3 Fakta Menarik Dewa 19 yang Terbongkar di Grand Final Indonesian Idol 2020

Selasa, 25 Februari 2020 18:35 Reporter : Rizka Nur Laily M
3 Fakta Menarik Dewa 19 yang Terbongkar di Grand Final Indonesian Idol 2020 Dewa 19. ©2020 Merdeka.com/liputan6.com

Merdeka.com - Grup band Dewa 19 merupakan band beraliran rock asal Surabaya, Jawa Timur. Band ini berdiri tahun 1986 atas inisiasi empat pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6 Surabaya. Kata Dewa merupakan akronim dari Dhani Ahmad (keyboard, vokal), Erwin Prasetya (bass), Wawan Juniarso (drum) dan Andra Junaidi (gitar)

Pada perjalanannya, jenis musik Dewa 19 berubah-ubah sesuai perkembangan kompetensi musik para personelnya. Mulai dari jenis musik rock, pop, jazz, sampai perpaduan ketiganya. Perpaduan jenis musik yang ditawarkan Dewa 19 menjadi angin segar bagi khazanah musik Indonesia. Nama Dewa 19 pun menjadi fenomenal.

Grand Final Indonesian Idol 2020 pada Senin (24/2) serupa ajang reuni bagi Dewa 19. Pasalnya dua personel yang pernah memperkuat Dewa 19 hadir di final ajang idol bergengsi itu. Ahmad Dhani dan Ari Lasso duduk bersama di barisan kursi juri Indonesian Idol 2020. Cerita-cerita mengenai perjalanan Dewa 19 muncul di sela-sela acara.

1 dari 3 halaman

Dewa 19 Dibentuk di Dekat Sekolah Maia

ari lasso dan ahmad dhani

2020 Merdeka.com/kapanlagi.com

Ari Lasso menceritakan bagaimana optimisme Dhani ketika hendak membentuk Dewa 19. Menurut cerita Ari Lasso di gelaran Grand Final Indonesian Idol 2020, ide pembentukan Dewa 19 pertama kali muncul di sekolah Dhani, SMPN 6 Surabaya. Sementara ajakan Dhani kepada Ari Lasso untuk rekaman ke Jakarta terjadi di dekat sekolah Maia Estianty.

2 dari 3 halaman

Aransemen Lagu "Kangen" Terbaik

tiara anugrah dan dul jaelani

2020 Merdeka.com/matamata.com

Sepanjang perjalanan Dewa 19 sampai hari ini, aransemen terhadap salah satu lagu fenomenal Dewa dibawakan oleh Erwin Gutawa. Menurut Ari Lasso, Erwin mengaransemen lagu Dewa yang berjudul Kangen dengan sangat bagus. Aransemen lagu itu dipersembahkan Erwin kepada almarhum Chrisye.

Pada Grand Final Indonesian Idol 2020 malam tadi (24/2), Tiara Anugrah, grand finalis membawakan lagu milik Dewa 19 dengan judul yang sama. Berkat lagu Kangen dengan aransemennya yang memukau, Tiara berhasil mendapatkan 5 standing applause dari para juri.

Ahmad Dhani menjadi satu-satunya juri yang tidak berdiri karena penampilan Tiara. Meskipun demikian, Dhani mengaku bahwa aransemen lagu Kangen versi Tiara merupakan aransemen terbaik yang pernah Ia dengar.

3 dari 3 halaman

Ada Maia di Balik Lirik Lagu "Kangen"

maia estianty

2020 Merdeka.com/Instagram Maia Estianty

Salah satu juri Indonesial Idol 2020, Judika, terus-terusan menggoda Maia Estianty untuk mengomentari penampilan Tiara yang membawakan lagu Kangen. Godaan yang dilontarkan Judika dan kemudian disambut juri lainnya lantaran lagu itu lekat dengan sosok Maia. Dalam kesempatan yang sama, Ahmad Dhani akhirnya mengakui bahwasanya lagu Kangen memang diciptakan untuk sosok Maia.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini