5 Rahasia tersembunyi di balik lahirnya Bugatti Chiron

Rabu, 16 Maret 2016 00:01 Reporter : Yoga Tri Priyanto
5 Rahasia tersembunyi di balik lahirnya Bugatti Chiron Bugatti Chiron. © Autoguide.com

Merdeka.com - Tentu Anda semua tahu tentang Bugatti Chiron, bukan?

Ya, Chiron merupakan hypercar miliki Bugatti yang diutus langsung untuk menggantikan peran 'Sang Kakak', yaitu Veyron yang telah 'menua'. Saat diluncurkan pertama kali, Veyron memegang rekor sebagai hypercar tercepat di dunia.

Kini, Chiron pun menyusul dengan melampaui prestasi 'Kakaknya'. Namun dibalik mobil yang dirilis di Geneva Motor Show 2016 ini, ada fakta-fakta misterius yang tidak banyak orang tahu. Tentang pengambilan nama Chiron, hingga sejumlah rahasia lainnya.

Nah, kali ini merdeka.com akan membahas rahasia tersembunyi di balik kemewahan Bugatti Chiron.

1 dari 5 halaman

Apa arti Chiron sebenarnya?

chiron sebenarnyaBugatti Chiron. © Autoguide.com

Saat pertama mendengar kata Bugatti Chiron, apa yang ada di pikiran Anda? Sedikit dari orang bertanya, apa sih arti dari Chiron?

Chiron adalah sebuah karakter dalam mitologi Yunani yang dikenal sebagai sosok yang paling mulia, pragmatis, dan bijaksana di antara kaumnya. Dia merupakan anak dari Titan bernama Cronos. Chiron digambarkan sebagai makhluk dengan kepala dan tubuh manusia, namun setengah dari badannya adalah kuda.

Dia memiliki tombak dengan ujung panah yang telah dilumuri dengan darah hydra beracun untuk menyelamatkan nyama Prometheus. Chiron memiliki banyak murid, seperti Achilles prajurit Yunani perkasa dalam pertempuran di Troy, Asklepios dukun dan ahli bedah yang dianggap sebagai ayah dari obat-obatan, serta Herakles pahlawan abadi yang membunuh Nemean Lion.

Apakah pemilihan nama Chiron pada hypercar Bugatti sedalam itu? Tidak, itu semua bercanda.

Bugatti sama sekali tidak memilih nama Chiron berdasarkan dari mitologi Yunani, akan tetap dari salah seorang pembalap Bugatti di Gran Prix yang paling sukses dari tahun 1920 dan 1930-an. Dia bernama Louis Chiron.

2 dari 5 halaman

Mobil dengan kakuatan paling maut

kakuatan paling mautBugatti Chiron. © Autoguide.com

Sehari sebelum berlangsungnya ajang Geneva Motor Show 2016, Bugatti merampungkan versi produkssi massal.

Mobil ini memiliki ledakan daya sebesar 1.478hp. Chiron menjadi yang paling kuat. Namun sehari kemudian muncullah Koenigsegg dengan Regera yang memiliki power lebih besar, yaitu 1500hp. Itu tidak penting. Pasalnya Bugatti Chiron memiliki kekuatan 25 persen lebih baik dari Veyron dan torsinya 1.280lb-ft di putaran mesin 2000-6000rpm. Chiron mampu menempuh 0-100km/jam dalam waktu 2,5detik. Top speed-nya 420km/jam. Mantap!

3 dari 5 halaman

Lebih dari 420km/jam

420kmjamBugatti Chiron. © Autoguide.com

Secara eletronik, Bugatti memang mampu menempuh kecepatan tertinggi di angka 420km/jam. Namun sebenarnya itu adalah angka batasan saja, bahkan kecepatannya bisa lebih dari itu!

Jika dilepaskan dalam sebuah track, kecepatan Chiron mampu menyentuh angka 450km/jam. Lalu kenapa harus dibatasi? Jawabnya adalah ban. Ban Chiron ini khusus dikembangkan Michellins dengan 3800gs. Jika dilepas dengan kecepatan tinggi, maka ban bisa habis dan berakhir dengan kabut hitam yang pekat karena tidak kuat melawan perputaran mesin dengan gesekan pada aspal.

Tidak hanya 450km/jam, Chiron bahkan mampu menyentuh angka 500km/jam jika dibiarkan ugal-ugalan mengikuti mesin dan spesifikasi lainnya. Menarik.

4 dari 5 halaman

Mesin yang mengerikan

mengerikanBugatti Chiron. © Autoguide.com

Jika Anda belum tahu, Bugatti Chiron telah dibekali dengan mesin berkapasitas 8.0liter dan memiliki 16 silinder yang diberi makan oleh 32 injeksi bahan bakar dan empat turbo. Mungkin itu akan mengakibatkan panas yang sangat berlebihan.

Jangan khawatir, pasalnya mobil ini telah didukung pula dengan 10 radiator.

5 dari 5 halaman

Mobil langka

Bugatti Chiron. ©2016 REUTERS/Denis Balibouse

Bisa dibilang ini merupakan mobil langka. Karena Bugatti hanya akan memproduksi sebanyak 500 unit saja. Rencananya, siklus hidup Chiron hanya bertahan 5 tahun. Artinya dalam setahun, Bugatti akan memproduksi 100 unit mobil Chiron, dan sampai di tahun ke-5, total produksinya berjumlah 500 unit.

Harganya pun sangat mahal. Bugatti Chiron dibanderol USD 2,6 juta atau setara dengan Rp 34,7 Miliar! Jika masuk ke Indonesia akan bertambah sekitar 2-3 kali lipat.

[ega]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini