Manfaat Batu Bara bagi Manusia dalam Kehidupan Sehari-hari, Menarik Diketahui

Selasa, 9 Agustus 2022 14:04 Reporter : Edelweis Lararenjana
Manfaat Batu Bara bagi Manusia dalam Kehidupan Sehari-hari, Menarik Diketahui batu bara . shutterstock

Merdeka.com - Batu bara adalah salah satu batuan sedimen yang paling umum ditemukan di Bumi. Batu bara umumnya digunakan untuk memasak, sebagai bahan bakar, hingga bahan membangun jalan. Seiring waktu, permintaan batu bara untuk berbagai kebutuhan manusia semakin meningkat seiring ditemukannya berbagai keserbagunaan batu bara dalam kehidupan sehari-hari.

Batubara merupakan bahan kaya karbon yang umumnya berwarna hitam atau coklat. Batu ini tersedia secara berlimpah di seluruh dunia. Biasanya, batubara terjadi di endapan sedimen bertingkat.Batubara juga terdiri dari beberapa jenis. Variasi ini mungkin disebabkan oleh perbedaan jenis bahan tanaman, derajat coalification, dan bahkan jangkauan pengotornya.

Batubara tidak diragukan lagi merupakan bahan bakar fosil yang berguna dan serbaguna. Selain penggunaan esensial, produk sampingannya juga memproduksi produk dan barang dalam negeri.Dengan seringnya Anda mendengar perihal batu bara, pernahkah Anda juga bertanya-tanya apa saja manfaat batu bara bagi manusia secara terperinci?

Dalam artikel ini akan dijelaskan apa saja manfaat batu bara bagi manusia tersebut yang sangat menarik untuk Anda ketahui.

2 dari 3 halaman

1. Pembangkit Listrik

1. Pembangkit Listrik

Manfaat batu bara bagi manusia yang pertama adalah untuk tenaga pembangkit listrik. Ini adalah penggunaan utama batu bara, mengutip eartheclipse.com. Penelitian menunjukkan bahwa batu bara adalah sumber utama bahan bakar untuk menghasilkan listrik di banyak negara dan juga bertanggung jawab atas 37% pembangkit listrik di dunia.

Pembangkitan listrik terjadi ketika batu bara dibakar untuk menghasilkan uap yang digunakan untuk memutar turbin, yaitu mesin yang menghasilkan daya terus menerus dengan kecepatan tinggi.

2. Penggunaan Industri

Manfaat batu bara bagi manusia yang kedua adalah untuk penggunaan di bidang industri. Banyak industri menggunakan batubara dan produk sampingan batubara untuk memproduksi beberapa produk.

Industri semen, farmasi, kertas, tekstil, dan kaca merupakan pengguna utama batubara. Selain menggunakan batu bara untuk menghasilkan produk-produknya, mereka juga menggunakan batu bara untuk menghasilkan dan menyalakan listrik dalam proses industrinya.

3 dari 3 halaman

3. Gasifikasi dan Pencairan

Manfaat batu bara bagi manusia yang ketiga adalah untuk gasifikasi dan pencairan. Batu bara dapat diolah menjadi bentuk gas atau cair dengan cara memanaskan batubara.

Industri manufaktur dapat menggunakan bentuk cair, juga dikenal sebagai bahan bakar sintetis atau bahan kimia seperti metanol, urea, dan lain-lain, yang diperoleh dari bentuk gas untuk pembuatan beberapa produk rumah tangga. Beberapa produk tersebut termasuk sabun, pewarna, nilon, dll.

4. Produksi Baja

Manfaat batu bara bagi manusia yang ke empat adalah untuk memproduksi baja. Batu bara memainkan peran penting dalam hal produksi baja.

Industri baja secara tidak langsung menggunakan batu bara dengan menggunakan coke batu bara, yang berasal dari batu bara tersebut. Coke batu bara melebur bijih besi menjadi besi selama produksi baja. Diketahui bahwa 70% baja yang diproduksi menggunakan batubara.

5. Penggunaan Domestik

Manfaat batu bara bagi manusia yang kelima adalah untuk penggunaan domestik. Tentu saja, penggunaan utama batu bara tidak akan lengkap tanpa membahas penggunaannya dalam ranah domestik atau rumah tangga.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini