Pentingnya Makanan Empat Sehat Lima Sempurna, Beri Asupan Gizi yang Diperlukan

Selasa, 28 Juni 2022 12:50 Reporter : Edelweis Lararenjana
Pentingnya Makanan Empat Sehat Lima Sempurna, Beri Asupan Gizi yang Diperlukan Ilustrasi makanan. ©2016 Merdeka.com/Picjumbo

Merdeka.com - Program makanan empat sehat lima sempurna adalah program pemerintah yang dipopulerkan oleh Bapak Gizi Indonesia, Prof. Poerwo Soedarmo sekitar tahun 1952. Namun demikian, program ini sudah tidak lagi digunakan.

Ya, program makanan empat sehat lima sempurna sudah berkembang serta disempurnakan menjadi program Pedoman Gizi Seimbang (PGS). Meski demikian, masih menarik untuk mempelajari tujuan serta pentingnya program makanan empat sehat lima sempurna guna pemenuhan gizi masyarakat.

Program makanan empat sehat lima sempurna ini dulunya digalakkan dengan tujuan untuk memenuhi gizi masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak. Dan mulai tahun 1960an, program ini berhasil meningkatkan kesadaran akan pentingnya pemenuhan gizi di kalangan warga Indonesia.

Berikut segala hal yang menarik untuk Anda ketahui tentang program makanan empat sehat lima sempurna, dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 3 halaman

Sejarah Program Makanan Empat Sehat Lima Sempurna

Jika Anda berasal dari generasi 60 hingga 80an, Anda pasti familiar dengan slogan Empat Sehat Lima Sempurna. Empat sehat lima sempurna sendiri adalah program pemerintah yang dicetuskan oleh Prof. Poerwo Soedarmo, yang dijuluki Bapak Gizi Indonesia. 

Program ini diperkenalkan pada tahun 1950-an dan bersumber dari “Basic Four” oleh USDA. Prof. Poerwo Soedarmo memopulerkan program gizi ini lewat lembaga yang dipimpinnya, Lembaga Makanan Rakyat (LMR) atau Institut Voor Volksvoeding (IVV).

Program makanan empat sehat lima sempurna ini dahulu sangat terkenal di kalangan masyarakat, terutama anak-anak dan termasuk ke dalam kurikulum yang dijalankan oleh sekolah-sekolah. Pola makan empat sehat lima sempurna dikategorikan seimbang karena mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, karbohidrat, vitamin, hingga lemak.

Meski demikian, mengutip laman akg.fkm.ui.ac.id, pada tahun 1992 diselenggarakan Konferensi Pangan Sedunia di Roma, dalam rangka menghadapi beban ganda masalah gizi di negara berkembang.

Pada konferensi tersebut, ditetapkan agar semua negara berkembang yang semula menggunakan pedoman sejenis “Basic Four” mengubahnya menjadi “Nutrition Guide for Balance Diet”. Oleh karena itu, sejak tahun 1995 diimplementasikan Nutrition Guide for Balance Diet atau 13 Pedoman Umum Gizi Seimbang di Indonesia.

Akan tetapi, sosialisasi mengenai Program PUGS ternyata kurang digalakkan. Hal tersebut membuat masyarakat memiliki pemahaman yang salah, dan masih menggunakan slogan 4 Sehat 5 Sempurna yang sebenarnya sudah tidak ada.

Selain itu juga, masih banyak ditemukan berbagai masalah seperti konsumsi pangan yang belum seimbang di masyarakat serta perilaku hidup bersih dan sehat yang belum memadai. Untuk mengatasi masalah ini, pada 27 Januari 2014 Direktorat Bina Gizi Kemenkes RI melaksanakan workshop dan menghasilkan program Pedoman Gizi Seimbang yang digunakan sekarang ini.

3 dari 3 halaman

Kandungan Gizi pada Makanan Empat Sehat Lima Sempurna

Secara umum, kelompok makanan empat sehat lima sempurna adalah yang mengandung jenis-jenis di bawah ini;

1. Makanan pokok

Tubuh manusia membutuhkan kandungan gizi yang utama. Tubuh juga memerlukan karbohidrat yang berupa sumber energi. Bahkan setiap hari tubuh mengonsumsi makanan pokok ini. Contoh makanan pokok ini berupa nasi, gandum, jagung dan lain-lain.

2. Lauk pauk

Setelah tubuh mengonsumsi makanan pokok, tubuh juga perlu mengonsumsi lauk pauk sebagai pelengkap makan makanan pokok. lauk pauk ini terdapat kandungan gizi yang berupa protein yang berfungsi untuk membangun zat tubuh dan mengganti jaringan yang rusak. Contoh makanan lauk pauk yakni ikan, telur, tahu, dan lain-lain.

3. Sayur-sayuran

Tidak hanya itu, mengonsumsi sayur-sayuran ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apalagi, sayuran yang masih segar dan berwarna hijau dan mampu menghindari tubuh dari segala macam penyakit. Kandungan gizi yang terdapat pada sayur-sayuran ini adalah protein dan serat. contoh sayur-sayuran adalah brokoli, bayam, wortel dan lain-lain.

4. Buah-buahan

Mengonsumsi buah-buahan sangatlah baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung vitamin dan kandungan air yang tinggi dan mampu menjaga kesehatan tubuh secara umum. Contoh buah-buahan adalah apel, jeruk, rambutan, anggur dan lain-lain.

5. Susu

Susu merupakan pelengkap dari makanan 4 sehat di atas. Susu banyak memiliki manfaat yakni dapat menyegarkan tubuh, memiliki kandungan gizi kalsium yang dapat menjaga tulang, dan juga kaya akan vitamin D.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini