5 Tim Asal Jawa Timur yang Akan Tampil di Liga 1 2020

Sabtu, 15 Februari 2020 16:05 Reporter : Miftahul Arifin
5 Tim Asal Jawa Timur yang Akan Tampil di Liga 1 2020 Persebaya. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Jawa Timur merupakan salah satu provinsi dengan klub sepak bola profesional terbanyak di liga Indonesia. Di Liga 1 2020, tercatat ada lima tim Jawa Timur yang akan berkompetisi di kasta tertinggi sepak bola Indonesia ini.

Meski memiliki cukup banyak klub yang tampil di Liga 1, ternyata sudah cukup lama tak ada wakil provinsi ini yang berhasil tampil sebagai juara. Kali terakhir wakil Jawa Timur menjadi juara terjadi di musim 2009/2010 saat Arema Indonesia berhasil keluar sebagai juara.

Berikut adalah klub peserta Liga 1 2020 yang berasal dari Jawa Timur:

1 dari 5 halaman

1. Persebaya Surabaya

2020 Merdeka.com/liputan6

Berdiri pada tahun 1927, Persebaya Surabaya telah malang melintang di kancah sepak bola Indonesia. Segudang prestasi telah dikumpulkan oleh tim berjuluk Bajul Ijo ini. Mulai dari 6 gelar juara Perserikatan/Liga Indonesia sampai 3 gelar juara Divisi Satu/Liga 2.

Di Liga 1 2020 mendatang, Persebaya akan bermarkas di Stadion Gelora Bung Tomo.

2 dari 5 halaman

2. Arema FC

2020 Merdeka.com/liputan6.com

Arema FC merupakan sebuah klub sepak bola profesional yang berasal dari Malang, Jawa Timur. Klub yang didirikan pada tanggal 11 Agustus 1987 ini memiliki julukan Singo Edan. Beberapa prestasi bergengsi pernah diraih oleh klub ini, seperti gelar juara Indonesia Super League musim 2009/2010 dan 2 gelar Piala Indonesia.

3 dari 5 halaman

3. Persela Lamongan

Liga-Indonesia.id


Berdiri sejak tahun 1967, Persela memang belum pernah mengecap prestasi fenomenal sampai saat ini. Tim yang menjadi kebanggaan warga Lamongan ini memiliki julukan Laskar Joko Tingkir. Sementara nama untuk suporter mereka adalah LA mania.

Meski belum pernah merasakan gelar juara, Persela kerap menjadi kuda hitam di kompetisi tanah air.

4 dari 5 halaman

4. Madura United

2020 Merdeka.com/bola.com

Madura United adalah klub bola profesional Indonesia yang berbasis di Pamekasan, Madura. Didirikan pada 10 Januari 2016, Madura United adalah satu dari beberapa klub profesional Indonesia yang berhasil mendapatkan lisensi dari AFC (Asian Football Confederation). Tim kebanggaan warga Madura ini memiliki julukan Laskar Sape Kerrab.

Di musim lalu, Madura United yang diperkuat oleh banyak pemain bintang harus puas finish di peringkat 5 klasemen akhir.

5 dari 5 halaman

5. Persik Kediri

2020 Merdeka.com/bola.com/Gatot Susetyo

Meski berstatus sebagai tim promosi, Persik bukanlah nama baru di kancah sepak bola nasional. Mereka adalah pemilik dua gelar juara liga. Meski begitu, perjalanan mereka di sepak bola Indonesia tak bisa dibilang mulus. Bahkan di tahun 2018 lalu, mereka harus tampil di kompetisi Liga 3.

Hebatnya, klub berjuluk Macan Putih ini mampu menjuarai kompetisi di setiap musimnya hingga bisa meraih tiket promosi ke Liga 1 2020.

[mif]
Topik berita Terkait:
  1. Liga 1 Indonesia
  2. Jatim
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini