Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Proses Pembuatan Tapai Singkong yang Sederhana, Ketahui Manfaatnya

<b>Proses Pembuatan Tapai Singkong yang Sederhana, Ketahui Manfaatnya</b>

Proses Pembuatan Tapai Singkong yang Sederhana, Ketahui Manfaatnya

Jika Anda punya singkong di rumah, coba lihat bagaimana proses pembuatan tapai singkong ini dan terapkan di rumah.

Singkong atau ubi kayu memiliki potensi yang besar di Indonesia. Singkong termasuk umbi akar yang mengandung cadangan energi dalam bentuk karbohidrat (amilum). Tanaman singkong dapat dikonsumsi umbinya dan daunnya.

Singkong umumnya dapat diolah atau diawetkan menjadi berbagai macam produk untuk sasaran pemasaran dalam negeri maupun luar negeri. Ubi pohon ini biasanya diolah menjadi gaplek, tepung tapioka, keripik, opak, perkedel, lemet, bacem, puding, kolak, dan tape.

Tape atau tapai dibuat dengan cara proses fermentasi yaitu reaksi oksidasi senyawa organik dalam beras, ketan, dan ketela dengan ragi tape (Saccharomyces cerevisiae). Kandungan utama senyawa organik tersebut adalah karbohidrat (pati atau polisakarida).

Tape ini makanan yang sangat populer dan masih banyak dikonsumsi hingga sekarang. Tape bisa dimakan secara langsung, namun juga bisa menjadi tambahan dalam es campur maupun es buah.

Tape memiliki rasa yang asam dan manis hasil dari proses fermentasi, namun mengonsumsi tape berlebihan akan menyebabkan perut kembung dan mudah bergas. 

Apa Itu Tapai?

Tapai adalah sejenis penganan dan makanan tradisional yang dibuat dari proses fermentasi bahan pangan berkarbohidrat oleh ragi. Di Indonesia dan negara-negara tetangganya, bahan pangan yang biasa digunakan untuk membuat tapai adalah beras ketan dan singkong. Makanan ini mempunyai rasa manis atau masam, dan mengandung sedikit alkohol.

Ada berbagai jenis tapai yang dikenal di berbagai daerah, seperti tapai singkong, tapai ketan, tapai pulut, peuyeum, kenyas, dan lain-lain. Tapai biasanya dimakan sebagai kudapan, pencuci mulut, atau bahan campuran untuk makanan lain, seperti es campur, kolak, atau bubur.

Berikut ini, kami akan menyajikan bagaimana proses pembuatan tapai singkong yang bisa Anda coba di rumah.

Proses Pembuatan Tapai Singkong

Berikut proses pembuatan tape singkong yang lezat dilansir dari fimela:

Bahan:

  • 2 kg singkong
  • 2 keping ragi tape

Cara Membuat:

  1. Kupas singkong dan cuci bersih, potong-potong sesuai selera.
  2. Kukus singkong hingga matang. Biarkan hingga benar-benar dingin.
  3. Tumbuk ragi tape hingga halus. Pindahkan dan tata singkong di wadah plastik yang memiliki penutup.
  4. Taburi dengan ragi hingga merata dan tutup wadah. Simpan di dalam lemari makan yang gelap dan suhu ruangan.
  5. Diamkan selama 2-3 hari. Tape sudah siap dinikmati.

Tips Penting:

Pastikan tidak menyentuh singkong yang sudah matang dengan tangan agar tidak tekontaminasi bakteri karena dapat merusak singkong sehingga tak bisa jadi tape.

Jika ingin memastikan singkong sudah matang atau belum saat sudah dikukus, gunakan tusuk sate atau garpu. Gunakan pencapit makanan untuk menata singkong di dalam wadah agar tak perlu menyentuh singkong. Bisa menggunakan alas daun pisang jika suka sebelum ditaruh di wadah. Setelah daun pisang dibersihkan dan dipanaskan agar layu. Setelah tape mencapai kematangan yang diinginkan, simpan di kulkas.

<b>Manfaat Tape Singkong Bagi Kesehatan</b>

Manfaat Tape Singkong Bagi Kesehatan

Baik untuk Pencernaan

Manfaat tape singkong untuk kesehatan yang dilansir dari Liputan6, adalah baik untuk pencernaan. Proses fermentasi selama pembuatan tape singkong memiliki potensi dalam membawa manfaat untuk tubuh.

Seperti yang telah diketahui, makanan fermentasi dapat membantu merangsang pertumbuhan berbagai bakteri baik atau probiotik di dalam usus. Meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus akan memengaruhi kesehatan usus secara menyeluruh.

Selain melancarkan pencernaan, bakteri baik juga membantu dalam proses penyerapan nutrisi dan meredakan gangguan pencernaan seperti diare, perut kembung, dan sembelit. Jadi manfaat tape singkong memang sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Probiotik atau bakteri baik merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga lancarnya sistem pencernaan. Bakteri baik yang ada pada tape singkong berasal dari mikroorganisme yang ada dalam ragi tape.

Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat tape singkong selanjutnya adalah dapat mengontrol tekanan darah. Tape singkong mengandung kalsium yang merupakan mineral yang baik untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Kalsium memiliki peran dalam pelebaran pembuluh darah dan mencegah penyempitan pembuluh darah.

Manfaat tape singkong yang satu ini juga menjadikan tape singkong sebagai makanan yang dapat menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung. Kamu bisa mengatasi penyakit tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi tape singkong ini.

Meningkatkan Sistem Syaraf dan Otot

Saat proses fermentasi tape maka berbagai proses kimiawi akan terjadi dengan cepat. Tanpa kita sadari ternyata proses fermentasi juga meningkatkan produksi tiamin yang berfungsi untuk meningkatkan sistem saraf dan otot. Kondisi ini akan cepat kita rasakan karena setelah makan tape maka tubuh akan terasa lebih bertenaga.

Mengatasi Penyakit Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi adalah jenis penyakit yang sangat menakutkan bagi semua orang. Darah tinggi bisa meningkatkan berbagai jenis penyakit lain yang lebih berbahaya. Bagi orang yang memiliki penyakit darah tinggi bisa mengonsumsi tape secara teratur. Tape menjadi sumber kalium yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah, menjaga detak jantung dan memelihara kesehatan pembuluh darah.

Mencegah Anemia

Selain itu, manfaat tape singkong juga bisa digunakan untuk mencegah anemia. Rendahnya produksi sel darah merah yang disebabkan oleh berbagai faktor dapat menyebabkan anemia.

Mikroorganisme yang ada dalam ragi tape singkong dipercaya dapat membantu produksi vitamin B12 bagi tubuh. Kandungan vitamin B12 dan kalsium dalam tape singkong dipercaya memiliki peran dalam proses produksi sel darah merah sehingga anemia pun dapat dicegah.

Menguatkan Tulang

Manfaat tape singkong untuk kesehatan juga dapat menguatkan tulang. Untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis, kamu dapat mencoba konsumsi tape singkong.

Di dalam tape singkong ditemukan mineral penting untuk tulang, seperti kalsium dan fosfor. Karena itulah tape singkong dipercaya dapat membantu menjaga kekuatan serta kesehatan tulang.

Lembut dan Manis, Tapai Singkong Menyimpan Banyak Manfaat

Lembut dan Manis, Tapai Singkong Menyimpan Banyak Manfaat

Proses pembuatan tapai melibatkan umbi singkong sebagai substrat dan ragi tapai (Saccharomyces cerevisiae).

Baca Selengkapnya
Segudang Manfaat Tapai Singkong untuk Kesehatan, Perlu Dikonsumsi Secara Rutin

Segudang Manfaat Tapai Singkong untuk Kesehatan, Perlu Dikonsumsi Secara Rutin

Tapai singkong memiliki banyak manffat bagi kesehatan tubuh kita.

Baca Selengkapnya
Bahan-Bahan Membuat Tape Singkong, Lengkap dengan Caranya yang Mudah

Bahan-Bahan Membuat Tape Singkong, Lengkap dengan Caranya yang Mudah

Bahan-bahan membuat tape ini mudah dijumpai. Berikut cara membuatnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bahan Tape Ketan dan Cara Membuatnya, Praktis Sesuai Selera

Bahan Tape Ketan dan Cara Membuatnya, Praktis Sesuai Selera

Tape ketan adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan atau beras ketan yang difermentasi menggunakan ragi atau bakteri tertentu.

Baca Selengkapnya
Mencicipi Perpaduan Rasa Serabi Kalibeluk, Kuliner Legendaris Khas Batang yang Diramu Secara Tradisional

Mencicipi Perpaduan Rasa Serabi Kalibeluk, Kuliner Legendaris Khas Batang yang Diramu Secara Tradisional

Olahan yang berbahan dasar beras dan santan ini menjadi legendaris dan khas karena proses pembuatannya yang masih menggunakan peralatan sederhana

Baca Selengkapnya
Cuma dengan Satu Bahan Dapur, Begini Cara agar Minyak Jelantah Jadi Jernih Lagi

Cuma dengan Satu Bahan Dapur, Begini Cara agar Minyak Jelantah Jadi Jernih Lagi

Cukup memanfaatkan satu bahan masak, minyak goreng yang sudah digunakan dan berwarna gelap bisa dijernihkan kembali. Yuk, kita telusuri prosesnya.

Baca Selengkapnya
Proses Pencernaan pada Lambung, Ketahui Tips Kesehatannya

Proses Pencernaan pada Lambung, Ketahui Tips Kesehatannya

Lambung menjalankan fungsinya dalam beberapa proses tahapan.

Baca Selengkapnya
Mengungkap Perbedaan Esensial Antara Rendang dan Kalio, Bagian Terenak dari Nasi Padang

Mengungkap Perbedaan Esensial Antara Rendang dan Kalio, Bagian Terenak dari Nasi Padang

Faktor yang memengaruhi hasil akhir rendang adalah tingkat kekentalan santan dari kelapa tua yang akan menghasilkan dedak rendang yang kering & lembut.

Baca Selengkapnya