Mengenal Arti Empati, Lengkap Beserta Ciri-ciri dan Penjelasannya

Selasa, 6 Desember 2022 17:00 Reporter : Jevi Nugraha
Mengenal Arti Empati, Lengkap Beserta Ciri-ciri dan Penjelasannya Ilustrasi menangis. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/OtnaYdur

Merdeka.com - Arti empati perlu dipahami setiap orang. Empati merupakan kemampuan seseorang dalam membayangkan atau mengimajinasikan perasaan orang lain. Sederhananya, arti empati adalah munculnya rasa iba terhadap derita yang sedang dialami orang lain.

Melansir dari Merriam Webster, arti empati adalah kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain, melihat dari sudut pandang tersebut, dan membayangkan diri sendiri pada posisi orang tersebut. Sikap empati perlu dilakukan untuk membangun serta menjaga hubungan antara sesama manusia.

Arti empati penting diketahui agar bisa menjaga hubungan antar sesama manusia. Selain itu, dengan berempati, kita sudah bisa meringankan beban atau masalah yang dihadapi seseorang. Berikut arti empati dan ciri-cirinya yang merdeka.com lansir dari Merriam Webster dan sumber lainnya:

2 dari 4 halaman

Mengenal Arti Empati

ke pasangan

© healthista.com

Arti empati penting dipahami setiap orang. Ketika orang lain sedang menghadapi suatu masalah, sebagai makhluk sosial, kita perlu memberikan empati. Selain dapat meringankan masalah tersebut, sikap ini juga bisa mempererat tali persaudaraan antar sesama manusia.

Secara bahasa, arti empati adalah "ketertarikan fisik", yang bisa didefinisikan sebagai respon afektif dan kognitif yang kompleks ada distres emosional orang lain. Dengan kata lain, empati adalah kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain, merasa simpatik dan mencoba menyelesaikan masalah tersebut. Seperti dikutip dari studiilmu.com, berikut ini pengertian empati menurut para ahli:

Bullmer

Empati adalah sebuah proses yang terjadi saat seseorang merasakan perasaan orang lain dan menangkap arti perasaan tersebut, kemudian dikomunikasikan dengan kepekaan yang sedemikian rupa sehingga bisa menunjukkan bahwa orang tersebut sungguh-sungguh mengerti perasaan orang lain. Sederhananya, empati ialah pemahaman terhadap orang lain daripada berupa sebuah diagnosa atau evaluasi.

Goleman

Empati adalah kemampuan untuk mengerti emosi yang dirasakan orang lain. Empati memiliki tingkatan yang lebih dalam mengenai pengertian, pendefinisian, dan reaksi terhadap kepedulian serta kebutuhan yang mendasari respon emosional lainnya.


Ciri-Ciri Seseorang Memiliki Empati

Arti empati adalah kemampuan untuk merasakan kondisi orang lain. Ada beberapa ciri-ciri seseorang yang memiliki empati, di antaranya:

• Bisa memahami bagaimana perasaan orang lain.

• Selain menjadi tempat curhat, dia mampu diminati pendapat, solusi, dan nasihat.
• Bisa menjadi pendengar yang baik.

• Mudah merasa lelah dalam situasi sosial, terutama situasi yang kurang baik.

• Memiliki rasa peduli yang tinggi, meski bukan dengan orang yang dikenal.

• Kerap terbebani dengan peristiwa-peristiwa tragis yang terjadi di sekitarnya atau bahkan peristiwa yang hanya didengar.

3 dari 4 halaman

Cara Menumbuhkan Rasa Empati

ilustrasi menangis
©Pexels/Karolina Grabowska

Arti empati merupakan sebuah kemampuan seseorang untuk peduli terhadap sesama. Oleh karena itu, sikap ini bisa dibentuk atau dilatih dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa cara menumbuhkan dan memperkuat rasa empati:

• Berusaha untuk selalu menjadi pendengar yang baik

• Selalu menempatkan diri sendiri pada posisi orang lain

• Berusaha untuk selalu memahami orang lain

• Memperbanyak bergaul dengan orang yang memiliki latar belakang yang berbeda

• Selalu memerhatikan bahasa tubuh dan bentuk komunikasi non verbal lainnya dari orang lain

Manfaat Empati untuk Kehidupan Sehari-hari

Ada beberapa manfaat arti empati dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:

Melatih Perilaku Tolong Menolong

Saat memberikan empati, seseorang akan merasakan keadaan yang dialami oleh orang lain. Sikap ini bisa mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu yang bisa meringankan beban masalah orang tersebut. Sehingga, rasa empati juga bermanfaat untuk melatih perilaku tolong menolong antar sesama manusia.

Mempererat Tali Persaudaraan

Manfaat empati selanjutnya adalah bisa mempererat tali persaudaraan. Memberikan empati kepada orang lain yang sedang mengalami suatu masalah bisa membangun hubungan sosial dengan orang lain. Selain itu, berempati juga mampu memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain, sehingga hal ini bisa melatih kepekaan seseorang terhadap lingkungan sekitar.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Arti Empati dan Simpati

Arti empati merupakan sikap yang mendalam karena seseorang lebih merasakan kesedihan orang lain dan tahu apa yang orang lain rasakan. Saat sikap ini muncul, seseorang biasanya juga akan lebih berusaha bekerja sama untuk mencari penyelesaian bersama.

Sementara itu, simpati merupakan sifat iba dan biasanya tidak terlalu mendalam. Simpati pada umumnya tidak menunjukkan sikap prihatin terhadap apa yang orang lain rasakan tanpa adanya memandang bahwa perlu atau tidaknya membantu seseorang tersebut untuk menangani kesulitan.

Beda empati dan simpati menurut Titchener (dalam Goleman, 2007), empati adalah suatu bentuk peniruan secara fisik atas beban orang lain, yang kemudian menimbulkan perasaan yang serupa dalam diri seseorang. Berbeda dengan simpati yang hanya sebagai bentuk perhatian terhadap kemalangan lumrah yang dialami orang lain.

Beda empati dan simpati yang dikemukakan oleh Zuchdi dalam Fadhilah (2015) dalam publikasi ums.ac.id adalah menyatakan bahwa simpati merupakan suatu bentuk persetujuan, sedangkan empati tidak berhubungan dengan persetujuan, melainkan pemahaman sepenuhnya dan secara mendalam terhadap orang lain, baik secara emosional maupun intelektual.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini