Paskah adalah Hari Raya Umat Kristen, Ketahui Makna dan Tujuannya

Selasa, 10 November 2020 13:15 Reporter : Jevi Nugraha
Paskah adalah Hari Raya Umat Kristen, Ketahui Makna dan Tujuannya Ilustrasi Gereja. slate.com ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Paskah adalah hari raya umat Kristen yang biasa dilaksanakan setiap tahun untuk memperingati kebangkitan Yesus Kristus. Perayaan paskah sendiri dilakukan pada Minggu pertama setelah bulan purnama sesudah titik balik musim semi.

Melansir dari Ensiklopedia Britannica, makna paskah adalah kemenangan Yesus Kristus atas kematian. Paskah sendiri merupakan tiga hari setelah kematian Yesus Kristus di kayu salib. Dengan kata lain, kebangkitan Yesus Kristus berarti kehidupan kekal yang diberikan kepada umat manusia yang percaya.

Simak pula ayat-ayat alkitab.

Sementara itu, menurut seorang biarawan abad ke-18, kata Paskah berasal dari Anglo-Sexon Eeostre atau Eastre yang berarti musim semi dan kesuburan.

Berikut ini penjelasan mengenai arti Paskah beserta maknanya yang merdeka.com lansir dari Ensiklopedia Britannica:

2 dari 4 halaman

Sejarah Paskah

telur paskah
©2012 flickr.com

Di dalam Perjanjian Lama, Paskah adalah perayaan orang-orang Israel saat memperingati Passover atau bulan purnama pertama setelah ekuinoks vernal. Secara harfiah, Passover memiliki arti “melewati” dan secara khusus dalam tradisi Yahudi merujuk pada perayaan pembebasan orang-orang Yahudi dari perbudakan Mesir.

Sejalan dengan makna Paskah dalam Perjanjian Lama, Paskah dalam Perjanjian Baru juga menunjukan kuasa Allah atas kasih dan anugerah yang meluputkan umat milik-Nya dari maut. Dengan kata lain, Allah memberikan kepastian kebangkitan kekal di akhir zaman, melalui kebangkitan kristus.

3 dari 4 halaman

Mengenal Arti Paskah

ilustrasi gereja©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Creativa

Paskah adalah kebangkitan Yesus yang telah mengubah jalan hidup manusia. Kebangkitan Yesus telah membawa perubahan status dan memberikan transformasi dalam hidup. Dalam keyakinan umat Kristiani, penyaliban dan kebangkitan Yesus dipercaya terjadi ketika Passover tahun 30.

Di samping itu, terdapat penjelasan lain tentang arti Paskah, merujuk pada kata eostur Norse atau ostara, yang memiliki arti musim kelahiran baru. Dengan kata lain, paskah sering dikaitkan dengan pergantian musim.

Melansir dari Ensiklopedia Britannica, Paskah adalah memiliki makna kasih sayang, anugerah, bentuk kekuasaan Tuhan yang menjauhkan umat Kristen dari kutukan dan maut. Umumnya, umat Kristen menggelar Jumat Agung yang mana merupakan momentum memperingati penyaliban Yesus.

4 dari 4 halaman

Makna Perayaan Paskah

drama hari paskah©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Pada mulanya, perayaan Paskah merupakan hari suci pagan untuk pembaruan dan kelahiran kembali. Sehingga, bisa dikatakan bahwa perayaan paskah terjadi pada musim yang sama dengan peringatan tradisional kebangkitan Kristus dari kematian, bergabung dengan pagan yang disebut sebagai Paskah.

Secara umum, Paskah adalah festival penting Gereja Kristen yang merayakan kebangkitan Yesus Kristus yang diperingati antara 21 Maret dan 25 April, pada hari Minggu pertama setelah bulan purnama atau setelah titik balik musim semi utara. Menurut Perjanjian Baru Alkitab Kristen, Maria Magdalena datang ke kuburan di mana Yesus dikuburkan dan menemukannya kosong. Setelah itu, malaikat memberi tahu bahwa Yesus telah bangkit.

Seiring berjalannya waktu, umat Kristiani di seluruh dunia memaknai Paskah adalah mengakui dan memuji atas kebangkitan Yesus Kristus dari kematian. Selain itu, Paskah juga dimaknai sebagai jaminan kemuliaan Yesus akan kehidupan kekal untuk semua orang yang percaya kuasa-Nya.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini