Manfaat Benalu Teh bagi Kesehatan, Dapat Mengobati Berbagai Penyakit Kronis

Selasa, 23 Februari 2021 20:51 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Manfaat Benalu Teh bagi Kesehatan, Dapat Mengobati Berbagai Penyakit Kronis Kebun teh ciwidey. Liputan6.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Benalu merupakan tanaman parasit yang biasanya menumpang hidup pada tanaman lain. Sering kali, tumbuhan ini dianggap sebagai pengganggu tanaman yang disinggahinya. Bahkan tidak jarang, banyak tanaman yang rusak dan tidak tumbuh subur akibat keberadaan tumbuhan parasit ini. Sehingga banyak orang kerap menyingkirkan tumbuhan benalu dari tanaman agar bisa berkembang dengan baik.

Biasanya benalu ini banyak ditemukan pada berbagai tanaman. Mulai dari tanaman mangga, sirsak, hingga tanaman teh yang sering diproduksi oleh banyak petani di Indonesia. Meskipun sering dianggap sebagai tumbuhan pengganggu yang merugikan, ternyata benalu tidak selamanya buruk. Beberapa jenis benalu justru dapat memberikan manfaat kesehatan yang tidak boleh disepelekan.

Salah satu jenis benalu yang mempunyai banyak manfaat adalah benalu teh. Sesuai dengan namanya, benalu teh (Scurrula oortiana) merupakan jenis benalu yang menempel pada tanaman teh. Benalu teh ini diketahui mempunyai kandungan antikanker yang sangat baik untuk melawan sel-sel dalam tubuh yang menjadi cikal bakal penyakit kanker.

Selain itu, manfaat benalu teh bagi kesehatan juga didapatkan dari sifat antimalaria yang dapat mencegah serangan penyakit yang dibawa oleh gigitan nyamuk ini.
Dengan mengetahui beberapa manfaat teh benalu bagi kesehatan, tentu dapat mengurangi pandangan negatif tentang tumbuhan parasit ini. Dilansir dari beberapa sumber berikut merdeka.com merangkum beberapa manfaat benalu teh bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Mengenal Tumbuhan Benalu...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini