BI Perpanjang Keringanan Telat Bayar Kartu Kredit Hingga Akhir 2022

Selasa, 24 Mei 2022 17:38 Reporter : Merdeka
BI Perpanjang Keringanan Telat Bayar Kartu Kredit Hingga Akhir 2022 ilustrasi Kartu Kredit. Ilustrasi shutterstock.com

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) akan memperpanjang keringanan telat bayar kartu kredit hingga 31 Desember 2022, untuk memperkuat sistem pembayaran dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional. Sebelumnya, relaksasi ini akan berakhir pada 30 Juni 2022 mendatang.

"(BI) melanjutkan masa berlakunya kebijakan batas minimal pembayaran dan nilai denda keterlambatan kartu kredit dari semula akan berakhir 30 juni 202 diperpanjang menjadi 31 desember 2022," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam pengumuman hasil rapat dewan gubernur BI, Selasa (24/5).

Dia beralasan, langkah ini sebagai upaya untuk mendukung perkembangan transaksi kartu kredit di dalam negeri. "Hal ini guna mendukung perkembangan transaksi kartu kredit dengan tetap menjaga risiko kredit," ujarnya.

Perlu diketahui, kebijakan yang dimaksud berkaitan besaran denda keterlambatan pembayaran kartu kredit dari sebelumnya sebesar 3 persen atau maksimal Rp 150.000 menjadi 1 persen atau maksimal Rp 100.000.

Sementara, nilai minimum pembayaran kartu kredit akan kembali menjadi 10 persen dari besaran tagihan. Pada aturan ini, BI juga menurunkan minimum pembayaran kartu kredit menjadi 5 persen.

Aturan ini mulanya merupakan respons terhadap dampak pandemi Covid-19 yang meluas di tanah air. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 22/7/PBI/2020.

Reporter: Arief Rahman H.

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Cara Blokir Kartu Debit dan Kredit BCA Lewat Ponsel
Cara Membuat Kartu Kredit Online Bank Mandiri, BNI dan BCA, Mudah Banget
Tips Gunakan Kartu Kredit Agar Tak Terjerat Utang
Perhatikan Perbedaan Debit dan Kredit Beserta Manfaatnya, Agar Tidak Salah Pilih
Fungsi Kartu Kredit saat Belanja, Bantu Permudah Transaksi
Simak Perbedaan Paylater dan Kartu Kredit

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini