Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

6 Keunikan Labuan Bajo yang Jadi Daya Tarik Wisatawan, Alamnya Menawan

6 Keunikan Labuan Bajo yang Jadi Daya Tarik Wisatawan, Alamnya Menawan Bukit Sylvia, Labuan Bajo. ©Instagram/juventiatjoa

Merdeka.com - Labuan Bajo adalah salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia yang semakin populer belakangan ini. Terletak di Kepulauan Nusa Tenggara Timur, Labuan Bajo bak surga tersembunyi yang menawarkan tak hanya keindahan bentang alamnya, namun juga uniknya pengalaman liburan yang tak tergantikan.

Labuan Bajo terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Nusa Tenggara Barat dan dipisahkan oleh Selat Sape. Saat ini, Labuan Bajo termasuk dalamsatu dari lima Destinasi Super Prioritas yang sedang dikembangkan oleh negara Indonesia.

Tak heran jika Labuan Bajo mendapat begita banyak perhatian, baik dari pemerintah maupun wisatawan. Sebab, ada banyak keunikan Labuan Bajo yang membuatnya pantas mendapatkan semua sorotan ini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut kumpulan keunikan Labuan Bajo yang menarik untuk Anda ketahui.

Dijamin, Anda pasti ingin segera menginjakkan kaki ke sana dan menikmati segala keindahan yang ditawarkan!

1. Alam Bawah Laut yang Indah

Keunikan Labuan Bajo yang pertama adalah alam bawah lautnya yang sangat indah. Labuan Bajo kaya akan biota laut berbagai jenis, menjadikan daerah ini sebagai spot snorkeling dan diving yang diminati. Anda bisa mengikuti trip berkelompok untuk dapat menikmati aktivitas menyelam ini.

Salah satu pulau di Labuan Bajo yang populer sebagai destinasi untuk menikmati pesona bawah lautnya adalah pulau Sebayur. Pulau Sebayur adalah salah satu pulau yang mempunyai fasilitas paling memadai untuk para wisatawan melakukan snorkeling maupun diving.

Titik diving lain yang menjadi unggulan dan incaran penyelam adalah Castle Rock, Batu Bolong, hingga Crystal Rock. Untuk sampai di spot ini, para wisatawan harus menggunakan kapal. Spot-spot ini umumnya memiliki jarak yang tak terlalu jauh untuk dijangkau dengan transportasi kapal. Setelah menikmati keindahan bawah lautnya, Anda bisa melanjutkan dengan ekplorasi pulau-pulau di sekitar yang tak kalah indah.

2. Pantai Pink

Salah satu daya tarik yang menjadi keunikan Labuan Bajo adalah Pantai Pink. Ya, Anda pasti pernah mendengar atau melihat foto-foto serta video yang menunjukkan pantai berpasir putih dari tempat ini. Pantai pink adalah salah satu daya tarik unik Labuan Bajo yang diburu tak hanya oleh wisatawan dalam negeri, tetapi juga mancanegara. 

Faktanya, Pantai Pink Labuan Bajo adalah satu dari tujuh pantai berpasir pink yang ada di dunia. Tak heran hal ini sangat ditonjolkan dalam promosi pariwisatanya. Pasir berwarna pink di Labuan Bajo ini sendiri sebenarnya adalah Foraminifera, hewan mikroskopis yang memberikan pigmen warna merah pada koral di sekitar pantai.

3. Tidak Menerima Pecahan Uang Receh

Keunikan Labuan Bajo yang ketiga adalah transaksi ekonomi di pulau ini tidak menerima penggunaan uang receh. Umumnya, para pedagang yang berjualan di kawasan Labuan Bajo akan menolak apabila pembeli membayar dengan uang receh. Selain pedagang kaki lima, diketahui warung-warung kelontong hingga supermarket pun menolak jika dibayar dengan uang koin.

Hal ini semakin menambah keunikan Labuan Bajo bagi para pengunjungnya. Untuk itu, apabila Anda berencana ke sana, pastikan untuk tidak menggunakan uang receh sebagai alat bayar. Anda bisa menukarkan uang receh yang Anda miliki terlebih dahulu sebelum berangkat ke Labuan Bajo untuk menghindari hal ini.

4. Dijuluki Kota Seribu Sunset

Kota Seribu Sunset adalah julukan yang menambah daftar keunikan Labuan Bajo. Sebab, wilayah ini berhadapan langsung ke barat, tempat matahari terbenam setiap harinya. Hal ini menjadi incaran para pemburu sunset hingga fotografer profesional. Sebab pemandangan matahari terbenam di Labuan Bajo memang tak ada duanya.

Terdapat beberapa spot atau tempat terbaik untuk Anda menikmati sunset dengan maksimal di Labuan Bajo. Di antaranya adalah  Bukit Cinta, Bukit Sylvia, Bukit Ketentang, hingga di pesisir pantai yang indah. Udara yang masih asri, bentang alam yang indah, ditambah indahnya senja sangat cocok untuk menemani waktu healing Anda.

5. Miliki Gugusan Pulau Eksotis

Tak diragukan lagi bahwa Labuan Bajo memiliki gugusan pulau-pulau yang eksotis. Hal ini telah menjadi keunikan Labuan Bajo, membuatnya menjadi salah satu primadona wisata Indonesia. Ada banyak pulau-pulau indah yang wajib untuk Anda kunjungi, antara lain Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar.

Sesuai namanya, di Pulau Komodo Anda bisa menyaksikan hewan reptil tertua di dunia yang dilindungi. Komodo berkeliaran bebas di habita aslinya yang masih terjaga. Selain Pulau Komodo, Anda juga bisa bertemu hewan yang satu ini di Pulau Rinca. Di gugusan pulau eksotis Labuan Bajo, ada banyak aktivitas air yang bisa Anda lakukan mulai dari berenang, snorkeling, dan diving.

6. Spot Trekking Favorit

Selain terkenal karena Komodo dan keindahan bawah laut, Labuan Bajo juga memiliki tempat-tempat trekking terbaik bagi para pecinta alam. Anda bisa melakukan aktivitas ini khususnya untuk melihat Komodo dan sunset yang apik. Jika trekking menjadi salah satu agenda Anda di Labuan Bajo, maka persiapkan diri saat berkunjung ke sana ya!

Dari treking yang Anda lakukan di Labuan Bajo, Anda bisa berswafoto di sabana ala Afrika yang indah. Disarankan bagi Anda untuk berkunjung di musim panas apabila ingin melakukan trekking, agar mendapatkan pemandangan dan cuaca yang tepat. Dijamin, Anda akan takjub dan terpesona dengan keindahan alam yang ditawarkan oleh pulau ini.

(mdk/edl)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP