Pelajar di Rembang Ciptakan Gelas dari Singkong, Bisa Dimakan

Selasa, 4 Oktober 2022 11:00 Reporter : Shani Rasyid
Pelajar di Rembang Ciptakan Gelas dari Singkong, Bisa Dimakan Pelajar Rembang ciptakan gelas dari singkong. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Inovasi demi inovasi terus dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Guna mengurangi ketergantungan terhadap plastik, para pelajar di Rembang membuat suatu karya yang unik. Karya itu berupa gelas yang terbuat dari singkong.

Tak hanya dapat dijadikan benda yang memiliki nilai guna, ternyata gelas yang terbuat dari singkong itu juga bisa dimakan. Berikut selengkapnya:

2 dari 4 halaman

Berawal dari Keprihatinan

pelajar rembang ciptakan gelas dari singkong

©2022 Merdeka.com

Di tangan tiga siswa SMA asal Rembang, Eka Wijayanti, Devan Agustio, dan Komariah Sa’adah, singkong dapat diubah menjadi gelas minuman. Awalnya ketiga pelajar ini prihatin terhadap tumpukan sampah plastik minuman.

Dari situlah mereka terbersit ide untuk mencari cara mengurangi sampah plastik. Setelah melakukan riset, akhirnya dipilihlah singkong.

Caranya, singkong digiling dulu. Lalu baru dicetak dalam bentuk gelas, lalu dipanggang selama satu jam. Setelah eksperimen itu berhasil, kemudian mereka menamakan produk gelas yang terbuat dari singkong itu dengan nama Miscalenta.

3 dari 4 halaman

Bisa Dimakan

pelajar rembang ciptakan gelas dari singkong
©2022 Merdeka.com

Eka Wijayanti mengatakan, produk yang ia ciptakan bersama dua pelajar lainnya itu dapat dimakan. Selain singkong murni, pada gelas itu terdapat kandungan pewarna makanan. Apabila tidak dimakan-pun, gelas itu dapat terurai di tanah. Jadi tidak akan menjadi tumpukan sampah.

“Kalau dimakan itu rasanya singkong, seperti getuk, tapi ada tambahan perasa. Sesuai dengan esensi yang diberikan pada Miscalenta Cup ini,” terang Eka.

4 dari 4 halaman

Akan Dipatenkan

pelajar rembang ciptakan gelas dari singkong
©2022 Merdeka.com

Dikutip dari kanal YouTube Liputan6 pada Selasa (4/10), produk Miscalenta ini sudah dicoba oleh para pedagang di Rembang. Beberapa masukan didapat, seperti masa kadaluarsa yang hanya seminggu nantinya akan jadi perbaikan agar karya itu bisa dipatenkan.

“Karena kita tahu bahwa lingkungan itu perlu dijaga kelestariannya dari sampah plastik sehingga perlu diciptakan sebuah inovasi. Salah satunya adalah sebuah produk berbahan ketela yang diberi nama Miscalenta. Wadah ini dapat digunakan untuk minuman panas, dingin, es krim, ataupun sebagai pengganti plastik,” kata Hedi Wibowo, kepala sekolah SMAN 3 Rembang.

Gelas singkong ini sudah beberapa kali diikutkan pada lomba karya ilmiah dan pernah meraih juara 2 dalam sebuah lomba di Undip Semarang. Hedi mengatakan, produk Miscalenta itu nantinya akan dipatenkan ke HAKI sehingga menjadi sebuah produk resmi yang bisa dikomersialkan.

[shr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini