Cara Membersihkan Lingkungan Sekolah, Lakukan Bersama-Sama

Kamis, 6 Oktober 2022 14:58 Reporter : Edelweis Lararenjana
Cara Membersihkan Lingkungan Sekolah, Lakukan Bersama-Sama Ilustrasi sekolah. ©2022 Pixabay/ Merdeka.com

Merdeka.com - Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang penting untuk dijaga bersama-sama. Hal ini karena lingkungan yang bersih akan memengaruhi kesehatan seluruh orang yang ada di sekolah tersebut. Anda pasti tak ingin bukan, lingkungan sekolah tempat Anda bekerja atau tempat anak menimba ilmu dikelilingi oleh banyak sampah dan kotoran?

Lingkungan sekolah yang bersih akan membuat anak-anak belajar dengan nyaman, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada siswa. Lingkungan sekolah yang bersih dan asri akan membuat angka kehadiran, nilai ulangan, dan tingkat kelulusan di sekolah meningkat.

Saat lingkungan sekolah bersih, manfaatnya tak hanya dirasakan oleh murid maupun guru yang sering berkegiatan di sekolah tersebut, melainkan juga masyarakat sekitarnya. Lantas, bagaimana cara membersihkan lingkungan sekolah dan menjaganya agar selalu tampak prima? Berikut ulasannya.

2 dari 3 halaman

1. Jadwalkan Piket Kelas

Cara membersihkan lingkungan sekolah yang pertama-tama adalah dengan membuat jadwal piket kelas bagi para murid. Sudah menjadi praktik umum di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia, bahwa usai jam sekolah ada sekelompok murid yang bertugas membersihkan ruang kelas dan sekitarnya.

Tak hanya murid, jadwal piket bersih-bersih ini pun bisa diterapkan juga kepada para guru. Terutama jika sekolah tidak memiliki petugas kebersihan halaman, maka guru dan murid dapat saling bahu-membahu untuk membersihkan lingkungan sekolah secara bersama-sama, dengan jadwal piket yang adil. 

2. Sediakan Tempat Sampah

Cara membersihkan lingkungan sekolah yang kedua adalah dengan menyediakan tempat sampah. Menaruh tempat sampah di dalam dan depan kelas, di area kantin, di lorong-lorong sekolah, dan tempat-tempat strategis lainnya adalah upaya menjaga kebersihan sekolah yang harus dilakukan.

Tanamkan budaya membuang sampah pada tempatnya kepada murid-murid sejak dini. Beri sanksi tegas pada mereka yang melanggar peraturan ini jika diperlukan. Lingkungan sekolah yang bersih dan bebas dari ceceran sampah tentu akan semakin indah dipandang dan nyaman untuk dihuni.

3 dari 3 halaman

3. Jaga Kebersihan Toilet

Cara membersihkan lingkungan sekolah yang ketiga adalah dengan memastikan bahwa toilet selalu dalam kondisi yang bersih. Toilet adalah salah satu fasilitas paling krusial di sekolah. Jika toilet dibiarkan dalam keadaan kotor dan jorok, ketidaknyamanan pun akan muncul. Selain itu, toilet yang kotor juga sumber dari banyak penyakit.

Toilet adalah tempat kita membuang kotoran sekaligus membersihkan diri. Untuk itu, alangkah baiknya bagi seluruh penghuni sekolah menyadari hal tersebut dan bersama-sama menjaganya agar selalu bersih dan wangi. Siram selalu toilet sehabis digunakan. Jangan tinggalkan sampah-sampah di dalamnya, dan jangan juga coret-coret dindingnya.

4. Kerja Bakti

Cara membersihkan lingkungan sekolah yang selanjutnya adalah dengan mengadakan acara kerja bakti minimal sebulan sekali di sekolah. Momen kerja bakti dapat dimanfaatkan untuk bersama-sama mengecek sekaligus membenahi kebersihan di lingkungan sekolah agar selalu tampil baik.

Buatlah acara kerja bakti yang mengasyikkan di sekolah, agar para murid juga bersemangat dan antusias untuk mengikutinya. Kerja bakti juga dapat membantu mempererat hubungan sosial antar murid dan guru di sekolah.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini