Parasite Raih 4 Piala Oscar 2020, ini 6 Film Bong Joon Ho yang Wajib Ditonton

Selasa, 11 Februari 2020 16:12 Reporter : Intan Kumalasari
Parasite Raih 4 Piala Oscar 2020, ini 6 Film Bong Joon Ho yang Wajib Ditonton Film Karya Bong Joon Ho. ©2020 Merdeka.com/IMDB.com dan Instagram The Academy

Merdeka.com - Merdeka.com - Perhelatan Malam Puncak Oscar 2020 telah selesai diselenggarakan, Senin (10/2/2020) di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat. Film asal Korea Selatan, Parasite jadi perhatian.

Parasite menjadi film non Bahasa Inggris pertama yang meraih 4 piala sekaligus di Piala Oscar tahun ini. Parasite berhasil mendapatkan 4 kategori yaitu Best Picture, Best Director, Best International Feature, Best Original Screenplay.

Hal ini menjadi sorotan publik dunia dan khususnya warga Asia yang ikut bangga menyaksikan keberhasilan film tersebut. Keberhasilan Parasite tak lepas dari kontribusi Bong Joon Ho selaku sutradara dan penulis naskah Bersama Jin Won Han.

Selain Film Parasite, karya Bong Joon Ho sebelumnya tidak kalah bagus dan wajib untuk ditonton. Berikut rangkuman enam karya apik Bong yang tak boleh dilewatkan:

1 dari 6 halaman

1. Barking Dogs Never Bite

Barking Dogs Never Bite rilis pada tanggal 19 Februari 2000 di Korea Selatan dengan genre Komedi. Film ini menceritakan kehidupan calon dosen Yun-ju (Sung-Jae Lee) yang tinggal di apartemen dengan istrinya, Hyun-nam (Doona Bae).

film karya bong joon ho

2020 Merdeka.com/IMDB.com

Dalam film ini dikisahkan keraguan Yu-Ju dalam menyuap dekan untuk mendapatkan jabatan professor. Dia juga terganggu oleh Anjing di tempat tinggalnya dan melakukan tindakan terhadap Anjing tersebut.

Beberapa minggu, 3 anjing menghilang, apakah Yun Ju dan Hyeon Nam terlibat dalam kasus tersebut? Apakah laki-laki itu yang memakan anjing? Siapa yang terlibat? Hal ini menjadi menarik untuk diikuti kisahnya.

2 dari 6 halaman

2. Memories of Murder

Memories of Murder berkisah pada tahun 1986, di Provinsi Gyunggi, Korea Selatan terjadi pembunuha perempuan. Detektif Park Doo Man (Kang-Ho Song) dan Detektif Cho Yong Koo (Roe-Ha Kim) merupakan detektif lokal yang brutal dan tanpa teknik dalam menghadapi pelaku pembunuhan
film karya bong joon ho

2020 Merdeka.com/IMDB.com

Detektif Seo-Tae Yoon dari Seoul datang untuk membantu investigasi dalam kasus pembuhunan perempuan. Melalui detektif Seo-Tae Yoon modus pembunuhan yang serupa sedikit demi sedikit akan terungkap.

Film ini menjadi sejarah baru genre serial killers di Korea Selatan. Memories of Murder terinspirasi dari kisah pembunuhan berantai sadis di Korea Selatan yang begitu terkenal. Pada tahun 2003 meraih best director dan best screenplay pada Busan Film Critics Awards.Pada tahun 2014 Best Director pada Directors Cut Awards.

3 dari 6 halaman

3. The Host

The Host menceritakan seekor monster dari Sungai Han Seoul kembali menyerang warga. Film Garapan Bong Joon Ho ini kembali mengajak Kang-Ho Song sebagai pemeran utama.

Park Hee-bong, laki-laki sekitar umur 60 tahun (Hee-Bong Byun), hidup dengan dua anak laki-laki, satu anak perempuan, dan satu cucu perempuan. Kisah ini berawal dari Park Gang Doo( Kang-Ho Song) single parent yang memiliki seorang anak perempuan pada saat itu ditelan oleh monster yang mengerikan. Di tengah rasa duka, ia menemukan bahwa anaknya masih hidup.

Film ini membuat emosi penonton campur aduk dengan cara Bong Joon Ho memperlihatkan kekejaman monster laut. The Host meraih Best Film pada tahun 2006 2007 oleh Blue Dargon Film Awards dan Asian Film Awards.

4 dari 6 halaman

4. Mother

Mother merupakan film Korea Selatan dengan judul asli Modeo. Film yang rilis [ada 28 Mei 2009 ini bergenre drama, crime, thriller.
film karya bong joon ho

2020 Merdeka.com/IMDB.com

Mother (Kim Hye Ja) mengisahkan seorang janda dengan anaknya Do Joon (Won Bin) berumur 28 tahun yang memiliki keterbelakangan mental. Suatu hari, ada pembunuhan seorang perempuan, dan Do Joon dicurigai sebagai pembunuh.

Film ini seputar kerja keras Ibu Do Joon dalam membuktikan sang anak tidak terlibat dalam kasus pembunuhan. Film ini memiliki plot twist yang membuat penonton terkejut dan sayang untuk dilewatkan. Mother berhasil mendapatkan penghargaan Dubai International Film Festival kategori Best Screenplay pada tahun 2009, serta best film pada Korean Association of Film Critics Awards.

5 dari 6 halaman

5. Snowpiercier

Snowpiercer karya Bong Joon Ho ini mengajak aktor dan aktris Hollywood untuk berpartisipasi dalam film ini. Snowpiercer diperankan oleh Chrish Evans sebagai Curtis serta dibintangi Jamie Bell, dan Tilda Swinton. Kang Ho Song kembali ikut membintangi karya Bong Joon Ho sebagai Namgoong Minsoo.
film karya bong joon ho

2020 Merdeka.com/IMDB.com

Snowpiercer berlatar pada tahun 2031 berkisah tentang dunia beku yang terperangkap di dalam kereta api yang terus melaju tanpa henti. Dunia yang membeku tersebut, dibagi menjadi golongan yang berbeda, dengan kelas terbawah diperlakukan tidak manusiawi.

Snowpiercer berhasil meraih Baeksang Arts Award dan Directors Cut Awards pada tahun 2014 dan 2013 dengan kategori Best Director. Pada tahun 2013 oleh Blue Dragon Film Awards dengan kategori yang sama, mendapatkan kategori best film oleh Blue Dragon Film Awards, best screenplay pada Busan Film Critics Awards dan best director dan best film pada Korean Association of Film Critics Awards serta best director pada Asia Pacific Film Festival.

6 dari 6 halaman

6. Okja

Okja merupakan Garapan Bong Joon Ho yang bekerjasama dengan Netflix. Film ini diperankan oleh Tilda Swinton, Paul Dano dan Seo-Hyun Ahn.
film karya bong joon ho

2020 Merdeka.com/IMDB.com

Film ini bercerita tentang perjuangan seorang gadis Korea Selatan bernama Mija (Seo-hyun Ahn) yang membesarkan seekor babi super. Hewan kesayangannya tersebut hendak direbut sebuah perusahaan besar untuk revolusi bahan makanan daging.

Film yang bergenre action, adventure, drama, sci-fi ini berhasil masuk dalam kategori nominasi Palme d'Or tahun 2017. Okja berhasil menang dalam Korean Association of Film Critics Awards 2017, Directors Cut Awards pada tahun 2017 dalam kategori Best Director.

[snw]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini