7 Makanan Penyebab Hipertensi yang Harus Dihindari Para Penderitanya

Rabu, 18 Maret 2020 18:18 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
7 Makanan Penyebab Hipertensi yang Harus Dihindari Para Penderitanya hipertensi. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu masalah yang banyak ditemui saat ini. Tekanan darah adalah jumlah kekuatan yang diberikan darah pada dinding arteri saat mengalir melalui mereka. Ketika tekanan tersebut mencapai tingkat tinggi, hal tersebut dapat menyebabkan masalah yang serius.

Apabila dibiarkan, tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius, termasuk gagal jantung, kehilangan penglihatan, stroke, dan penyakit ginjal. Salah satu cara agar kita dapat mengelola tekanan darah adalah dengan menerapkan pola makan sehat.

Penderita darah tinggi perlu mengontrol dan menentukan asupan makanannya. Beberapa jenis makanan harus dihindari untuk mencegah naiknya tekanan darah. Banyak makanan dan minuman dapat meningkatkan tekanan darah.

Berikut adalah jenis makanan yang perlu dihindari agar para penderita darah tinggi dapat mengontrol tekanan darahnya, yang dilansir dari Liputan6.com.

1 dari 7 halaman

1. Garam

hipertensi

Liputan6.com

Makanan penyebab hipertensi yang harus dihindari yang pertama adalah garam. Garam dan natrium merupakan musuh Anda saat hidup dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Pada beberapa orang, makan terlalu banyak garam dapat membuat tekanan darah tinggi akan jauh lebih buruk. Kondisi ini dikombinasikan dengan fakta bahwa terlalu banyak garam akan memberikan efek buruk bagi jantung.

Mengurangi natrium merupakan cara yang tepat untuk pola makan yang sehat. Rekomendasi tersebut sangat penting dalam pengaturan tekanan darah tinggi sekunder karena masalah ginjal.

Meskipun pada awalnya sulit untuk makan makanan rendah sodium, Anda akan segera menyesuaikan kembali selera Anda ketika mempertahankannya selama beberapa minggu.

Beberapa jenis makanan kemasan yang mengandung garam tinggi meliputi :

  • Pizza beku
  • Jus sayuran
  • Sup kalengan
  • Produk tomat kalengan atau botol
  • Daging kaleng
2 dari 7 halaman

2. Daging Olahan

hipertensi

Liputan6.com

Makanan penyebab hipertensi yang harus dihindari yang selanjutnya adalah produk daging olahan. Daging olahan dan daging makan siang bisa menjadi bom natrium yang sesungguhnya.

Daging tersebut sering dibumbui, dan diawetkan dengan garam. Satu porsi 2 ons daging olahan seperti frozen food bisa mengandung 500 mg natrium atau lebih.

Lalu, potongan daging dingin dan daging yang disembuhkan seperti hot dog memiliki ratusan milligram sodium. Untuk itu, cobalah untuk memanggang dada ayam untuk makan siang atau mengonsumsi tuna sebagai pengganti protein hewani.

3 dari 7 halaman

3. Acar

hipertensi

selerarasa.com

Makanan penyebab hipertensi yang harus dihindari yang selanjutnya adalah acar. Acar memang bisa menjadi teman yang lezat untuk gorengan atau pelengkap masakan lain.

Acar dibuat dengan cara merendam timun dengan cuka dan garam. Garam menghentikan makanan dari pembusukan dan membuatnya dapat dimakan lebih lama.

Namun, kandungan garam pada acar mentimun dapat menjadikan mentimun sebagai penyerap natrium yang hebat. Semakin lama sayuran berada dalam pengalengan dan terendam air garam maka semakin banyak natrium yang bisa mereka serap.

4 dari 7 halaman

4. Sup Kalengan

hipertensi

Liputan6.com

Makanan penyebab hipertensi yang harus dihindari yang selanjutnya adalah sup kalengan. Untuk saat ini, sup kalengan memang menjadi makanan alternatif dan mudah untuk dipersiapkan, terutama apabila anda memiliki banyak kesibukan atau sedang dalam kondisi tidak enak badan.

Namun, sup kalengan ternyata mengandung banyak sodium. Kaldu juga bisa berdampak buruk bagi tekanan darah. Beberapa sup dapat memiliki hampir 900 mg natrium hanya dalam satu porsi, yang biasanya dengan takaran gelas.

Jika anda mengonsumsi satu kaleng sup, maka anda sama dengan mengonsumsi lebih dari 2.000 mg natrium. Pilihan yang lebih baik adalah menjaga garam tetap terjaga dengan membuat sup sendiri dari resep rendah sodium.

5 dari 7 halaman

5. Produk Tomat Kalengan atau Botol

hipertensi

today.line.me

Makanan penyebab hipertensi yang harus dihindari yang selanjutnya adalah produk tomat kalengan atau botol. Faktanya, kebanyakan produk saus tomat kalengan, saus pasta, dan saus tomat mengandung banyak sodium.

Satu porsi cangkir saus marinara klasik dapat mengandung sedikitnya 400 mg natrium atau lebih. Secangkir jus tomat dapat mengandung lebih dari 600 mg natrium.

Jika anda ingin tetap menjaga tekanan darah Anda, pilih alternatif lain atau pilih tomat segar yang kaya akan kandungan likopen. Pilihan cerdas ini memiliki banyak manfaat kesehatan untuk jantung.

6 dari 7 halaman

6. Gula

hipertensi

Liputan6.com

Makanan penyebab hipertensi yang harus dihindari yang selanjutnya adalah gula. Asupan tinggi yang terkait dengan gula memang berhubungan dengan peningkatan tekanan darah anda.

Gula, terutama minuman yang dimaniskan dengan gula, telah berkontribusi pada peningkatan obesitas pada orang-orang di segala usia. Tekanan darah tinggi memang sering terjadi pada orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas.

The American Heart Association merekomendasikan agar wanita membatasi asupan gula tambahan hingga 6 sendok teh, atau 24 gram, per hari. Pria harus membatasi diri hingga 9 sendok teh, atau 36 gram, per hari.

7 dari 7 halaman

7. Asupan Lemak

hipertensi

Liputan6.com

Makanan penyebab hipertensi yang harus dihindari yang selanjutnya adalah lemak. Lemak jenuh dan lemak trans memang buruk bagi jantung dan pembuluh darah.

Makanan yang cocok untuk penderita hipertensi sebaiknya makanan yang memiliki sedikit lemak jenuh dan lemak trans. Macam makanan yang memiliki lemak jenuh antara lain kulit ayam, susu penuh lemak, daging merah, mentega.

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini