Jenis-jenis Penyakit Mental dan Penyebab yang Mendasarinya, Menarik Diketahui

Kamis, 29 Juli 2021 14:01 Reporter : Edelweis Lararenjana
Jenis-jenis Penyakit Mental dan Penyebab yang Mendasarinya, Menarik Diketahui Penyakit Mental. forbes.com

Merdeka.com - Gangguan mental (atau penyakit mental) adalah kondisi yang memengaruhi pemikiran, perasaan, suasana hati, dan perilaku. Kondisi ini dapat muncul sesekali maupun bertahan lama dan menjadi kronis. Jenis-jenis penyakit mental dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk berhubungan dengan orang lain dan berfungsi normal setiap harinya.

Terdapat banyak jenis-jenis penyakit mental. Pada umumnya, masing-masing dicirikan oleh kombinasi pikiran, persepsi, emosi, perilaku, dan hubungan yang tidak normal dengan orang lain. Gangguan mental meliputi depresi, gangguan bipolar, skizofrenia dan psikosis lainnya, demensia, dan gangguan perkembangan termasuk autisme.

Terdapat strategi efektif untuk mencegah gangguan mental seperti depresi. Terdapat juga pengobatan yang efektif untuk gangguan mental dan cara untuk meringankan penderitaan yang disebabkan oleh masing-masing penyakit ini. Akses ke perawatan kesehatan dan layanan sosial yang mampu memberikan pengobatan dan dukungan sosial adalah kuncinya.

Berikut ini adalah beberapa dari jenis-jenis penyakit mental yang umum dijumpai dan menimpa sebagian orang, dilansir dari laman World Health Organization.

Baca Selanjutnya: 1 Depresi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini