7 Manfaat Air Kelapa untuk Buka Puasa, Tak Hanya Segarkan Tubuh

Sabtu, 16 Mei 2020 10:00 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
7 Manfaat Air Kelapa untuk Buka Puasa, Tak Hanya Segarkan Tubuh air kelapa. ©2012 altmedcine.com

Merdeka.com - Manfaat air kelapa apabila dikonsumsi pada waktu berbuka puasa akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. Tidak hanya menyegarkan, air kelapa muda juga bisa menunjang kelancaran ibadah puasa yang Anda jalani.

Maka, tidak heran jika air kelapa menjadi salah satu minuman berbuka puasa yang cukup digemari dan banyak diincar oleh orang-orang saat menjelang buka puasa. Air kelapa dipercaya dapat membuat tubuh akan segar kembali saat Anda mengawali berbuka.

Menikmati air kelapa saat buka puasa, ditambah ditemani dengan aksi kocak Pandji Pragiwaksono sore nanti, bersama Golda Coffe Buka Bersama Bareng KapanLagi, tentu makin segar.

Tak hanya sajian komedi dari Pandji saja, bagi Anda yang gemar make up, akan ada sesi Beauty Tips bersama Tasya Farasya, lho. Untuk mengikuti serangkaian acara menarik itu cukup mudah, daftarkan diri Anda di bukabareng.kapanlagi.com dan ikuti panduannya di sini.

1 dari 7 halaman

1. Bantu Cegah dan Atasi Dehidrasi

Manfaat air kelapa untuk buka puasa yang pertama adalah dapat digunakan untuk cegah dan atasi dehidrasi pada tubuh kita. Penting sekali untuk mengonsumsi cairan yang bisa menggantikan cairan tubuh yang berkurang selama berpuasa.

Dengan menggantinya secara tepat, tubuh akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, misalnya kulit kering, badan lemas, serta keluhan tekanan darah rendah. Air kelapa sama baiknya dengan air putih dalam mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama puasa.

Air kelapa muda memang memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di tubuh kita. Kandungan elektrolit dalam air kelapa muda sangatlah tinggi. Manfaat air kelapa muda yang memiliki kandungan elektrolit yang sangat tinggi dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh ketika sedang beraktivitas.

Selain itu, kandungan lain dalam air kelapa yaitu potasium akan sangat berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah kita. Selain itu, air kelapa muda sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan manfaat air kelapa muda dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

2 dari 7 halaman

2. Ampuh Turunkan Berat Badan

badan

© elembarazo.net

Selain menyegarkan, manfaat air kelapa yang selanjutnya juga ampuh untuk menurunkan berat badan. Kandungan lemak, gula, dan kalori dalam air kelapa memiliki kadar yang sangat rendah. Menggunakan air kelapa muda sebagai obat penurun berat badan tidak menimbulkan efek samping.

3 dari 7 halaman

3. Mengembalikan Energi Tubuh

Manfaat air kelapa untuk buka puasa yang selanjutnya adalah dapat secara langsung mengembalikan energi tubuh dengan sangat baik. Air kelapa terbukti mampu mengembalikan kadar gula darah dengan lebih baik karena kandungan gula alami di dalamnya. Dengan kembalinya kadar gula darah ke rentang optimal, tubuh akan terasa lebih berenergi.

4 dari 7 halaman

4. Sebagai Penetralisir Racun dalam Tubuh

sianida

©www.magazine.emerck

Manfaat air kelapa untuk berbuka puasa yang selanjutnya adalah dapat menetralisir racun di dalam tubuh. Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa muda sangatlah tinggi. Air kelapa muda juga mengandung enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh.

5 dari 7 halaman

5. Atasi Keluhan Pencernaan

Atasi keluhan pencernaan merupakan salah satu manfaat air kelapa untuk buka puasa. Hal ini tentu kabar baik bagi orang-ornag yang sering mengalami gangguan pencernaan saat berpuasa. Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, hingga gangguan ginjal.

Air kelapa mengandung enzim biaktif alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan berbagai enzim lainnya. Kandungan enzim yang ada dalam air kelapa ini dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

6 dari 7 halaman

6. Menghidrasi Kulit

Jika Anda mengalami kulit terasa kering, terdapat kemungkinan bahwa kulit tubuh sedang mengalami kekurangan cairan yang bisa melembapkan permukaannya. Manfaat air kelapa untuk buka puasa dapat menjadi solusi yang tepat.

Selain minum banyak air putih, Anda bisa mengonsumsi air kelapa karena mengandung vitamin C yang bisa menyehatkan kondisi kulit. Agar hasilnya optimal, gunakan tabir surya dan hindari paparan langsung sinar matahari.

7 dari 7 halaman

7. Mencegah Penuaan Dini

ilustrasi wajah cantik

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/aslysun

Manfaat air kelapa untuk berbuka puasa tidak hanya bagi kesehatan, namun juga bagi kecantikan. Salah satunya adalah dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. Kandungan sitokinin (salah satu hormon pertumbuhan) dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah). Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini