Tempat Wisata Magelang Populer, Sajikan Panorama Alam Indah nan Asri

Minggu, 22 Mei 2022 14:42 Reporter : Ayu Isti
Tempat Wisata Magelang Populer, Sajikan Panorama Alam Indah nan Asri Punthuk Setumbu. ©Instagram/aecslocked

Merdeka.com - Indonesia mempunyai beragam wisata alam yang menyajikan pemandangan cantik dan memesona. Mulai dari wisata alam berupa pegunungan, air terjun atau curug, hutan wisata, hingga pemandangan laut yang eksotis. Berbagai wisata alam ini pun tersebar di hampir seluruh daerah di Indonesia.

Salah satu daerah yang memiliki tempat wisata alam menarik adalah Magelang. Magelang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kota Yogyakarta. Meskipun tak begitu luas, namun terdapat berbagai macam objek wisata menarik yang ada di daerah yang mendapat julukan sebagai Kota Seribu Bunga ini.

Salah satu tempat wisata Magelang yang populer tidak lain adalah Candi Borobudur. Ini merupakan warisan peninggalan sejarah agama Budha yang masih ada dan dirawat dengan baik hingga sekarang. Selain sebagai tempat wisata, Candi Borobudur juga menjadi tempat perayaan Waisak bagi masyarakat Budha di Indonesia.

Bukan hanya Candi Borobudur, masih terdapat berbagai tempat wisata Magelang populer lainnya yang tak kalah menarik dan eksotis. Mulai dari Curug Silawe, Punthuk Setumbu, Gardu Pandang Silancur, hingga Bukit Grenden. Beberapa lokasi wisata ini cukup terkenal di kalangan masyarakat dan sering kali menjadi destinasi liburan yang murah dan terjangkau.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tempat wisata Magelang populer yang bisa menjadi destinasi liburan Anda.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Magelang: Candi Borobudur, Curug Silawe

keindahan candi borobudur saat sunrise
©2022 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
  • Candi Borobudur

Tempat wisata Magelang populer rekomendasi pertama tidak lain adalah Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan candi bercorak Buddha terbesar di Indonesia yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Konon, candi ini dibangun pada masa Dinasti Syailendara dengan ciri khas stupa yang tersusun bertingkat.

Keeksotisan Candi Borobudur pun berhasil masuk ke dalam situs Tujuh Keajaiban Dunia. Tentu masyarakat Indonesia patut berbangga dan harus mengunjungi objek wisata yang mendunia ini. Selain candi, banyak wisatawan yang berburu pemandangan menarik matahari terbit dan terbenam di puncak Candi Borobudur.

  • Curug Silawe

Tempat wisata Magelang populer berikutnya adalah Curug Silawe. Di sini, Anda bisa melihat indahnya air terjun yang turun dari atas ketinggian 50 meter. Di sekitar air terjun, terdapat tebing tinggi menjulang yang dipenuhi oleh lumut dan tumbuhan hijau. Tumbuhan yang ada di sekitar air terjun ini menambah suasana semakin sejuk dan asri.

Untuk sampai di lokasi air terjun, Anda harus melewati jalan setapak dan alur tangga yang telah dibuat oleh pengelola. Meskipun membutuhkan cukup banyak tenaga, namun Anda bisa menikmati pemandangan indah selama perjalanan.

Jika tertarik, Anda bisa datang langsung di lokasi Curug Silawe tepatnya di Dusun Kopeng, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Magelang.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Magelang: Punthuk Setumbu, Gardu Pandang Silancur

003 tantri setyorini
©Instagram/monja_spannenkrebs
  • Punthuk Setumbu

Tempat wisata Magelang yang bisa menjadi pilihan Anda selanjutnya adalah Punthuk Setumbu. Punthuk Setumbu adalah bukit yang biasanya menjadi tujuan bagi para pengunjung untuk melihat panorama golden sunrise atau matahari terbit. Di sini, Anda juga bisa melihat dengan jelas Candi Borobudur dari atas ketinggian.

Lokasi Punthuk Setumbu ini berada di gugusan Gunung Manoreh, tepatnya berada di Desa Rahan, Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan indah dan sejuk di pagi hari sambil melihat matahari terbit, Punthuk Setumbu bisa menjadi salah satu tujuan Anda. Tak perlu khawatir, ini termasuk objek wisata murah dan terjangkau, dengan cukup membayar tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah saja per orang.

  • Gardu Pandang Silancur

Gardu Pandang Silancur juga termasuk salah satu tempat wisata Magelang populer yang bisa Anda kunjungi. Sesuai dengan namanya, di sini Anda bisa melihat pemandangan indah dari atas gardu pandang dengan jelas. Tak heran, jika ini merupakan salah satu tujuan untuk berburu foto menarik yang selalu ramai pengunjung.

Selain melihat pemandangan, objek wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas menarik dan edukatif. Tentu ini menjadi salah satu pilihan yang tepat jika Anda ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Bagi Anda yang ingin bermalam pun disediakan fasilitas penginapan yang nyaman. Jika tertarik, Anda bisa datang langsung ke lokasi wisata di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Magelang: Bukit Grenden, Goa Slandak

mangunan

©Instagram/ricky_dewanto

  • Bukit Grenden

Tempat wisata Magelang populer yang bisa menjadi rekomendasi lainnya adalah Bukit Grenden. Mulanya, bukit ini merupakan lokasi titik awal pendakian yang jaraknya paling dekat dengan puncak Merbabu. Kemudian, bukit ini semakin terkenal karena menyajikan pemandangan alam dari atas ketinggian yang indah dan memesona.

Di sekeliling bukit, Anda bisa melihat hutan pinus yang tumbuh rapat dengan selimut kabut bak lukisan alam. Selain itu, Anda juga akan menemui berbagai spot foto menarik seperti rumah kurcaci, gardu pandang, hingga fasilitas gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai. Jika tertarik, Anda bisa datang ke Desa Pogolan, Kelurahan Pakis, Magelang, Jawa Tengah.

  • Goa Slandak

Tempat wisata Magelang populer terakhir yang tak kalah menarik adalah Goa Slandak. Lokasi Goa Slandak ini terletak di perbukitan Dusun Grogol, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Magelang. Untuk mencapai lokasi, Anda membutuhkan tenaga ekstra karena harus menyusuri hutan pinus terlebih dahulu.

Meskipun perjalanan cukup melelahkan, namun selama itu Anda bisa menikmati pemandangan hutan pinus yang asri sambil mengambil foto-foto menarik. Setelah melewati hutan pinus, Anda akan sampai lokasi dan melihat indahnya pemandangan air terjun yang sejuk dan jernih. Ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata murah meriah yang cocok dikunjungi bersama teman atau keluarga.

[ayi]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jateng
  3. Ragam Konten
  4. Ragam
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini