Rayakan HUT ke-16, Forwot Konsisten Asah dan Asuh Anggotanya

Senin, 1 Juli 2019 17:56 Reporter : Syakur Usman
Rayakan HUT ke-16, Forwot Konsisten Asah dan Asuh Anggotanya kegiatan ulang tahun ke-16 FORWOT. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Merayakan ulang tahun ke-16, Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) menggelar kegiatan gathering menarik bertajuk "Menjaga Sikap Profesionalitas dan Menjawab Tantangan di Era Disrupsi" di Bogor, Jawa Barat, akhir pekan lalu (29-30/6).

Topik menarik itu dibahas dalam rangkaian workshop dengan mengundang para narasumber yang terdiri dari wartawan senior, pelaku industri otomotif, dan pegiat media sosial.

Indra Prabowo, Ketua Umum Forwot, mengatakan dalam perkembangan industri media yang terus meluas, mengakibatkan banyak bermunculan kompetitor baru. Pada umumnya, media baru ini didukung dengan berbagai teknologi kekinian, yang menarik minat kaum milenial untuk mengakses media tersebut. Hal ini menuntut para pemain lama mengatur ulang strateginya, termasuk dalam mengasah skill serta tetap mempertahankan sikap profesionalitas para jurnalisnya.

“Melihat perkembangan teknologi informasi hari ini, khususnya serangan informasi dari media sosial, menuntut setiap jurnalis untuk beradaptasi dan selalu kreatif. Dengan pelatihan ini, diharapkan para anggota Forwot mampu meningkatkan kreativitasnya tanpa mengesampingkan kode etik dan tetap menjaga profesionalitas serta idealisme,” ujar Indra Prabowo, kemarin.

Dia menjelaskan sekitar 60 wartawan dari berbagai media online, cetak, dan elektronik mengikuti kegiatan workshop HUT Forwot ke-16. Mereka langsung diajak mempraktikkan ilmu tersebut dalam kompetisi foto, video, dan karya tulis jurnalistik.

Program sosial Andhum Kaharsa

Perayaan HUT ke-16 ini juga ditandai dengan aksi sosial sebagai bentuk kepedulian kepada para anggota Forowt. Program Andhum Kaharsa menjadi program terbaru Forwot yang dicetuskan pada tahun ini.

Program Andhum Kaharsa Forwot adalah memberikan apresiasi berupa "Lifetime Achievement Award" kepada dua jurnalis senior yang dianggap memberi inspirasi lewat karya jurnalistik. Keduanya adalah Gatot Irawan (mantan wartawan Sinar Harapan) dan Irwan Siswanto (mantan wartawan Berita Kota), masing-masing menerima plakat Andhum Kaharsa dan tabungan investasi. Selain itu, program baru lainnya adalah bantuan pendidikan kepada putra dan putri beberapa anggota aktif.

Arief Aszhari, Ketua Pelaksana HUT ke-16 Forwot, menjelaskan program Andhum Kaharsa merupakan sebuah terobosan yang diinisiasi oleh pengurus, dalam usahanya untuk memperhatikan para anggota.

“Forwot ingin untuk menjadi wadah yang menaungi kepentingan para anggotanya. Tidak hanya dalam urusan profesionalisme, tapi juga kepedulian sosial terhadap kehidupan para anggotanya,” jelas Arief.

Dalam perayaan HUT tahun lalu, Forwot menyerahkan donasi sebanyak empat unit laptop kepada Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk keperluan pendidikan.

Program CSR FORWOT ini sudah menjadi agenda tahunan yang menjadi salah satu tujuan dari hadirnya forum ini untuk lebih berguna bagi masyarakat, dan anggota pada khususnya,” pungkas Arief.

Puncak acara HUT ke-16 Forwot ini digelar berupa ramah tamah yang dihadiri oleh para undangan, dari perwakilan pelaku industri otomotif Tanah Air, pengurus, dan anggota FORWOT, serta pembacaan doa bersama.

Puluhan stakeholder di sektor industri otomotif nasional mendukung penuh kegiatan HUT ke-16 ini. Mereka antara lain PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), PT Sokonindo Automobile, Wuling Motors, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), PT Pertamina (Persero), dan PT Dyandra Promosindo.

Kemudian PT Toyota Motors Manufacturing Indonesia (TMMIN), PT Toyota Astra Motor (TAM), PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), PT Astra Daihatsu Motor (ADM), PT Astra Honda Motor (AHM), Kymco, Federal Lubricants, PT Adira Insurance, Pegadaian, Astra Otoparts, PT Mandiri Tunas Finance (MTF), dan IRC Tire. [sya]

Topik berita Terkait:
  1. Wartawan
  2. Aksi Sosial
  3. Bogor
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini