Ini Fokus Platform Daihatsu New Global Architecture, Beda dengan Platform Toyota

Rabu, 24 Juli 2019 19:58 Reporter : Syakur Usman
Ini Fokus Platform Daihatsu New Global Architecture, Beda dengan Platform Toyota mobil konsep Daihatsu HY-Fun di GIIAS 2019. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Daihatsu rupanya sudah menggunakan platform baru, Daihatsu New Global Architecture (DNGA), dalam pengembangan model barunya. Salah satu hasil dari DNGA itu adalah mobil konsep HY-Fun yang dipamerkan di GIIAS tahun ini di ICE BSD City, Tangerang, sejak Kamis pekan lalu.

Menariknya adalah Daihatsu merupakan anak usaha Toyota Motor Corporation yang lebih dulu merilis platform baru bernama Toyota New Global Architecture (TNGA). Jadi, apa dua platform yang berkembang di Toyota Motor Group (selain Hino), yakni DNGA dan TNGA.

Lantas, apa perbedaan antara DNGA dan TNGA?

Soni Satriya, Design Engineering Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan ada perbedaan strategis antara kedua platform baru ini.

"DNGA dipakai sebagai platform pengembangan mobil untuk segmen A dan B, serta berkapasitas mesin 1.500 cc ke bawah. Sedangkan TNGA untuk segmen premium dan kendaraan listrik. Jadi baik DNGA maupun TNGA punya model kendaraan masing-masing, yang penting sesuai dengan segmennya tersebut," ujar Soni yang dijumpai di booth Daihatsu GIIAS, kemarin.

Agar lebih memahami platform DNGA ini, kita bisa melihat mobil konsep HY-Fun yang dipajang di arena GIIAS tahun ini.

©2019 Merdeka.com

HY-Fun adalah mobil konsep MPV masa depan ala Daihatsu yang hadir dengan kapasitas 6 penumpang. Mobil konsep ini didesain untuk menunjang aktivitas generasi milenial dan keluarga dengan konsep Smart Entertainment MPV dan mesin berteknologi hybrid.

Maka itu di HY-Fun sarat dengan fitur hibutan canggih. Misalnya HY-Fun sudah full connected sehingga memungkinkan pengguna menyalakan atau mematikan mesin, pendingin (AC), dan membuka jendela melalui smartphone pengguna tanpa harus masuk ke dalam mobil. Pengguna juga dapat memonitor lokasi tepat mobil ini melalui perangkat mobile, serta terkoneksi dengan seluruh jaringan outlet Daihatsu sehingga lebih aman dan nyaman.

Kemudian HY-Fun juga mendukung fitur full entertainment yang dapat terintegrasi dengan device pengguna. Seperti untuk mendengar lagu dan bermain games yang didukung empat unit Virtual Reality (VR) yang dipasang pada baris pertama dan kedua. Kemudian ada fitur voice command dan New Smart Assist, untuk memberikan kemudahan dan keamanan pengguna dalam menggunakan mobil ini sehari-hari. Keren kan! [sya]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini