Bubarnya Led Zeppelin 4 Desember 1980, Band Rock Legendaris Asal Inggris

Minggu, 4 Desember 2022 06:01 Reporter : Jevi Nugraha
Bubarnya Led Zeppelin 4 Desember 1980, Band Rock Legendaris Asal Inggris Led Zeppelin. ©2014 Merdeka.com/themusicuniverse.com

Merdeka.com - Led Zeppelin adalah salah satu band rock legendaris asal Inggris terbesar di dunia. Band yang dibentuk pada September 1968 ini disebut-sebut sebagai band dengan genre Heavy Metal pertama di dunia. Dengan menggabungkan musik blus, folk, dan rock, Led Zeppelin menjelma menjadi band rock raksasa dunia.

Tepat hari ini, 4 Desember pada 1980 silam, Led Zeppelin bubar. Band yang digawangi oleh Jimmy Page, Robert Plant, John Paul Jones, dan John Bonham, ini membuat para penggemarnya kaget. Sebab, mereka memutuskan bubar di puncak kariernya sebagai grup band papan atas dunia.

Meski Led Zeppelin telah bubar, tetapi lagu-lagunya sampai saat ini masih terus diputar di beberapa platform musik. Bahkan, tidak sedikit band metal besar yang terinspirasi oleh karya-karyanya. Berikut penyebab bubarnya Led Zeppelin dan perjalanan kariernya yang merdeka.com lansir dari Britannica:

2 dari 3 halaman

Terbentuknya Led Zeppelin

led zeppelin

©blogspot.com

Led Zeppelin adalah grup rock asal Inggris yang dibentuk bulan September 1968. Led Zeppelin terdiri dari Jimmy Page, Robert Plant, John Paul Jones, dan John Bonham. Band rock yang identik dengan suara gitar yang keras dan berat ini disebut-sebut sebagai band heavy metal pertama di dunia.

Sebagian besar dari lagu-lagu Led Zeppelin merupakan interpretasi musik blues dan folk yang diberi nuansa rock, termasuk reggae, rocabilly, soul, funk, dan musik country. Dengan penggabungan beberapa konsep atau genre tersebut, Led Zeppelin melejit menjadi salah satu band rock terbesar di dunia.

Puncak karier Led Zeppelin saat merilis album ke-2 pada 1969. Mereka melakukan promp tur ke empat kota di Amerika Serikat dan Inggris. Versi baru dari lagu Whole Lotta Love’ di album ini mampu bertengger di posisi 4 Billboard Amerika Serikat pada Januari 1970 dengan total penjualan sebanyak satu juta kopo.

Berkat album tersebut, Led Zeppelin sukses mengguncang dunia dengan satu genre musik baru yang disebut sebagai heavy metal. Dengan penggabungan antara psychedelic blues, english folk, dan rock, membuat band ini benar-benar memberi warna baru di blantika musik dunia.

3 dari 3 halaman

Album Pertama Led Zeppelin

led zeppelin
©2014 Merdeka.com/themusicuniverse.com

Pada tahun 12 Januari 1969, Led Zeppelin merilis album pertama yang berjudul Led Zeppelin. Album ini direkam pada bulan Oktober 1968 di Olympic Studios, London, dan diterbitkan oleh Atlantic Records pada 12 Januari 1969.

Meski awalnya mendapatkan sambutan negatif, tetapi album ini laku keras di pasaran. Bahkan, tidak sedikit kritikus musik yang mulai melihat album ini dengan pandangan positif. Pada tahun 2003, album Led Zeppelin masuk ke dalam peringkat 29 pada daftar 500 album terbaik sepanjang masa versi majalah “Rolling Stones”.

Dalam album ini, Led Zeppelin memuat beberapa judul lagu, seperti How Many More Times, I Cant Quit You Baby, Communication Breakdown, Black Mountain Side, dan lainnya. Melalui beberapa lagu tersebut, membuat nama Led Zeppelin semakin dikenal luas oleh masyarakat dunia.

Bubarnya Led Zeppelin 4 Desember 1980

Tepat 42 tahun lalu, pada 4 Desember 1980, Led Zeppelin bubar. Band heavy metal papan atas dunia ini bubar disebabkan oleh wafatnya pemain drum mereka, John Bonham.
Tidak sama seperti band lainnya yang mencari pengganti penggebuk drum, Led Zeppelin memutuskan berhenti. Dalam sebuah wawancara, mereka mengatakan bahwa keputusan yang diambilnya adalah bentuk penghormatan terakhir untuk sahabatnya, John Bonham dan keluarga.

Bonham meninggal secara mendadak setelah latihan malam. Bohnam pingsan dalam keadaan mabuk dan tidak sadarkan diri. Beberapa minggu setelah kematiannya, The Guardian melaporkan bahwa Bonham telah mengonsumsi sekitar 40 takaran vodka dalam 12 jam. Hal inilah yang kemudian membuatnya meninggal dunia.

Meski Led Zeppelin telah bubar, tetapi karya-karyanya sampai saat ini masih diputar para penggemarnya dan menjadi inspirasi bagi band-band rock muda. Beberapa lagunya seperti Stairway to Heaven, Kashmir, Black Dog, Whole Lotta Love, dan The Rain Song, menjadi lagu terbaik sepanjang masa.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini