Mengenal Mental Block yang Dapat Menghambat Kesuksesan, Ketahui Cara Mengatasinya

Sabtu, 29 Mei 2021 19:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
Mengenal Mental Block yang Dapat Menghambat Kesuksesan, Ketahui Cara Mengatasinya Ilustrasi stres. ©Ilustrasi stres

Merdeka.com - Mental block dapat digambarkan sebagai hambatan psikologis yang mencegah seseorang melakukan keterampilan tertentu.Merasa terjebak dalam kondisi mental block dapat membuat seseorang menjadi sangat frustrasi. Mental block juga dapat memengaruhi kehidupan profesional dan bahkan hubungan pribadi.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan Anda merasakan mental block, mulai dari terlalu banyak menganalisis segala sesuatu hingga membebani diri dengan terlalu banyak tanggung jawab. Saat terhambat oleh pola pikir Anda sendiri, memahami cara mengatasi mental block adalah jalan tepat untuk membuat kemajuan.

Jadi, apa itu hambatan mental, dan bagaimana cara mengatasinya? Dengan belajar mengendalikan pikiran dan emosi, Anda memberdayakan diri sendiri untuk menciptakan momentum untuk maju dalam hidup. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai mental block yang menarik untuk diketahui.

2 dari 4 halaman

Mengenal Apa Itu Mental Block

Mental block adalah sebuah kondisi di mana otak seolah terhalang untuk mengakses kreativitas, motivasi, atau produktivitas, dilansir dari sageclinic.org. Seperti mesin pada umumnya yang dapat mengalami korsleting atau terkadang semuanya berjalan agak lambat, seperti itu jugalah gambaran dari kondisi mental block.

Faktor pendukung yang menjelaskan mengapa mental block dapat terjadi sangat bergantung pada perbedaan individu, seperti gaya fokus, persepsi dan tingkat kepercayaan diri dan ketangguhan mental.

Mental block adalah kondisi stres tak terkendali atau represi pikiran atau ingatan yang menyakitkan atau tidak diinginkan. Mental block bisa menjadi ketidakmampuan untuk melanjutkan atau menyelesaikan alur pemikiran.

Mental block juga sering digunakan untuk menggambarkan ketidakmampuan sementara untuk mengingat nama atau informasi lainnya. Penghentian bicara atau proses berpikir secara tiba-tiba tanpa penyebab langsung yang dapat diamati terkadang dapat dianggap sebagai konsekuensi dari represi.

Mental block dapat menjadi mekanisme penanganan penyakit mental seperti histeria, neurosis, dan kurangnya patologi.

3 dari 4 halaman

Penyebab Mental Block

Ketidakmampuan untuk berpikir atau mengolah informasi dengan jelas pada saat mengalami mental block dapat disebabkan oleh banyak hal. Penyebabnya bisa sesederhana kurangnya tidur yang nyenyak, tidak makan makanan padat nutrisi yang cukup, kekurangan B12, atau bisa juga efek samping dari berbagai obat atau penyalahgunaan zat.

Saat Anda sedang dikerja oleh deadline pekerjaan penting, hal ini juga dapat menyebabkan stres berlebihan yang dapat berkontribusi pada kemunculan mental block. Anda bisa terkena mental block karena tinggal atau bekerja di lingkungan yang memicu kecemasan.

kesehatan mental who©2020 Merdeka.com/Pixabay.com

Berikut ini adalah daftar penyebab mental block yang paling utama, dilansir dari wrike.com:

  • Kelelahan mental: Harus membuat terlalu banyak keputusan dalam waktu singkat adalah hal yang melelahkan dan menyebabkan mental block.
  • Kurang tidur: Kurang tidur membuat Anda rentan terhadap mental block.
  • Gizi buruk: Gizi buruk juga dapat menyebabkan mental block. Misalnya, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan depresi dan kehilangan ingatan yang menyebabkan mental block.
  • Pengobatan: Mental block dapat terjadi sebagai efek samping obat resep.
  • Penundaan: Penundaan dapat menyebabkan kecemasan, yang pada gilirannya menyebabkan mental block.
  • Lingkungan kerja yang berantakan: Lingkungan kerja yang berantakan atau kacau dapat membuat Anda sulit masuk ke dalam kerangka pikiran yang produktif.
  • Sindrom penipu (imposter syndrome): Sindrom penipu, atau perasaan bahwa Anda tidak mampu atau tidak kompeten di tempat kerja, adalah penyebab umum mental block.
  • Perfeksionisme: Perfeksionisme dapat menyebabkan penundaan, keraguan diri, dan mental block.
  • Pesimisme: Pandangan negatif menyebabkan mental block. Jika Anda yakin tidak memiliki peluang untuk sukses, Anda mungkin menjadi tidak termotivasi.
4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Mental Block

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi mental block:

1. Kontrol Diri Sepenuhnya

Memahami bagaimana mengatasi mental block sama seperti mengatasi tempat-tempat dalam kehidupan di mana pikiran, tubuh, dan emosi terhenti. Untuk mendapatkan kembali momentum, selaraskan kontrol pikiran dan tubuh Anda untuk mencapai kondisi puncak.

Sering kali, hanya sedikit aktivitas yang diperlukan untuk menembus mental block. Keadaan diri Anda pada akhirnya adalah kerangka kerja yang Anda operasikan dalam hidup, jadi gunakan hal ini untuk keuntungan Anda untuk membuka blokir pemikiran yang sedang melanda.

2. Fokus pada Kondisi Saat Ini

Memahami cara mengatasi mental block adalah tentang pikiran di atas materi. Jika Anda mengalami mental block, kemungkinan besar ada sesuatu yang mengganggu Anda di masa lalu.

Di lain waktu, mungkin kekhawatiran tentang masa depan adalah yang menyebabkan Anda menjadi sibuk dan terhalang dalam pemikiran Anda sendiri. Untuk mengatasi kondisi ini, luangkan waktu beberapa menit untuk duduk dan memikirkan momen saat ini.

Fokus pada pernapasan sampai pikiran Anda menjadi tenang. Dari keadaan damai ini, Anda dapat berpikir lebih jernih dan menemukan strategi pemecahan masalah yang lebih proaktif.

3. Kenali Tanda untuk Menerobos

Saat Anda berusaha menguasai cara mengatasi mental block, ada baiknya Anda mengenali tanda-tanda untuk menerobos kondisi tersebut. Meski terdengar tidak mungkin, semakin Anda merasa frustrasi, semakin dekat jalan Anda untuk menerobos kondisi mental block ini.

Anda mungkin merasakan sensasi ketidakpuasan yang samar-samar dengan kehidupan. Anda mungkin juga sudah mencapai titik merasa muak. Sadarilah bahwa perasaan ini normal saat orang tumbuh dan berkembang untuk mengatasi rintangan dalam hidup.

Perasaan ini menandakan bahwa Anda telah dekat dengan jalan untuk menerobos pikiran-pikiran dan emosi mental block ini.

4. Program Ulang Pikiran Anda

Untuk mengambil langkah pertama dalam memahami bagaimana mengatasi mental block, yang harus dilakukan adalah memutuskan untuk mencoba memprogram ulang pikiran Anda.

Dengan keputusan itu, Anda akan memiliki fokus yang dibutuhkan untuk mengembangkan kesadaran. Tuliskan dengan tepat apa yang Anda pikirkan dan rasakan.

Saat keyakinan yang membatasi diri muncul, segera gantikan dengan keyakinan yang memberdayakan. Visualisasikan ke mana Anda ingin pergi, dan kelilingi diri Anda dengan orang-orang dan lingkungan yang kondusif.

5. Tenangkan Kondisi Sekitar

Ketika lingkungan Anda berantakan atau tidak menarik, mempelajari cara mengatasi mental block akan menjadi semakin sulit. Lingkungan sekitar lebih dari sekadar lingkungan fisik. Lingkungan juga mencakup suara, orang, dan aktivitas yang mengelilingi Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Jika Anda banyak bekerja dengan terlalu banyak tanggung jawab, Anda akan kesulitan mengumpulkan energi ekstra yang diperlukan untuk mengatasi mental block. Hal yang sama berlaku jika Anda tidak cukup tidur atau jika Anda bertahan pada standar yang mustahil.

Untuk mengatasi kelelahan mental, tetaplah hidup secara teratur dan tetapkan ekspektasi realistis terhadap diri sendiri dan orang lain. Jika Anda memiliki terlalu banyak pekerjaan, delegasikan dan sesuaikan operasi tempat kerja Anda untuk efisiensi yang optimal.

Dengan mengendalikan lingkungan sekitar, Anda akan dapat membuat kemajuan besar dalam cara menghilangkan mental block.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini