Macam-Macam Olahraga Ringan untuk Ibu Hamil, Bisa Dipraktikkan di Rumah

Rabu, 19 Februari 2020 16:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Macam-Macam Olahraga Ringan untuk Ibu Hamil, Bisa Dipraktikkan di Rumah Macam-Macam Olahraga Ringan untul Ibu Hamil, Bisa Dipraktikkan di Rumah. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Bagi ibu hamil, memang diharuskan untuk meninggalkan aktivitas-aktivitas berat yang berisiko mengganggu keberadaan janin. Meskipun begitu, bukan berarti seorang ibu hamil hanya bersantai dan tidak melakukan aktivitas apapun di rumah. Ada banyak aktivitas fisik, hingga macam-macam olahraga ringan yang punya banyak manfaat bagi ibu dan perkembangan janin.

Salah satu aktivitas fisik yang bisa dilakukan seorang ibu hamil adalah olahraga. Tentu saja aktivitas olahraga bukan menjadi suatu hal yang dilarang, bahkan dari segi medis sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

Olahraga mempunyai beberapa manfaat bagi ibu hamil. Seperti mempermudah proses persalinan, mengurangi stres, tidur menjadi lebih nyenyak, mengurangi rasa sakit dan nyeri, bahkan bisa memudahkan penurunan berat badan setelah melahirkan.

Berikut macam-macam olahraga ringan yang bisa dipraktikkan ibu hamil di rumah :

1 dari 5 halaman

Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga ringan dan sangat mudah dilakukan di rumah. Berjalan kaki di sore hari mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, termasuk untuk ibu yang sedang hamil.

Dengan berjalan kaki di pagi hari dapat membantu melemaskan otot-otot yang tegang setelah tidur semalam, membantu menyegarkan tubuh, juga melancarkan sirkulasi darah.

kaki

www.healthowealth.com

Suasana pagi hari yang masih sejuk dan minim polusi, pun memberikan kesempatan bagi paru-paru untuk menghirup oksigen yang masih bersih. Olahraga ringan ini dapat dilakukan di sekitar rumah bersama suami. Bagi ibu hamil yang ingin mempraktikkan olahraga ringan ini, perlu menghindari medan yang menanjak atau terjal.



2 dari 5 halaman

Renang

macam macam olahraga ringan untul ibu hamil bisa dipraktikkan di rumah

2020 Merdeka.com


Terbukti, renang merupakan salah satu olahraga yang baik untuk ibu hamil. Perempuan hamil yang rajin berenang akan membantu pernafasannya jadi lebih teratur dan tidak mudah sesak. Terlebih ketika perut semakin membesar, otot pinggul dan rahim menjadi lebih kuat sehingga dapat memperlancar proses persalinan.

Bagi ibu hamil yang ingin memulai olahraga berenang sebaiknya menggunakan gerakan yang aman, seperti gaya dada, gaya bebas dan gaya punggung. Sedangkan Gerakan renang yang perlu dihindari bagi ibu hamil adalah gaya kupu-kupu.

Gerakan pada gaya kupu-kupu memiliki risiko terjadinya hentakan di sekitar pinggul dan perut, sehingga gaya ini dinilai berbahaya untuk janin.

3 dari 5 halaman

Senam Kegel

Senam kegel merupakan senam yang dilakukan untuk tujuan mengencangkan dan menguatkan otot panggul bagian bawah seperti otot rahim, kantung kemih dan usus besar. Senam ini baik dilakukan untuk ibu hamil.

10 manfaat yoga untuk ibu hamil

2020 Merdeka.com

Dengan melakukan senam kegel dapat memberikan manfaat otot panggul yang lebih kuat dan elastis pada ibu hamil, sehingga dapat memperlancar proses persalinan. Olahraga macam ini juga dikatakan dapat menghindarkan dari risiko episiotomy, atau sayatan saat melahirkan dengan normal.

4 dari 5 halaman

Menari

Menari merupakan salah satu olahraga yang termasuk jenis low impact, yaitu olahraga dengan gerakan-gerakan ringan yang baik untuk sendi-sendi pada tubuh. Macam olahraga ini juga dapat dilakukan oleh ibu hamil. Tari samba dan salsa bisa menjadi rekomendasi bagi ibu hamil yang ingin memulai olahraga ini.

Dengan melakukan olahraga menari, ibu hamil bisa mendapatkan beberapa manfaat seperti otot panggul yang lebih kuat, tulang punggung lebih lentur, postur tubuh yang baik, mengurangi rasa nyeri dan membuat suasana hati lebih baik.

Banyaknya manfaat dari macam-macam olahraga ringan yang bisa dilakukan ibu hamil di atas, tidak ada lagi alasan yang membenarkan bahwa olahraga adalah hal yang dihindari, sehingga ibu hamil dapat bermalas-malasan di rumah.

5 dari 5 halaman

Yoga

macam macam olahraga ringan untul ibu hamil bisa dipraktikkan di rumah

2020 Merdeka.com

Yoga juga merupakan salah satu olahraga yang baik dan dianjurkan kepada ibu hamil. Dengan melakukan olahraga yoga dapat membantu otot tubuh menjadi lebih lentur dan rileks. Selain itu, dengan olahraga yoga ibu hamil dapat melatih pernapasan dengan baik sehingga dapat berguna nanti ketika menjalani proses persalinan.

Yoga juga diketahui dapat mengurangi ketegangan dan meningkatkan suasana hati yang positif. Bagi ibu hamil yang ingin melakukan yoga di rumah bisa mempraktikkan Gerakan-gerakan yoga yang ringan seperti gaya cat and cow, warrior II, bridge, king pigeon dan butterfly.

Gerakan-gerakan tersebut aman dilakukan untuk ibu hamil. Sebagai rekomendasi, saat melakukan yoga bisa diiringi musik instrumental yang rileks untuk membantu meningkatkan energi. Siap mempraktikkan macam-macam olahraga ringan tersebut?

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini