Arti Doa Iftitah Beserta Bacaannya, Perlu Diketahui

Sabtu, 10 April 2021 08:01 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Arti Doa Iftitah Beserta Bacaannya, Perlu Diketahui ilustrasi sholat. islam-today.ru

Merdeka.com - Seperti diketahui, dalam melaksanakan ibadah sholat, terdapat beberapa bacaan doa yang dilafalkan dalam setiap gerakannya. Mulai dari gerakan berdiri, rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud, dan takhiyat akhir. Biasanya bacaan doa dalam setiap gerakan sholat ini hukumnya wajib dibaca dengan baik, benar, dan lengkap.

Selain bacaan doa untuk setiap gerakan sholat, terdapat pula beberapa doa yang dilafalkan saat mengerjakan sholat. Salah satunya adalah doa iftitah. Doa iftitah ini merupakan doa pembuka yang biasanya dilafalkan setelah takbir dan sebelum membaca doa Al Fatihah. Doa ini berisi ungkapan pujian kepada Allah atas kebesarannya.

Namun, bacaan doa iftitah ini hukumnya sunnah saat dibaca dalam pelaksanaan sholat. Artinya, jika dibaca akan memberikan tambahan pahala, sedangkan jika tidak dibaca tidak menimbulkan dosa. Di balik hukum sunnahnya, ternyata terdapat makna mendalam dari arti doa iftitah yang dibaca di awal sholat.

Arti doa iftitah ini diketahui sebagai pengakuan kelemahan diri manusia dan permohonan untuk mendapatkan perlindungan dari Allah. Bukan hanya itu, arti doa iftitah juga meliputi hal lain yang berhubungan dengan akhlak baik dan akhlak buruk manusia. Dengan begitu, penting untuk mengetahui berbagai arti doa iftitah secara jelas dan menyeluruh.

Ini bisa menjadi amalan baik yang dapat menambah timbangan pahala bagi siapa pun yang melakukan. Dilansir dari beberapa situs, berikut kami merangkum arti doa iftitah beserta bacaan dan berbagai informasi lainnya yang tidak kalah penting untuk Anda simak.

Baca Selanjutnya: Mengenal Doa Iftitah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini