5 Ruas Jalan Tol di Indonesia yang Sering Makan Korban, Wajib Waspada

Rabu, 19 Februari 2020 19:30 Reporter : Miftahul Arifin
5 Ruas Jalan Tol di Indonesia yang Sering Makan Korban, Wajib Waspada Kecelakaan di Tol Cipali. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Jalan tol di Indonesia mulai beroperasi pada tahun 1978. Tol pertama yang dioperasikan adalah jalan tol Jagorawi dengan panjang 59 km (termasuk jalan akses).

Tol Jagorawi menghubungkan Jakarta, Bogor, dan Ciawi. Pembangunan jalan tol yang dimulai tahun 1975 ini dilakukan oleh pemerintah dengan dana dari anggaran pemerintah dan pinjaman luar negeri yang diserahkan kepada PT. Jasa Marga (persero) Tbk.

Pemerintah menargetkan pembangunan jalan tol mencapai 4.700 km hingga 5.200 km hingga tahun 2024. Artinya pemerintah perlu membangun ruas tol sepanjang 2.500 km lagi hingga 2024 nanti.

Beberapa ruas jalan tol yang sudah ada ternyata menyimpan banyak cerita. Banyak kejadian 'mengerikan' terjadi di sana. Salah satu yang kerap terjadi adalah kecelakaan, baik kecelakaan tunggal maupun beruntun.

Tidak hanya terjadi sekali dua kali, kecelakaan di beberapa ruas jalan tol bahkan pernah terjadi berulang. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa ruas jalan tol di Indonesia yang sering memakan korban.

1 dari 5 halaman

1. Tol Cipali

kecelakaan di tol pemalang

2019 Merdeka.com

Sepanjang 2019 jumlah kecelakaan yang terjadi di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mencapai 634 kejadian. Sebanyak 51 orang meninggal dunia dari total kejadian yang ada. Dari tahun ke tahun selalu mengalami penurunan jumlah kecelakaan di ruas jalan tol Cipali.

2 dari 5 halaman

2. Tol Cipularang

kecelakaan di tol jagorawi

2019 Merdeka.com

Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat merupakan salah satu wilayah dengan arus lalu lintas yang cukup padat. Mengingat adanya Tol Cipularang (Cikampek-Purwakarta-Padalarang) yang menghubungkan dengan Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bandung.

Menjadi salah satu tol terpadat, tol Cipularang juga sering memakan korban. Pada 2018 jumlah kecelakaan di ruas tol ini sebanyak 478 kasus. Sementara pada tahun 2019 jumlah kecelakaan turun menjadi 358 kasus.

3 dari 5 halaman

3. Tol Tangerang-Merak

kecelakaan di tol terbanggi besar kayuagung

2019 Merdeka.com/irwanto

Data kecelakaan lalu lintas di ruas tol Tangerang-Merak hingga bulan November 2017, tercatat sebanyak 437 kasus kecelakaan. Akibatnya sebanyak 268 korban luka ringan, 144 luka berat dan 25 orang tewas.

4 dari 5 halaman

4. Tol Trans Sumatera (JTTS)

kecelakaan di tol pasuruan

Istimewa

Tol Trans Sumatera selama 2019, terjadi 68 kasus kecelakaan lalu lintas di jalan tol Lampung. Jumlah korban jiwa sebanyak 40 orang, dan korban luka-luka 124 orang.

Sementara jumlah kasus kecelakaan pada Januari 2020 terdapat enam kasus, dengan korban meninggal dunia sebanyak empat orang, dan luka-luka tiga orang.

5 dari 5 halaman

5. Tol Jagorawi

kecelakaan di tol pasuruan

Istimewa

Tol Jagorawi adalah jalan tol pertama Indonesia yang dibangun pada tahun 70-an. Ruas tol ini menghubungkan Jakarta-Bogor-Ciawi.

Tol Jagorawiyang mempunyai panjang 59 km ini terbilang cukup banyak menelan korban. Kecelakaan paling dikenang adalah peristiwa nahas yang menyeret nama anak musisi Ahmad Dhani, Dul Jaelani yang menyebabkan 6 orang tewas.

[mif]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini