5 Jenis Ikan Hias Asli Indonesia yang Cocok Dipelihara di Rumah

Kamis, 5 Maret 2020 12:00 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
5 Jenis Ikan Hias Asli Indonesia yang Cocok Dipelihara di Rumah ikan hias. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Memelihara ikan hias merupakan salah satu alternatif bagi Anda yang ingin memiliki hewan peliharaan dengan perawatan yang mudah dan harga yang bervariatif. Selain itu, memelihara ikan juga dapat meningkatkan keuntungan bagi kesehatan karena perasaan bahagia dan suasana hati yang tenang bila memandang ikan hias piaraan Anda.

Untuk saat ini, banyak sekali jenis ikan baik jenis air tawar maupun air laut yang dapat mempercantik dekorasi ruangan di rumah. Namun, apakah Anda sudah mengetahui bahwa terdapat jenis-jenis ikan yang merupakan spesies asli Indonesia yang tak kalah menarik untuk dipelihara.

Untuk mengetahui lebih detail, berikut 5 jenis ikan hias asli Indonesia yang cocok dipelihara di rumah yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

Jenis Ikan Hias Asli Indonesia

Bicara tentang kekayaan alam Indonesia memang tidak ada habisnya. Selalu banyak hal yang dapat kita gali untuk mengetahui lebih dalam.

Seperti contohnya dunia perikanan. Terdapat ikan yang bisa dibudidayakan ataupun dijadikan ikan hias yang bisa dinikmati estetikanya.

Bagi para penghobi biasanya harga tak ajdi masalah asalkan bentuk dan kualifikasinya sesuai dengan yang dia harapkan. Berikut beberapa jenis ikan asli Indonesia yang dapat menjadi alternatif pilihan saat ingin pelihara ikan hias di rumah.

2 dari 6 halaman

1. Ikan Arwana

ikan hias

2020 Merdeka.com

Jenis ikan asli Indonesia ini terkenal dengan tubuhnya yang besar dan memanjang. Orang-orang biasanya tertarik untuk memelihara ikan ini karena warnanya yang menakjubkan.

Bagi Anda yang ingin memperindah ruang tamu rumah dengan hiasan yang menenangkan, ikan arwana merupakan solusi yang tepat apabila akan memelihara jenis ikan ini. Jenis-jenis ikan arwana yang merupakan ikan asli Indonesia antara lain adalah Super Red Arwana, Red Tail Golden Arwana, Jardini Arwana, Banjar Red Arwana.

Namun, apabila Anda ingin memelihara jenis ikan asli Indonesia ini sebaiknya perhatikan detail harga terlebih dahulu karena beberapa jenis ikan arwana dibanderol memiliki harga yang relatif tidak murah. Kebanyakan jenis ikan ini memiliki kisaran harga di atas 1 juta. Untuk itu Anda sebaiknya mempertimbangkan isi kantong terlebih dahulu apabila ingin memiliki ikan hias satu ini.

3 dari 6 halaman

2. Ikan Cupang

ikan hias

Liputan6.com

Jenis ikan asli Indonesia yang cocok dipelihara di rumah selanjutnya adalah jenis ikan cupang. Ikan ini memang tidak memiliki ukuran tubuh yang besar seperti ikan pada umumnya.

Namun dengan warnanya yang beragam, ikan ini menjadi salah satu alternatif pilihan bagi para pecinta satwa air. Ikan cupang memiliki banderol harga yang beragam dan jenis warna yang sangat banyak.

Ada baiknya apabila ingin memelihara ikan ini disarankan untuk tidak mencampurkan dua atau lebih ikan dalam satu akuarium. Hal tersebut akan membuat ikan cupang dapat saling berkelahi dan menyakiti satu sama lain.

4 dari 6 halaman

3. Ikan Botia

ikan hias

Liputan6.com

Ikan merupakan jenis ikan hias asli Indonesia dan biasanya penyebarannya meliputi perairan tropis di wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang relatif tidak terlalu besar.

Namun coraknya yang unik membuat ikan ini menjadi salah satu referensi yang menarik bagi Anda yang sedang ingin memelihara ikan hias yang unik. Warna coraknya memiliki dominan warna orange dengan dua garis hitam yang membentang di sekujur tubuhnya.

Bagi Anda yang ingin menghias akuarium dengan ikan, ikan Botia merupakan pilihan yang tepat untuk dapat menjadikan suasana rumah menjadi tenang dan indah untuk dipandang.

5 dari 6 halaman

4. Ikan Pelangi atau Rainbow Fish

ikan hias

Pertanianku.com

Jenis ikan hias asli Indonesia yang cocok dipelihara di rumah selanjutnya adalah jenis ikan hias bernama ikan pelangi atau Rainbow Fish. Ikan yang memiliki nama latin Melanotaeniidae ini adalah jenis ikan hias potensial yang biasa dikembangkan di Indonesia.

Akan tetapi, konon ikan hias satu ini juga sering ditemukan di wilayah Australia Utara dan Timur, lalu New Guinea atau Papua Nugini, pulau-pulau di Teluk Cendrawasih, dan kepulauan Raja Ampat Di Indonesia. Namun, terdapat dua jenis ikan pelangi yang sangat terkenal untuk dipelihara.

Jenis ikan tersebut adalah ikan Rainbow Papua dan ikan Rainbow Sulawesi. Selain itu, ikan ini juga sangat diminati bagi pelaku budidaya ikan hias karena memiliki potensi ekspor yang menjanjikan.

6 dari 6 halaman

5. Ikan Tiger

ikan hias

akuariumikanhiasku.blogspot.com

Jenis ikan hias asli Indonesia yang cocok dipelihara di rumah yang terakhir adalah jenis ikan hias Tigerfish alias tiger barb, atau yang sering juga dikenal dengan ikan Sumatra. Ikan yang memiliki nama latin Puntigrus Tetrazona ini merupakan ikan yang berasal dari aliran sungai dan anak sungai tropis di wilayah Indonesia dan Thailand.

Tigerfish merupakan ikan yang sangat populer di kalangan penghobi akuarium karena memiliki corak warna yang mirip dengan corak warna seperti harimau dan tipe tubuh yang unik. Tigerfish merupakan jenis ikan yang sangat agresif terhadap spesies ikan yang lebih kecil.

Untuk itu sebaiknya Anda memilih kawanan ikan yang tepat yang dapat digabungkan menjadi satu akuarium atau mengisi akuarium dengan satu jenis ikan ini saja.

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini