Arti demos dan kratos, 2 kata di balik istilah demokrasi

Rabu, 6 April 2016 12:30 Reporter : Dewi Ratna
Arti demos dan kratos, 2 kata di balik istilah demokrasi Aksi Gerakan Penyelamat Demokrasi depan Mabes Polri. ©2015 Merdeka.com/titin supriatin

Merdeka.com - Pernahkah kamu melihat orang-orang yang melakukan pemilu? Pemilu atau pemilihan umum adalah sebuah usaha yang dilakukan untuk menampung piihan rakyat dalam menentukan wakil-wakilnya untuk menjalankan pemerintahan berpolitik. Pemilu adalah salah satu kegiatan yang menunjukkan sikap demokrasi. Lalu, apa yang dimaksud dengan demokrasi? Yuk kita simak penjelasannya.

Kata demokrasi berasal dari dua kata di dalam bahasa Yunani yaitu demos dan kratos. Demos yang berarti rakyat dan kratos yang bermakna pemerintahan. Bisa kita tarik kesimpulan kalau demokrasi berarti pemerintahan rakyat. Setelah itu, kata demos dan kratos ini digabung hingga menjadi kata tunggal, democracy. Lalu, apa artian sebenarnya dari demokrasi itu? Banyak pendapat tentang artian dari demokrasi ini, yuk kita bahas satu persatu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata demokrasi bermakna sebuah istilah politik yang artinya pemerintahan rakyat. Hal ini berarti, dalam sebuah negara yang berdemokrasi, kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat dan pemerintahan dijalankan langsung oleh wakil-wakil yang dipilih oleh rakyat di dalam sebuah pemilihan umum.

Lain lagi dengan arti demokrasi menurut Abraham Lincoln. Mantan presiden Amerika ini mengatakan bahwa demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Maksud dari perkataan Abraham Lincoln ini adalah rakyat bisa melakukan kegiatan politik apapun tanpa tekanan dari pihak manapun karena sebenarnya yang berkuasa sepenuhnya terhadap negara adalah rakyat dengan tujuan kepentingan bersama.

Sebagai sebuah konsep politik, demokrasi memiliki arti bahwa ketika menata pemerintahan, rakyat harus memiliki peran yang penting sehingga negara selalu berlandaskan kepentingan rakyat. Nah, sekarang kamu sudah tahu apa itu demokrasi dan perannya dalam kehidupan kita. Berminat untuk belajar lebih lanjut kan?

[iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini