Mengenal Pencemaran Lingkungan Hidup, Berikut Penyebab dan Jenisnya

Kamis, 26 Mei 2022 15:01 Reporter : Novi Fuji Astuti
Mengenal Pencemaran Lingkungan Hidup, Berikut Penyebab dan Jenisnya Ilustrasi banjir. ©Unplash/jonfordphotos

Merdeka.com - Beberapa tahun belakangan ini, kabar mengenai pencemaran lingkungan bukan hal baru lagi. Bahkan begitu kita keluar rumah yang kita saksikan terjadi di mana-mana adalah pencemaran lingkungan.

Bahkan sadar atau tidak kita juga sering mencemari lingkungan kita sendiri. Udara, air dan tanah tercemar, sementara kita hidup di dalamnya. Kita hidup di suatu wadah yang kita sebut "lingkungan" dan itu sudah tercemar.

Pencemaran bukan hanya terjadi hari ini, tapi sudah berlangsung sejak lama. Maka dari itu kesadaran untuk menjaga lingkungan agar terhindar dari pencemaran merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap orang yang tinggal di bumi.

Sayangnya, jangankan berbuat sesuatu untuk lingkungan, pengertian mengenai pencemaran lingkungan hidup pun masih belum benar-benar kita pahami. Maka dari itu, berikut ini informasi mengenai pencemaran lingkungan hidup, berikut penyebab dan jenis-jenisnya telah dirangkum merdeka.com melalui repository.unp.ac.id.

2 dari 4 halaman

Pengertian Pencemaran Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

1. Palar H
Pencemaran lingkungan hidup adalah suatu kondisi yang telah berubah dari bentuk asal pada kondisi yang lebih buruk.

2. Wardhana
Pencemaran lingkungan adalah setiap bentuk kegiatan yang dilakukan manusia dalam membuang bahan pencemaran, baik berbentuk padat, gas, cair atau partikel tersuspensi dalam kadar tertentu sehingga dapat lingkungan.

3. Darmono
Pencemaran lingkungan hidup adalah segala bentuk perubahan alam dan iklim yang ada di bumi akibat kegiatan manusia yang tidak dikehendaki oleh alam (lingkungan). Kegiatan ini seperti halnya penebangan hutan secara ilegal atau membakar hutan untuk lahan pertanian.

4. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009
Pencemaran lingkungan adalah masuk atau dimasukannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu lingkungan hidup yang telah ditetapkan (Undang-Undang Republik Indonesia No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Bab I Pasal I Ayat 14).

Yang dimaksud Baku Mulut Lingkungan (BML) dinyatakan pada bab dan pasal yang sama, di ayat 13 adalah ukuran batas atau kadar makhluk, zat, energi atau komponen yang ada atau harus ada dan atau unsur pencemaran yang ditentang keberadaannya dalam suatu sumber daya tertentu sebagai unsur lingkungan hidup.

3 dari 4 halaman

Penyebab Pencemaran Lingkungan Hidup

Kondisi lingkungan yang berpengaruh negatif terhadap makhluk hidup itu disebabkan oleh manusia, maka jawaban atas pertanyaan mengapa pencemaran lingkungan dapat terjadi, tentulah berpulang kepada manusia itu sendiri.

Apa dan bagaimana manusia melaksanakan keinginan dan kebutuhan hidupnya, itulah sebagai penyebab terjadinya pencemaran lingkungan. Apa yang dilakukan, menjadi sumber pencemaran. Bagaimana melakukan, menjadi proses dan bahan yang menyebabkan terjadinya pencemaran.

Contoh yang paling sederhana adalah manusia menambang emas dan tanpa izin. Menambang emas tanpa izin ini adalah jawaban atas yang dilakukan. Berarti sumber pencemaran adalah kegiatan menambang emas tanpa izin itu. Bagaimana melakukan proses menambang emas tanpa izin itu, adalah menjelaskan bagaimana pencemaran itu bisa terjadi dan apa bahan yang mencemari.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Pencemaran Lingkungan Hidup

1. Pencemaran Suara
Jenis-jenis pencemaran lingkungan hidup yang pertama adalah pencemaran suara yang mengganggu aktivitas manusia dan merusak pendengaran yang meliputi suara kendaraan bermotor yang menimbulkan kebisingan dan gangguan pendengaran. Selain itu ada juga pencemaran udara yang disebabkan industri pabrik.

2. Pencemaran Udara
Jenis-jenis pencemaran lingkungan hidup berikutnya adalah pencemaran udara yang merupakan pencemaran yang diakibatkan oleh kegiatan manusia, baik disengaja atau tidak yang memengaruhi kualitas udara. Adapun jenis-jenis pencemaran lingkungan pada udara adalah asap kendaraan, sektor industri yang menyebabkan polusi, kebakaran hutan, produksi energi listrik hingga pertanian yang menggunakan zat kimia.

3. Pencemaran Air
Selanjutnya, pencemaran air adalah jensi-jenis pencemaran lingkungan di mana masuknya makhluk hidup, zat, energi atau komponen lain ke dalam air, sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu.

Ada banyak jenis-jenis pencemaran lingkungan pada air yakni membuang sampah ke sungai yang dapat mencemari air dan mengganggu makhluk hidup air yang lain.
Selain itu membuang sampah sembarangan juga dapat memicu banjir. Penggunaan pupuk yang berlebihan, pembuangan limbah sembarangan baik limbah rumah tangga maupun limbah pabrik, dan penggunaan racun dan bahan peledak juga dapat mencemari lingkungan khususnya pada air.

4. Pencemaran Tanah
Pencemaran tanah merupakan keadaan di mana adanya berbagai bahan substansi kimia yang masuk ke dalam lapisan tanah sehingga mengubah struktur dan lingkungan di dalam tanah. Adapun jenis-jenis pencemaran tanah adalah pencemaran tanah organik seperti pestisida yang sulit terurai, pencemaran anorganik yang disebabkan oleh garam-garaman, nitral, posfat dan logam berat.

Selain itu, ada juga pencemaran mikrobiologis yang disebabkan oleh air buangan domestik, tangki septik, pipa riol (sewer) atau efluent pengolahan limbah yang tidak sempurna. Sementara itu jenis pencemaran tanah lainnya adalah pencemaran radioaktif yang dapat menimbulkan kanker dan tumor. Biasanya pencemaran lingkungan ini berasal dari bom atau reaktor nuklir.

5. Pencemaran Cahaya
Tak hanya pencemaran tanah, ada pula pencemaran cahaya . Pencemaran lingkungan jenis ini barang kali paling banyak dianggap remeh. Padahal pencemaran cahaya ini dapat membuat siklus alami tumbuhan dan hewan menjadi terganggu. Hal ini nantinya juga bakal berdampak buruk terhadap manusia, karena penurunan kualitas tumbuhan dan hewan dapat juga memengaruhi kualitas udara hingga ketersediaan makanan bagi manusia.

Penyebab pencemaran lingkungan yang satu ini adalah cahaya atau sinar. Cahaya yang merupakan polutan adalah cahaya buatan manusia, yang berasal dari lampu-lampu. Intensitas tinggi dari cahaya buatan tersebut akan membuat langit malam menjadi terang sehingga mengganggu ekosistem. Hal ini biasanya terjadi di kota-kota besar.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini