8 Makanan Khas Batam yang Lezat dan Gugah Selera, Jangan Sampai Dilewatkan

Selasa, 6 April 2021 15:01 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
8 Makanan Khas Batam yang Lezat dan Gugah Selera, Jangan Sampai Dilewatkan Batam. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kota Batam, yang terletak di Kepulauan Riau, telah menjadi salah satu destinasi penting untuk berbagai keperluan. Baik untuk bisnis, piknik, ataupun bisa keduanya.

Jika berkunjung ke kota ini, pastikan untuk tak melewatkan kuliner khas setempat. Makanan khas Batam ada bermacam-macam jenisnya. Maka dari itu, sayang sekali jika jauh-jauh berkunjung ke kota ini jika tak mencoba kuliner khasnya.

Ada berbagai makanan khas yang wajib dicoba jika kamu berkunjung ke sana. Contohnya saja Bingka Bakar, Kek Pisang dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga banyak kuliner Batam yang didominasi hidangan khas asal Melayu.

Tak hanya makanan berat saja, melainkan ada juga makanan ringan yang wajib dicoba jika berkunjung ke tempat ini. Dilansir dari Liputan6. Berikut ini kami telah rangkum 8 makanan khas batam yang lezat dan gugah selera.

2 dari 5 halaman

Bingka Bakar dan Kek Pisang Villa

Bingka Bakar

Makanan khas Batam ini berasal dari Kerajaan Melayu. Kue satu ini termasuk salah satu camilan favorit yang ada di Batam.

Bentuknya mirip sekali dengan Bika Ambon. Namun, kue ini tentunya diolah dengan cara dipanggang, sehingga nantinya akan menghasilkan aroma yang harum. Bingka bakar sendiri merupakan pilihan yang sangat cocok dijadikan oleh-oleh jika kamu berkunjung ke Batam.

Kue ini banyak tersedia varian rasa cokelat, stroberi, pandan, wijen, serta keju. Bingka bakar sendiri banyak sekali dijual di pusat oleh-oleh khas yang ada di Batam.

Kek Pisang Villa

Makanan khas Batam yang satu ini pasti sangat menjadi incaran para wisatawan. Kek pisang villa akan mudah sekali ditemukan di pusat oleh-oleh yang ada di Batam.

Ada juga berbagai pilihan topping yang tersedia, mulai halnya dari keju, kacang, serta cokelat. Kue ini akan cukup praktis serta awet untuk dibawa ke luar kota.

3 dari 5 halaman

Kue Batang Buruk dan Keripik Kari

Kue Batang Buruk

Kue batang buruk sendiri sebenarnya merupakan salah satu kue asli yang berasal dari Kepulauan Riau. Namun, kue ini juga sudah sangat terkenal di Batam serta jadi pilihan makanan ringan yang khas dari Kota Batam yang tentu wajib dicoba dan dibawa pulang.

Kue batang buruk sendiri adalah kue kering yang konon sudah ada sejak 4 abad silam. Kue ini sangat istimewa karena sejak zaman dahulu kue ini telah digunakan sebagai kue untuk tamu-tamu.

Keripik Kari

Makanan khas Batam yang selanjutnya adalah keripik kari. Keripik kari sendiri terbuat dari tepung terigu, daun kari serta ekstrak gonggong yang gurih dan lezat. Gonggong sendiri merupakan salah satu dari jenis makanan laut khas dari Kepulauan Riau, terutama di Batam.

Keripik kari ini telah jadi makanan ringan khas Batam yang tentu banyak telah dipilih jadi oleh-oleh jika berkunjung ke Batam. Gonggong sendiri miliki rasa yang gurih serta aroma yang kuat yang akan buat keripik ini akan jadi miliki citarasa unik serta lezat.

4 dari 5 halaman

Bilis Molen dan Kek Buah Naga

Bilis Molen

Makanan khas Batam yang selanjutnya adalah Bilis Molen. Bilis molen sendiri miliki bentuk yang mirip dengan pisang molen. Perbedaannya adalah pada isiannya.

Jika pisang molen ini berisi pisang, bilis molen ini biasanya berisi ikan teri. Adonan bilis molen ini digoreng dengan api kecil, serta biasanya akan dinikmati untuk temani kue bingka bakar.

Kek Buah Naga

Makanan khas Batam sendiri juga terkenal dengan olahan dari buah naganya. Banyaknya produk buah naga sendiri akan buat buah ini dimanfaatkan sebagai bahan makanan ringan khas Batam.

Salah satu olahan buah naga yang buat buah ini dimanfaatkan jadi bahan makanan ringan khas Batam adalah karena rasanya yang memang lezat. Kue yang satu ini akan sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh jika berkunjung ke Batam. Kek buah naga ini tersedia dalam rasa original, cokelat, keju, blueberry, strawberry, moka serta rasa yang lainnya.

5 dari 5 halaman

Cokelat Rocklate dan Kek Durian

Cokelat Rocklate

Makanan khas Batam yang berikutnya adalah cokelat rocklate. Produk cokelat yang satu ini sangat begitu terkenal di Batam serta jadi oleh-oleh yang paling dicari.

Cokelat rocklate sendiri miliki beragam varian bentuk serta rasa yang mirip seperti strawberry chocolate, chrunchy milk chocolate, cocochip chocolate, serta chruncy dark chocolate.

Kek Durian

Makanan khas Batam yang terakhir adalah Kek Durian. Makanan ringan satu ini akan sangat cocok untuk dicoba bagi kamu penggemar berat durian. Kue yang miliki bahan dasar durian ini miliki citarasa serta aroma yang kuat.

Di sini durian akan diolah bersama-sama dengan bahan kek serta jadi makanan ringan untuk temani minum teh di sore hari. Kek durian sendiri juga tersedia dalam berbagai topping yang bisa dipilih seperti cokelat kacang, keju, cokelat almond, serta meses yang pastinya semuanya lezat dan gugah selera makan Anda. [raf]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini