Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Cocok Menjaga Imunitas Tubuh di Musim Hujan

Rabu, 8 Januari 2020 16:10 Reporter : Kurnia Azizah
Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Cocok Menjaga Imunitas Tubuh di Musim Hujan makanan sehat. ©2012 chermonabeauty.com

Merdeka.com - Makanan 4 sehat 5 sempurna sudah menjadi istilah yang tidak asing lagi sejak lama. Mungkin sebagian besar tahu dari poster di puskesmas dan iklan masyarakat zaman dulu, bahwa ‘4 sehat’ berarti ada nasi, lauk pauk, sayur, dan buah. Kemudian ‘5 sempurna’ berupa susu sebagai pelengkap.

Sebenarnya konsumsi nutrisi yang baik bagi tubuh, berupa karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin dilambangkan secara sederhana dengan istilah 4 sehat 5 sempurna.

Apalagi masa pancaroba begini, imunitas biasanya lebih menurun. Tubuh masih kaget adanya perubahan dari musim kemarau tiba-tiba menjadi musim penghujan dengan hujan deras, frekuensi badai tinggi, dan angin kencang.

Selain melakukan olah raga dan menjaga lingkungan tetap bersih, pastinya perlu hal penting lain yang mendampinginya, berupa makanan bergizi tinggi. Melalui “makanan 4 sehat 5 sempurna” kami kupas lebih dalam menu apa saja yang cocok untuk menjaga imunitas tubuh di musim hujan, dan dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 7 halaman

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

sehat 5 sempurna rev1

1. Karbohidrat

Karbohidrat tertinggi bisa Anda dapatkan dari makanan pokok, seperti nasi putih, umbi-umbian, dan nasi merah. Karbohidrat memiliki peranan penting sebagai sumber energi. Disarankan untuk menambah nasi merah dalam menu makan Anda sehari-hari selain nasi putih.

Nasi merah memiliki kandungan serat dan vitamin yang lebih banyak, sehingga sangat baik untuk penderita kolesterol. Karena indeks glikemik rendah, sangat cocok bagi penderita diabetes. Bila Anda merasa aneh karena pertama kali, coba campurkan beras merah dengan beras putih dengan perbandingan 1:1 ketika dimasak.

Kentang, gandum, ubi, jagung, dan singkong juga termasuk sumber karbohidrat yang mengandung gula alami. Menu-menu makanan ini juga bisa Anda tambahkan selain makan nasi terus menerus.

3 dari 7 halaman

2. Sayur

Berbagai macam sayur pastinya memiliki nutrisi alami yang baik bagi tubuh. Namun beberapa diantara sayur mayur tersebut, kami rangkum dengan pilihan sayur yang sangat baik dalam menjaga sistem kekebalan tubuh atau imunitas.

Brokoli, sayuran hijau mirip bunga ini memiliki banyak kandungan vitamin C dan serat makanan dalam jumlah besar. Sebaiknya Anda masak sebentar saja, tidak lebih dari 5 menit demi menjaga kualitas brokoli. Berikut manfaat sayur brokoli,

Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Brokoli mampu menjaga kesehatan pencernaan, jangan sampai diare melanda di musim hujan, dimana penuh genangan air kotor.
012 tantri setyorini2018 Merdeka.com/Pixabay

  1. Kandungan vitamin C dan E, sangat bermanfaat untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit.
  2. Mampu menjaga kesehatan sistem saraf pusat (otak).
  3. Meningkatkan intelektualitas atau kecerdasan.
  4. Mampu mengendalikan kadar gula dalam darah secara lebih baik.
  5. Mampu mengobati penyakit saluran pernapasan seperti asma, apalagi di musim banjir biasanya pasien ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) meningkat.
4 dari 7 halaman

3. Bawang Putih

putih rev1

Selain sebagai bumbu dasar penting segala makanan, bawang putih mampu menyerang bakteri penyebab infeksi, hingga memperlambat pengerasan arteri. Senyawa allicin dalam bawang mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Cara konsumsinya sangat mudah,

  1. Pertama, Anda dapat mencampurkan lebih banyak bawang dalam menu masakan sehari-hari.
  2. Kedua, cara selanjutnya bisa juga dengan makan 1 siung bawang putih mentah sebelum tidur seperti minum obat pada umumnya. Bila tidak suka dengan aromanya yang pengar, ambil bawang yang paling kecil supaya mudah ditelan.
  3. Ketiga, Anda bisa membuat minuman dengan merebus segelas air dengan 3 siung bawang putih yang sudah digeprek. Saring dalam gelas kemudian campurkan dengan madu, supaya lebih manis dan mengurangi rasa pengarnya.
5 dari 7 halaman

4. Kacang Almond

almond rev1

Kacang almond dipercaya memiliki banyak kandungan vitamin C dan E yang berperan meningkatkan kekebalan tubuh. Tentu saja cemilan kacang ini baik dikonsumsi terutama pada musim hujan begini, demi menjaga imunitas tubuh.

Anda juga dapat membeli sari kacang almond dalam bentuk minuman. Resep dari kacang almond telah ada sejak abad ke-14 dan dijadikan pengganti susu pada saat berpuasa.

6 dari 7 halaman

5. Buah

rev1

Buah-buahan termasuk dalam kategori makanan 4 sehat 5 sempurna, dan kami pilah beberapa buah yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi untuk meningkatkan imunitas di musim hujan begini, selain jeruk dan lemon.

Kiwi
Kandungan vitamin C buah kiwi sebanyak 84 gram per satu buah, melebihi dari jeruk. Antioksidannya baik dalam membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas.

Pepaya
Buah pepaya yang dikenal memiliki serat tinggi, juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B kompleks, kalsium, dan vitamin C.

Stroberi
Buah stroberi juga memiliki antioksidan yang tinggi, vitamin , asam ellagic, dan antosianin. Begitu banyak manfaat stroberi bagi tubuh.

Nanas
Meskipun buah nanas memiliki kandungan vitamin B kompleks dan vitamin A yang sedikit, namun nanas memiliki khasiat sebagai antiperadangan. Enzim pencernaannya membantu memecah protein dalam makanan.

7 dari 7 halaman

6. Susu

makanan 4 sehat 5 sempurna yang cocok menjaga imunitas tubuh di musim hujan

Susu sebagai pelengkap dari makanan 4 sehat 5 sempurna, Anda dapat mengonsumsinya dua kali sehari. Bisa dengan susu kambing dan sapi, mau yang masih segar ataupun dalam kemasan. Bagi Anda yang alergi pada susu hewani, dapat menggantinya dengan susu kedelai.

[kur]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini