6 Tips aman cegah motor mogok saat terobos banjir

Kamis, 12 Februari 2015 05:03 Reporter : Dwi Zain Musofa
6 Tips aman cegah motor mogok saat terobos banjir Banjir Jakarta. ©2012 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Banjir yang melanda hampir sebagian wilayah ibu kota saat ini memang menjadi momok bagi para pengendara sepeda motor.

Ancaman mogok di tengah jalan menjadi salah satu hal yang ditakuti kala harus menerjang tingginya genangan air di jalanan.

Namun, bagi Anda para biker yang dituntut untuk tetap beraktivitas meski banjir melanda, ada beberapa tips mudah dan aman untuk mencegah motor mogok saat menerobos banjir. Penasaran? Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 6 halaman

Cek ketinggian air

banjir di kawasan roxy. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Hal pertama yang wajib dilakukan para biker saat ingin menerjang banjir ada memastikan jika ketinggian genangan air tak sampai ke lubang penyedot udara atau filter udara.

Biasanya, lubang penyedot udara atau air intake ini berada di atas mesin dan di bawah bagasi motor. Jika dirasa ketinggian air masih berada di bawah titik tersebut, maka langkah menerobos banjir masih bisa dilakukan.

2 dari 6 halaman

Atur selang pembuangan bahan bakar

banjir di salemba matraman. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Bagi Anda para biker yang masih menggunakan kendaraan roda dua yang menganut sistem pembakaran karburator, maka langkah sederhana yang ampuh cegah sepeda motor mogok saat banjir adalah dengan mengatur selang pembuangan bahan bakar.

Anda cukup menghadapkan selang pembuangan bahan bakar di karburator ini ke atas untuk menghindari air bisa masuk ke karburator melalui selang tersebut.

3 dari 6 halaman

Beri lapisan pelindung pada busi

banjir di salemba matraman. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Salah satu komponen yang rawan rusak atau terganggu fungsinya kala menerobos banjir adalah busi.

Untuk mengamankan perangkat satu ini dari terkena air, Anda cukup memberikan lapisan gemuk di daerah pinggir keramik kepala busi.

Dengan cara ini, maka pasokan listrik dari busi tak akan terganggu meski motor menerjang genangan air yang cukup tinggi.

4 dari 6 halaman

Jangan ngebut

Banjir di Harapan Indah Bekasi. ©2015 Merdeka.com

Mindset yang berkembang di kalangan biker terkait trik menembus banjir adalah dengan melaju kencang. Padahal cara ini boleh dibilang kurang tepat, ngebut saat menerjang banjir justru membuat gelombang air di sekitar akan lebih tinggi dan berisiko masuk ke mesin melalui lubang air intake atau karburator.

Cara yang lebih tepat adalah dengan menerjang genangan air dengan kecepatan konstan di kisaran 20 km/jam dengan rpm sedang. Untuk amannya, cukup melaju konstan dan biarkan gigi berada di posisi 1.

Sedangkan untuk motor matic, cara ampuh untuk menerjang banjir adalah dengan melaju konstan dengan rpm sedang dengan menahan tuas gas di titik yang sama dan memainkan rem untuk memperoleh laju yang diinginkan.

5 dari 6 halaman

Jangan khawatir knalpot kemasukan air

banjir di kawasan roxy. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Terkadang, banyak orang yang mengira jika salah satu area yang menjadi titik lemah motor kala menerjang banjir adalah lubang knalpot. Memang, dengan posisi knalpot yang rendah dan lubang yang cukup besar, membuat air dapat masuk dengan mudah ke area mesin. Padahal, selama mesin menyala, maka hampir sedikit peluang air bisa masuk ke dalamnya dalam intensitas yang banyak.

Maka dari itu, gas konstan selama menerjang banjir wajib dilakukan untuk makin meminimalisir risiko masuknya air ke knalpot.

6 dari 6 halaman

Bagaimana jika ketinggian air sudah terlampau tinggi?

banjir di gunung sahari. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Jika ketinggian air sudah di atas 50cm atau lebih tinggi dari area mesin atau air intake, maka langkah mudah yang bisa dilakukan adalah dengan menerjang dengan menuntun motor dalam kondisi mesin mati. Namun, amankan titik rawan masuk air di motor seperti lubang knalpot, busi, saluran pembuangan bahan bakar dengan menutupnya dengan plastik dan pastikan air tak bakal bisa masuk. [dzm]

Baca juga:
Tips dari montir buat pemotor biar tak mogok saat kebanjiran
Musim banjir, waspadai posisi aki saat libas genangan
Hindari kesal di jalan, berangkat 3 kali lebih awal
Dikhawatirkan, 1,9 juta orang tewas kecelakaan pada tahun 2020
Mencermati kerusakan motor injeksi melalui lampu indikator
Tips cara melepas knalpot motor

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini