10 Makanan Khas Surabaya yang Enak, Bervariasi dan Wajib Dicicipi

Sabtu, 25 April 2020 13:33 Reporter : Edelweis Lararenjana
10 Makanan Khas Surabaya yang Enak, Bervariasi dan Wajib Dicicipi Surabaya Food. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Surabaya adalah salah satu kota terbesar di Indonesia yang terletak di pulau Jawa, tepatnya di Jawa Timur. Ragam makanan khas Surabaya yang bervariasi membuatnya menjadi salah satu kota tujuan kuliner di pulau Jawa.

Hal ini seolah-olah menutupi kelemahannya dalam hal wisata alam. Karena tak seperti kota besar lainnya di Jawa Timur seperti Malang, Surabaya memang tak memiliki begitu banyak destinasi wisata alam.

Variasi makanan khas Surabaya pun berasal dari banyak lapisan. Anda dapat menikmatinya ala makanan restoran, kafe, warung makan, hingga kedai di pinggir jalan. Mencicipi kuliner Surabaya tidak akan cukup dilakukan dalam sehari karena jumlahnya yang banyak.

Dalam artikel kali ini, akan diberikan 10 rekomendasi makanan khas Surabaya yang paling populer dan wajib untuk dicoba apabila Anda berkunjung ke Kota Pahlawan ini.

2 dari 11 halaman

1. Rujak Cingur

surabaya food
©2020 Merdeka.com

Makanan khas Surabaya yang pertama adalah rujak cingur. Bagi Anda yang mengaku pencinta rujak, wajib mencoba olahan rujak yang satu ini. Rujak cingur terdiri dari dua jenis, yaitu rujak cingur matengan yang semua bahannya dimasak dan rujak cingur campur buah.

Dalam rujak cingur matengan terdapat lauk lontong, taoge, kangkung, tahu goreng, tempe goreng dan cingur. Sedangkan untuk rujak cingur campur buah, di dalamnya akan ditambah buah nanas, mangga muda, bengkuang dan mentimun. Makanan khas Surabaya yang satu ini sangat terkenal dan enak. Apalagi, harga yang ditawarkan pun tergolong murah, rata-rata hanya berkisar Rp. 20.000,00 saja per porsinya.

3 dari 11 halaman

2. Sate Klopo

surabaya food
©2020 Merdeka.com

Apa jadinya jika kelapa dijadikan sate? Anda harus mencobanya sendiri ketika berkunjung ke Surabaya. Makanan khas Surabaya yang kedua adalah sate klopo. Klopo adalah bahasa Jawa yang berarti kelapa. Sate klopo memang menggunakan buah kelapa sebagai bahan campuran satenya.

Sate klopo terbuat dari daging sapi yang diiris tipis dan diberikan lumuran kelapa sebelum dibakar. Hal ini yang menjadi pembeda sate klopo dengan sate-sate lainnya. Jika sate pada umumnya dibakar menggunakan kecap, sate klopo dibalur dulu dengan parutan kelapa sebelum dibakar. Rasa yang ditawarkan oleh sate klopo adalah gurih ala kelapa yang menyatu dengan daging bakar, sehingga sensasi yang ditimbulkan juga tentu tidak biasa.

4 dari 11 halaman

3. Lontong Balap

surabaya food
©2020 Merdeka.com

Lontong balap adalah makanan khas Surabaya ketiga yang direkomendasikan bagi para pencinta kuliner yang akan berkunjung ke Kota Pahlawan ini. Lontong balap terbuat dari campuran lontong, taoge, tahu, daging sapi, dan lento.

Kuah lontong balap berwarna kecokelatan, yang dihasilkan dari siraman bumbu petis. Rasanya tentu tak kalah autentik dengan kuliner-kuliner Surabaya lainnya.

5 dari 11 halaman

4. Tahu Telor/Tahu Tek

surabaya food
©2020 Merdeka.com

Makanan khas Surabaya selanjutnya adalah tahu telor atau tahu tek. Makanan khas Surabaya satu ini berisi potongan tahu yang dicampur dengan telur, lalu digoreng bersamaan dan dipotong-potong.

Di atasnya ditambahkan taoge, kentang dan kemudian disiram dengan saus kacang pedas ditambah petis khas Surabaya dan kerupuk. Hmm membayangkannya saja sudah bikin ngiler. 

6 dari 11 halaman

5. Kepiting Cak Gundul 1992

surabaya food
©2020 Merdeka.com

Bagi Anda yang mengaku pencinta seafood, ketika ke Surabaya wajib mencoba makanan yang satu ini. Makanan khas Surabaya yang kelima adalah kepiting Cak Gundul 1992 yang sangat terkenal dan sudah mulai beroperasi sejak 1992 silam. Saat ini restoran kepiting Cak Gundul sudah membuka beberapa cabang saking ramainya pengunjung yang memadati restorannya.

Kepiting Cak Gundul terkenal dengan kelezatan kepitingnya yang berukuran besar, segar, dan harganya yang terjangkau. Selain kepiting, di restoran ini juga menyediakan hidangan seafood lain seperi ikan-ikanan, udang, cumi-cumi, dan juga ayam.

7 dari 11 halaman

6. Tahu Campur

surabaya food
©2020 Merdeka.com

Makanan khas Surabaya yang keenam adalah tahu campur. Tahu campur adalah salah satu kuliner berkuah yang segar dan menghangatkan. Tahu campur juga memiliki banyak kandungan gizi karena terdiri dari banyak sayur dan sumber protein dalam setiap porsinya.

Dalam tahu campur terdapat sayuran, irisan tahu goreng, perkedel ubi (lentho), daging, tauge, mie kuning, petis, dan kuah kaldu daging yang lezat. Semua bahan-bahan dipotong lalu disiram kuah yang terbuat dari bumbu-bumbu yang sudah dicampur dengan petis. Dijamin enak apalagi dengan tambahan sambal dan kerupuk udang.

8 dari 11 halaman

7. Sego Sambel

surabaya food
©2020 Merdeka.com

Sego sambel adalah makanan khas Surabaya ketujuh yang masuk dalam daftar rekomendasi makanan enak di Surabaya. Sego sambel dalam bahasa Indonesia berarti nasi sambal. Ini adalah salah satu kuliner pedas yang cukup digemari oleh masyarakat Surabaya.

Menu sego sambel menyajikan rasa pedas dari sambal dengan bumbu-bumbu pilihan. Untuk satu porsi sego sambel, Anda biasanya akan mendapat nasi hangat dengan siraman sambal, lengkap dengan pilihan lauk seperti tempe goreng, tahu goreng, telur dadar, ayam goreng suwir, hingga ikan-ikanan. Sego sambel sangat cocok bagi Anda pecinta makanan pedas.

9 dari 11 halaman

8. Rawon

surabaya food
©2020 Merdeka.com

Rawon menjadi salah satu makanan khas Surabaya berkuah yang paling banyak dicari. Rawon memiliki kekhasan dalam warna dan rasanya. Kuah hitam rawon yang khas berpadu dengan daging empuk adalah hidangan terfavorit yang biasa disantap warga Surabaya maupun para wisatawan.

Karena rasanya yang enak dan unik, kini beragam jenis rawon telah tersebar dan dijual di seluruh Indonesia dengan inovasi varian yang berbeda-beda. Rawon adalah salah satu ciri khas Surabaya yang wajib Anda coba langsung di tempat asalnya.

10 dari 11 halaman

9. Soto Gubeng

surabaya food
©2020 Merdeka.com

Soto Gubeng adalah salah satu varian soto yang telah menjadi makanan khas Surabaya. Sejarah soto Gubeng cukup menarik, karena soto ini sudah ada sejak zaman Hindia Belanda. Nama soto Gubeng diambil dari nama sebuah kecamatan di Surabaya tempat stasiun paling besar di kota itu berada.

Di stasiun Gubeng inilah soto gubeng pertama kali muncul. Soto ini menggunakan bahan dasar daging dan jeroan sapi dengan kuah kaldunya yang sangat nikmat. 

11 dari 11 halaman

10. Zangrandi Ice Cream

surabaya food
©2020 Merdeka.com

Setelah menikmati makanan-makanan sebelumnya yang cenderung pedas dan berminyak, kini saatnya Anda berkenalan dengan salah satu dessert paling populer di Surabaya. Zangrandi Ice Cream adalah makanan khas Surabaya terakhir yang berada di daftar rekomendasi kali ini. 

Toko es krim Zangrandi sudah berdiri sejak 1930-an dan menawarkan ragam desert klasik yang lezat. Setiap varian es krimnya serasa menyeret Anda ke masa lalu dan bernostalgia. Di Zangrandi Ice Cream, Anda bisa menikmati banana split, macadonia, tutti fruity, dan masih banyak lagi. Toko es krim ini adalah salah satu yang legendaris di Surabaya.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini