ketua Umum Persatuan Artis dan Film Indonesia (PARFI), Gatot Brajamusti dan istrinya Dewi Aminah ditangkap polisi karena kepemilikan narkoba jenis sabu. Gatot dan Dewi ditangkap bersama dengan enam orang lainnya di salah satu kamar Hotel Golden Tulip, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).Di mana salah satu dari enam orang yang bersama Gatot dan Dewi ialah penyanyi Reza Artamevia. Sedangkan kelima orang lainnya antara lain berinisial, YY, RN, DN, BN dan SP.Saat diamankan, polisi langsung menggeledah seluruh bagian badan Gatot yang kala itu memakai kemeja. Dari tangan Gatot disita 1 klip plastik berbentuk kristal putih di duga sabu, 1 alat pengisap sabu atau bong, 1 pipet kaca, 2 sedotan, 1 korek gas untuk membakar bong, 2 dompet berisi KTP, sejumlah uang dan 1 handphone. Sedangkan dari tangan Dewi ditemukan 1 stip obat dan 2 kondom.Saat pesta sabu dengan seluruh pengikutnya, Aa Gatot mengaku benda terlarang itu bernama Asfat, ang disebutnya sebagai makanan jin. Itupun diakui Reza Artamavia, namun BNN menyatakan Asfat merupakan sabu. Kasus yang menjerat Aa Gatot ini sudah memasuki ranah peradilan.Di sela-sela kasusnya, ternyata dua orang wanita melapor diperkosa oleh Aa Gatot. Pemerkosaan itu dilakukan Aa dengan alasan membersihkan tubuh korban dari jin, atau hal-hal buruk. Akibat dari persetubuhan tersebut, wanita berinisial C itu sempat mengandung dua kali.Kasus pemerkosaan ini masih dalam penyidikan polisi.

Perampokan dan pembunuhan Pulomas

Ini kasus terbaru yang paling menyita perhatian masyarakat. Sebuah rumah yang berada di Jalan Pulomas Utara Nomor 7A, Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur. Para perampok yang terdiri empat orang itu langsung menyekap seluruh penghuninya ke sebuah kamar mandi kecil berukuran 1,5 meter x 1,5 meter.Korban yang disekap semula berjumlah 10 orang, kemudian ditambah pemilik rumah Ir Dodi Triono yang baru saja pulang. Alhasil, Dodi dan dua putrinya Diona Arika Andra Putri (16) dan Dionita Gemma Dzalfayla (9) tewas akibat kehabisan napas. Tak hanya itu, dua sopirnya Yanto dan Tasrok ikut meninggal.Selain mereka, satu orang teman Gemma yang sedang menginap ikut menjadi korban tewas. Sementara lima orang lainnya selamat, yakni Zanette Kailila Azaria (13), putri Dodi, dan empat pembantunya Emi (41), Santi (22), Fitriani (23) dan Windy (23).Kasus penyekapan dan perampokan ini terungkap begitu salah satu teman korban, Sheilla datang ke rumah tersebut. Saat masuk ke dalam, dia mendengar suara minta tolong. Ketakutan, saksi mata lantas melapor ke security lalu diantar ke kantor polisi. Sementara, seorang satpam lainnya masuk ke dalam rumah dan mencoba memberikan bantuan.Tak lama polisi pun tiba, dibantu warga sekitar pintu dijebol. Saat dibuka, lima orang termasuk Dodi sudah kehilangan nyawanya, sedangkan lima orang yang tersisa ditemukan dalam keadaan lemas. Mereka di evakuasi, tim medis sempat berusaha menyelamatkan Tasrok, namun nyawanya juga tak tertolong.Bermodal rekaman Circuit Close Television (CCTV), polisi berhasil mengidentifikasi para pelakunya, mereka adalah Ramlan Butar Butar, Erwin Situmorang, Alfins Bernius Sinaga dan Ridwan Sitorus alias Ius Pane. Hanya berserselang sehari, petugas berhasil mengendus jejak mereka.Ramlan dan Erwin dibekuk di Jalan Kolong, Tambun, Bekasi Timur, Jawa Barat. Sedangkan Alfins yang saat kejadian menjadi sopir bagi para pelaku ditangkap di Bekasi Utara, sementara Ius Pane dimasukkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).Dari hasil penyelidikan polisi, Ramlan diketahui pemain lama sekaligus residivis kasus perampokan. Namanya beberapa kali masuk sebagai DPO, sempat ditangkap petugas dari Polresta Depok namun dilepas karena sedang mengalami sakit. Saat sembuh, dia tak pernah melapor lalu ditetapkan sebagai buron.Saat ini, kasus tersebut masih dalam penyidikan. Polisi masih berupaya mendalami motif para pelaku menyekap seluruh korban di dalam kamar mandi kecil tanpa ventilasi.

 

(mdk/did)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Berbincang dengan Pemudik, Kapolri Jamin Mudik di Stasiun Pasar Senen Aman Tanpa Kejahatan

Berbincang dengan Pemudik, Kapolri Jamin Mudik di Stasiun Pasar Senen Aman Tanpa Kejahatan

Berbincang dengan Pemudik, Kapolri Jamin Mudik di Stasiun Senen Aman Tanpa Kejahatan

Baca Selengkapnya
Bukannya Melindungi Masyarakat, Dua Polisi di Garut Malah Jadi Otak Penculikan dan Pencurian

Bukannya Melindungi Masyarakat, Dua Polisi di Garut Malah Jadi Otak Penculikan dan Pencurian

Kepolisian Resor Garut menangkap enam pelaku pencurian dan penculikan terhadap salah seorang warga

Baca Selengkapnya
10 Tempat dengan Angka Kriminalitas Tertinggi di Amerika, Hati-Hati Jika Liburan ke Sana

10 Tempat dengan Angka Kriminalitas Tertinggi di Amerika, Hati-Hati Jika Liburan ke Sana

Beberapa bagian Amerika Serikat yang terkenal dengan kriminalitasnya, seperti, pencurian, perampokan, penganiayaan berat, dan seksual.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Polisi Ungkap Penyebab Macet di Tasik Hingga Kendaraan Tak Bergerak Berjam-jam Semalam

Polisi Ungkap Penyebab Macet di Tasik Hingga Kendaraan Tak Bergerak Berjam-jam Semalam

Kendaraan didominasi para pemudik hendak balik ke kota asalnya. Tingginya volume kendaraan juga dipicu banyaknya wisatawan.

Baca Selengkapnya
Jenderal Bintang Dua Klaim Kriminalitas di Jakarta Turun Jelang Pencoblosan: Mereka Mau Nyoblos Dulu Kali

Jenderal Bintang Dua Klaim Kriminalitas di Jakarta Turun Jelang Pencoblosan: Mereka Mau Nyoblos Dulu Kali

Seperti diketahui besok merupakan hari pemungutan suara secara serentak di seluruh Indonesia

Baca Selengkapnya
Masih Lengkapi Berkas, Polisi Bakal Periksa SYL Usai Pemilu 14 Februari 2024

Masih Lengkapi Berkas, Polisi Bakal Periksa SYL Usai Pemilu 14 Februari 2024

Pemeriksaan diperlukan untuk melengkapi berkas perkara sesuai petunjuk jaksa penuntut umum.

Baca Selengkapnya
Kesal Tak Difasilitasi Komunikasi, Seorang Pria Bacok dan Tusuk Adik Ipar di Garut hingga Meninggal

Kesal Tak Difasilitasi Komunikasi, Seorang Pria Bacok dan Tusuk Adik Ipar di Garut hingga Meninggal

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Garut AKP Ari Rinaldo mengatakan bahwa aksi tersebut terjadi di jalan Gagak Lumayung, Kelurahan Kota Wetan.

Baca Selengkapnya
Sahroni Desak Polisi Tangkap Pelaku Curanmor yang Tembak Ketua RT di Cilincing

Sahroni Desak Polisi Tangkap Pelaku Curanmor yang Tembak Ketua RT di Cilincing

Untuk itu, Sahroni berharap, kasus kriminal di wilayah Jakarta Utara bisa menurun drastis pada tahun 2024 ini.

Baca Selengkapnya
Ibu Hamil yang Hendak Melahirkan Ini Terjebak di Pasar Tipar, Sampai Dievakuasi Kepolisian

Ibu Hamil yang Hendak Melahirkan Ini Terjebak di Pasar Tipar, Sampai Dievakuasi Kepolisian

Warga dan pedagang yang melihat Maya merintih kesakitan mencoba membantunya dan langsung menghubungi petugas keamanan.

Baca Selengkapnya