Cara Membuat Lapis Legit, Kue Lambang Kemakmuran Peninggalan Zaman Kolonial

Kamis, 30 April 2020 16:30 Reporter : Edelweis Lararenjana
Cara Membuat Lapis Legit, Kue Lambang Kemakmuran Peninggalan Zaman Kolonial Lapis Legit. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Lapis legit adalah salah satu kue basah klasik yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang manis dengan tekstur lembut dan padat selalu menjadi incaran dan wajib ada dalam hari-hari perayaan besar.

Tampilan lapis legit yang cukup unik juga menjadikannya salah satu kue yang lumayan susah dibuat. Hal ini juga yang menjadikan harga lapis legit enak menjadi mahal. Intinya, ada rasa ada harga. Bahkan lapis legit yang benar-benar enak bisa dibanderol hingga 1 juta rupiah.

Kue lapis legit adalah salah satu jenis kue peninggalan zaman Belanda. Lapis legit bersama dengan risoles, kroket, klappertart dan banyak kue lainnya di wariskan secara turun temurun sejak zaman kolonial.

Lapis legit yang cantik, manis dan harum bukanlah kue basah yang mudah dibuat. Dibutuhkan ketekunan dan ketelatenan dalam proses memasaknya. Membuat kue lapis legit bisa memakan waktu hingga 6 jam! Berikut cara membuat kue lapis legit.

1 dari 4 halaman

Sejarah Lapis Legit

lapis legit

©2020 Merdeka.com

Sebelum memulai cara membuat lapis legit, ada baiknya kita mengetahui sejarahnya dulu. Lapis legit bernama asli Spekkoek, adalah salah satu jenis kue basah paling terkenal di Indonesia. Kue ini pertama kali dikembangkan pada masa kolonial Belanda di Indonesia yang terinspirasi dari kue lapis Eropa. Lapis legit kaya yang akan telur dan roombuter ini memiliki ikatan yang erat dengan bangsa Belanda. Karena seperti diketahui, Belanda mewariskan banyak sekali ragam kuliner kepada Indonesia seusai menjajah.

Dalam bahasa Belanda, kata "spekkoek" secara harfiah berarti kue daging babi. Hal ini karena lapisan-lapisan yang terbentuk pada lapis legit mirip dengan lemak babi. Dahulu, spekkoek disebut bolu lapis oleh orang Indonesia. Namun berubah menjadi lapis legit seiring perkembangan zaman. Resep spekkoek aslinya sangat kaya akan rempah-rempah favorit Belanda. Namun dimodifikasi oleh pribumi agar lebih sesuai dengan lidah mereka.

Lapis legit yang asli terbuat dari berbagai macam rempah-rempah seperti kapulaga, kayu manis, cengkih, bunga pala, dan adas manis sehingga rasa kue ini sangat khas dan kaya akan aroma rempah. Kue berbahan dasar kuning telur, tepung terigu, gula, dan mentega/margarin ini memiliki cita rasa manis dengan tekstur yang lembut dan padat.

Adonan lapis legit dipanggang dalam oven secara bertahap, membentuk lapisan-lapisan yang umumnya berjumlah 18 hingga 30 lapis. Hal ini yang membuat lapis legit menjadi salah satu kue yang paling susuah dibuat. Butuh keterampilan dan keahlian agar hasil kue yang didapat bisa tersusun dengan rapi dan matang sempurna.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Lapis Legit 1

lapis legit

©2020 Merdeka.com

Bahan-bahan:

  • 20 butir Kuning telur
  • 300 gram Gula halus
  • 350 gram Butter
  • 60 gram Tepung terigu rendah protein
  • 20 gram Susu bubuk
  • 1 sdt Bubuk spekuk
  • 3 sdm Susu kental manis

 Cara membuat lapis legit:

  1. Kocok butter dan gula halus sampai mengembang dengan kecepatan tinggi, kurang lebih 10 menit.
  2. Turunkan kecepatan, kemudian masukkan kuning telur satu persatu. Kocok sampai rata kemudian masukkan susu kental manis, kocok sampai rata.
  3. Ayak terigu, susu bubuk dan bumbu spekuk, masukkan secara bertahap kedalam kocokan telur, aduk balik dengan spatula sampai rata.
  4. Masukkan 1 sendok sayur adonan kedalam loyang 20x20x7 cm yang sudah dialasi dengan kertas roti, ratakan. Oven dengan api bawah suhu 180°C hingga kecoklatan, keluarkan dari oven lalu tekan-tekan permukaannya dengan punggung sendok atau alat penekan kue lapis.
  5. Masukkan 1 sendok sayur adonan kedalam loyang 20x20x7 cm yang sudah dialasi dengan kertas roti, ratakan. Oven dengan api bawah suhu 180°C hingga kecoklatan, keluarkan dari oven lalu tekan-tekan permukaannya dengan punggung sendok atau alat penekan kue lapis.
  6. Tuang 1 sendok sayur lagi adonan, ratakan, oven dengan api atas sampai kecoklatan, tekan-tekan lagi permukaannya. Ulangi langkah tersebut hingga adonan habis.
  7. Setelah adonan terakhir, panggang dengan api bawah selama 15 menit sampai matang.
  8. Setelah matang, keluarkan dari oven, dinginkan baru dipotong-potong.
3 dari 4 halaman

Cara Membuat Lapis Legit 2

lapis legit

©2020 Merdeka.com

Bahan-bahan:

  • 250 Gram / 16 Sdm Margarin
  • 250 Gram / 16 Sdm Butter
  • 200 Gram / 13 Sdm Tepung Terigu
  • 400 Gram / 26 Sdm Gula Halus
  • 50 Gram / 2 Sachet Susu Bubuk Putih
  • 120 Gram / 3 Sachet Susu Kental Putih
  • 20 Butir Kuning Telur
  • 10 Butir Putih Telur
  • 2 Sendok Teh Bumbu Spekuk
  • 1 Sendok Teh Vanili

 Cara membuat lapis legit:

  1. Siapkan wadah. Masukan Margarin, Butter, Gula Halus, Vanili dan Bumbu Spekuk. Mixer kecepatan tinggi selama 10 menit hingga rata dan mengembang.
  2. Perlahan masukan Kuning Telur, terus mixer hingga menggembang. Lanjut tambah Susu Bubuk dan Susu Kental Manis, mixer terus sekitar 10 menit lagi.
  3. Siapkan wadah terpisah, lalu mixer Putih Telur. Mixer 5 menit hingga putih telur ngembang berbusa dan kaku. Ambil busanya, masukan ke adonan utama. Catatan: Jika masih ada bagian putih telur yang cair dan tidak mengembang, jangan dimasukan dalam adonan utama.
  4. Terakhir tambahkan Tepung Terigu pada adonan utama, lanjut mixer hingga mengembang atau sekitar 10 menit. Adonan untuk kue telah selesai.
  5. Siapkan loyang berukuran 18x18 cm, lalu olesi bagian bawah dengan sedikit Margarin, lalu beri alas Kertas Kue. Pinggirnya, tidak usah diapa-apakan.
  6. Siapkan oven, lalu masukan loyang dalam keadaan kosong. Panaskan pada suhu 200°C dengan Api Atas Bawah selama 10 menit. Buka, ambil loyang.
  7. Ambil Adonan Kue, takar memakai sendok kurang lebih 100 Gram atau tipis merata di atas loyang. Masukan oven, lalu masak sekitar 10-15 menit.
  8. Ambil loyang, lalu takar kembali Adonan Kue pakai sendok seperti sebelumnya. Masukan oven, ubah menjadi pakai Api Atas Saja, lalu masak 10-15 menit. Catatan: Setiap akan menuang atau menakar adonan kue, usahakan untuk mengaduk adonannya sebentar.
  9. Ulangi terus Langkah 8, tersisa hanya satu takaran. Jika kue terlalu mengembang, tekan perlahan pakai polisher cake yang telah dioleh margarin.
  10. Ambil loyang, lalu takar kembali Adonan Kue seperti biasa. Masukan oven, lalu atur ke suhu 180°C dengan Api Atas Bawah. Masak 10-15 menit.
  11. Angkat loyang, lalu tutup dengan kain bersih. Diamkan selama 6-24 jam. Nantinya pinggiran kue akan terlepas sendiri, kue bisa dikeluarkan. Selesai. Catatan: Apabila setelah matang langsung dikeluarkan, maka kue akan sangat mudah hancur.
4 dari 4 halaman

Cara Membuat Lapis Legit 3

ilustrasi lapis legit

©Shutterstock

Bahan-bahan:

(Adonan A)

  • 800 g kuning telur
  • 250 g gula halus

(Adonan B)

  • 400 g mentega dingin
  • 275 g margarin
  • 40 g susu kental manis
  • 4 g spekuk bubuk
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt vanila esens
  • ¼ sdt pewarna makanan kuning telur
  • Bahan kering, campur:
  • 75 g tepung terigu protein rendah
  • 45 g susu bubuk full cream

 Cara membuat lapis legit:

  1. Adonan A: Kocok semua bahan menggunakan mikser berkecepatan tinggi hingga pucat dan mengembang. Tuang ke dalam wadah besar. Sisihkan.
  2. Adonan B: Kocok mentega dan margarin menggunakan mikser berkecepatan sedang. Masukkan sisa bahan basah sambil dikocok terus hingga rata dan lembut.
  3. Masukkan bahan kering, aduk lipat menggunakan spatula hingga rata.
  4. Ambil sedikit adonan A, campur ke dalam adonan B. Aduk lipat hingga rata. Lalu, tuang kembali ke dalam wadah adonan A. Aduk lipat hingga rata. Sisihkan.
  5. Lapisi loyang ukuran 22x22x7 cm dengan kertas roti. Panaskan loyang dalam oven panas 200 derajat celcius selama 15 menit. Keluarkan loyang, tuang 100g adonan, ratakan hingga seluruh pemukaan loyang tertutup.
  6. Panggang dalam oven panas api atas hingga kecokelatan (8 menit). Keluarkan. Tuangi kembali dengan 100g adonan dan panggang kembali. Ulangi proses serupa pada sisa adonan. Untuk lapisan terakhir, adonan harus sedikit lebih banyak.
  7. Saat pemangganan lapisan terakhir usai, apabila pinggiran kue masih terlihat basah, panggang kembali dalam oven api bawah 180 derajat celsius selama 15 menit.
  8. Keluarkan kue dari loyang. Trimming potong keempat sisi samping kue agar tampilannya lebih rapi.
  9. Kue lapis legit lebih enak disantap sehari setelah dibuat. Lebih lembut dan lebih lembab.
[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini