6 Cara Mengontrol Emosi Negatif yang Berlebihan Pada Diri, Ampuh Redam Amarah

Kamis, 25 Juni 2020 18:02 Reporter : Edelweis Lararenjana
6 Cara Mengontrol Emosi Negatif yang Berlebihan Pada Diri, Ampuh Redam Amarah ilustrasi marah. cnpru.bsd.uchicago.edu

Merdeka.com - Emosi adalah salah satu jenis kekuatan dan perasaan yang paling sering hadir, mendesak dan terkadang menyakitkan dalam hidup. Manusia pada dasarnya digerakkan hari demi hari oleh emosi.

Tanpa disadari, emosi mendikte pikiran, niat, dan tindakan dengan otoritas superior ke pikiran rasional manusia. Tetapi ketika Anda bertindak berdasarkan emosi sesaat atau pada jenis emosi yang salah, seringnya Anda akan berada dalam situasi dan kondisi yang tidak menguntungkan.

Seperti halnya dengan banyak aspek kehidupan lainnya, emosi sebaiknya dirasakan secara moderat dan dilihat dengan perspektif yang logis. Terutama mengenai emosi negatif, yang harus ditangani dengan sangat hati-hati.

Emosi negatif, seperti kemarahan, kecemburuan, atau kepahitan cenderung dapat membuat Anda lepas kendali. Pada gilirannya jenis emosi ini akan tumbuh dan mengkondisikan pikiran untuk berfungsi pada perasaan yang merusak.

Pernahkah Anda bertemu seseorang yang secara konsisten marah atau bermusuhan? Mereka tidak dilahirkan seperti itu. Tetapi mereka membiarkan emosi tertentu untuk mengambil alih pikiran mereka begitu lama sehingga mereka tidak dapat mengontrolnya.

Untuk menghindari dominasi emosi negatif pada diri, berikut adalah 6 cara mengontrol emosi tersebut yang perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: 1 Jangan Langsung Bereaksi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini