10 Manfaat Kunyit untuk Bahan Masakan Alami di Rumah, Wajib Dicoba

Minggu, 23 Februari 2020 10:30 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
10 Manfaat Kunyit untuk Bahan Masakan Alami di Rumah, Wajib Dicoba Manfaat kunyit. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kunyit merupakan tanaman yang berasal dari Curcuma Longa dan merupakan bagian dari akar tanaman tersebut. Apabila dilihat secara sekilas, kunyit memiliki kemiripan dengan jahe. Dagingnya memiliki ciri khas warna oranye menyala dan akan menjadi kuning saat dikeringkan. Warna yang kaya pada kunyit merupakan pertanda bahwa kunyit banyak mengandung zat curcumin.

Kunyit telah sejak lama digunakan untuk keperluan memasak hingga medis. Kunyit merupakan salah satu rempah yang ada di berbagai hidangan masakan Indonesia maupun Asia Tenggara. Namun dibalik manfaat sebagai bumbu alami, kunyit ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Berikut 10 manfaat kunyit untuk bahan masakan alami di rumah yang wajib dicoba.

1 dari 10 halaman

1. Menyeimbangkan Kadar Hormon

manfaat kunyit

2020 Liputan6.com

Manfaat kunyit untuk bahan masakan alami di rumah yang pertama adalah dapat menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh. Kunyit memiliki fungsi untuk memasok sejumlah nutrisi untuk proses produksi hormonal tubuh. Oleh karena itu, kunyit hingga saat ini dipercaya dapat membantu mengembalikan keseimbangan hormon. Di samping itu, kunyit juga memiliki fungsi untuk mencegah penyakit atau mutase yang menghambat produksi hormonal.

2 dari 10 halaman

2. Mengobati Peradangan Pada Tubuh

manfaat kunyit

2020 Liputan6.com

Manfaat kunyit untuk bahan masakan alami berikutnya adalah meredakan peradangan pada tubuh. Zat aktif curcumin yang memiliki kandungan antioksidan merupakan zat yang mengandung efek anti radang. Dalam satu sendok teh kunyit segar ternyata mengandung sedikitnya 200 miligram curcumin.

Menurut sebuah penelitian, khasiat kunyit dapat menjanjikan untuk mengobati penyakit peradangan seperti kanker, penyakit kardiovaskular, sindrom koroner akut, diabetes, dan radang sendi.

3 dari 10 halaman

3. Mengurangi Rasa Mual

manfaat kunyit

2020 Liputan6.com

Manfaat kunyit untuk bahan masakan alami di rumah yang berikutnya adalah kunyit dapat berkhasiat untuk mengobati rasa mual. Dalam Journal Of Food Science, perpaduan lada hitam dan kunyit ternyata dapat terbukti mengobati rasa mual. Dalam sebuah penelitian dijelaskan juga bahwa adanya zat piperin dalam lada hitam ternyata dapat meningkatkan curcumin hingga dua ribu persen lebih cepat ke dalam darah.

4 dari 10 halaman

4. Mengurangi Berat Badan

manfaat kunyit

2020 Liputan6.com

Manfaat kunyit sebagai bahan masakan alami di rumah adalah ternyata kunyit memiliki khasiat untuk para penderita obesitas atau kelebihan berat badan. Zat curcumin yang terkandung di dalamnya berfungsi sebagai penekan respons peradangan pada sel tubuh dan bisa mengurangi kolesterol, serta gangguan metabolik lainnya akibat berat badan berlebih.
Rutin mengonsumsi minuman kunyit dan asam jawa juga bisa membuahkan hasil pada penurunan berat badan yang maksimal.

5 dari 10 halaman

5. Sebagai Antidepresan (Penenang)

manfaat kunyit

2020 Liputan6.com

Manfaat kunyit untuk bahan masakan alami di rumah yang selanjutnya adalah kunyit dapat berfungsi sebagai penenang atau antidepresan. Sebuah penelitian pernah melakukan uji coba terhadap 60 relawan yang mengidap gangguan depresi mayor (MDD). Mereka diobati dengan curcumin, obat fluoxetine, dan kombinasi keduanya. Hasilnya, kunyit memang bisa menjadi terapi yang efektif dan aman untuk pengobatan pada pasien dengan depresi ringan.

6 dari 10 halaman

6. Mengurangi Risiko Kanker

manfaat kunyit

2020 Liputan6.com

Manfaat kunyit untuk bahan masakan alami di rumah yang berikutnya adalah dapat dijadikan sebagai bahan masakan alami yang dapat mengurangi risiko penyakit kanker. Berdasarkan sebuah penelitian menurut Cancer Research UK, curcumin memang memiliki efek antikanker. Efeknya sangat optimal dalam mencegah kanker payudara, kanker usur, kanker lambung, dan kanker kulit. Selain itu, sebuah penelitian menurut Clinical Cancer Research, membuktikan dengan tambahan satu sendok makan kunyit per hari, kamu bisa mencegah terserang kanker secara alami dan efektif.

7 dari 10 halaman

7. Mengendalikan Gula Darah

manfaat kunyit

2020 Liputan6.com

Manfaat kunyit untuk bahan masakan alami ternyata dapat bermanfaat untuk mengontrol dan mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh. Dalam eksperimen di beberapa penelitian, para ahli menyepakati bahwa tidak ada pengobatan alami yang lebih baik selain kunyit untuk menurunkan kadare gula darah dan mengembalikan resistensi insulin ke keadaan normal.

Contohnya adalah dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Biochemistry and Biophysical Research Communications, penelitian tersebut membuktikan kunyit bisa membantu mengontrol kadar gula darah pada diabetes. Di dalam penelitian lain juga menunjukkan suplemen ekstrak kunyit dapat membantu meningkatkan fungsi insulin, menstabilkan kadar gula darah, dan membuat gejala diabetes lebih mudah ditangani. Maka dari itu, kunyit dianggap bisa menurunkan risiko komplikasi terkait diabetes yang diakibatkan peradangan.

8 dari 10 halaman

8. Mengobati Maag

manfaat kunyit

2020 Liputan6.com

Manfaat kunyit sebagai bahan masakan alami ternyata bukan hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur yang biasa digunakan untuk masakan sehari-hari. Dalam sebuah jurnal Systematic Reviewsmengatakan kunyit membantu mengurangi frekuensi gejala maag kambuh. Pasalnya, curcumin dalam kunyit juga bekerja mengendalikan produksi asam lambung dan empedu berlebih.

9 dari 10 halaman

9. Menjaga Kesehatan Pencernaan

manfaat kunyit

2020 Liputan6.com

Manfaat kunyit sebagai bahan masakan alami sehari-hari juga dapat memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh. Berbagai penyakit yang menyerang sistem pencernaan seperti kolik, kram otot, cacingan, perut kembung, memperlancar buang air besar, dan penurunan nafsu makan akibat lidah terasa pahit dapat diredakan dengan mengonsumsi kunyit secara rutin.

10 dari 10 halaman

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat kunyit

2020 Liputan6.com

Manfaat kunyit sebagai bahan masakan alami sehari-hari memiliki fungsi lain bagi tubuh yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebagian orang belum menyadari bahwa tidak sedikit penyakit asal mulanya adalah berawal dari sistem pencernaan. Karena kunyit juga mampu menjaga kesehatan pencernaan, kunyit juga mampu memberikan sistem kekebalan tubuh agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. [raf]

Baca juga:

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini