8 Makanan untuk Diet Pemula, Efektif Turunkan Berat Badan

Selasa, 4 Oktober 2022 10:45 Reporter : Jevi Nugraha
8 Makanan untuk Diet Pemula, Efektif Turunkan Berat Badan Ilustrasi diet. ©2012 Shutterstock/Gabi Moisa

Merdeka.com - Makanan untuk diet pemula penting diketahui setiap orang yang ingin menurunkan berat badan. Makanan sangat berpengaruh terhadap barat badan seseorang. Maka dari itu, agar berat badan tetap ideal, ada sejumlah makanan untuk diet pemula yang bisa dikonsumsi secara rutin dan teratur.

Bagi sebagian orang, memiliki berat badan menjadi masalah yang besar. Selain dapat membuat tubuh menjadi tidak seimbang, hal ini juga dapat menyebabkan obesitas. Salah satu cara menurunkan berat badan yang efektif adalah mengonsumsi makanan sehat agar terhindar dari obesitas atau kelebihan berat badan.

Ada sejumlah makanan untuk diet pemula yang bisa membantu program menurunkan berat badan ini. Berikut makanan untuk diet pemula yang dilansir dari Healthline:

2 dari 3 halaman

Kentang

ilustrasi kentang

©Pixabay/JamesHills

Salah satu makanan untuk diet pemula yang efektif turunkan berat badan adalah kentang. Dengan mengonsumsi kentang rebus, membuat Anda merasa kenyang dan akan makan dengan porsi sedikit. Mengonsumsi kentang rebus bisa jadi solusi yang baik untuk diet.

Cara mengonsumsi kentang rebus dengan mendinginkan terlebih dahulu setelah matang, proses ini beperan penting membantu dalam membentuk pati kebal, yang terbukti membantu menjaga berat badan ideal.

Sayuran Hijau

Makanan untuk diet pemula selanjutnya, yaitu sayuran hijau. Apa pun sayur yang berwarna hijau berfungsi efektif untuk proses diet. Sebab, dalam sayuran hijau terkandung banyak serat, kalori dan karbohidrat.

Sayuran hijau merupakan sayur dengan kepadatan energi yang rendah juga sama seperti sayur silang. Maka dari itu, bagi Anda yang mengonsumsi sayuran hijau akan membuat kenyang seharian. Tentu saja hal ini sangat membantu program diet.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan menjadi makanan untuk diet pemula yang berperan penting untuk menurunkan berat badan. Kacang-kacangan mengandung protein tinggi, serat, dan lemak sehat seimbang sehingga baik untuk membantu program diet.

Menurut penelitian Journal of Nutrition, mengonsumsi kacang dapat meningkatkan kesehatan metabolik bahkan meningkatkan penurunan berat badan. Selain itu, orang yang makan kacang cenderung lebih sehat dan ramping dibanding mereka yang tidak.

Perbanyak Asupan Nutrisi

Protein merupakan salah satu sumber gizi yang berperan penting dalam memperbaiki sel-sel tubuh. Selain itu, mengonsumsi makanan untuk diet pemula yang mengandung protein juga dapat membuat seseorang kenyang lebih lama. Sehingga hal ini sangat membantu program diet yang sedang Anda jalankan.

Berbagai macam makanan, seperti buah-buahan, daging serta susu adalah sumber protein yang baik. Apabila mengonsumsi beberapa jenis makanan ini secara teratur, dapat berfungsi efektif mengurangi berat badan.

3 dari 3 halaman

Oatmeal

ilustrasi oatmeal
©Shutterstock

Makanan untuk diet pemula lainnya, yaitu oatmeal. Makanan ini bisa dibilang makanan untuk diet yang wajib ada setiap hari dalam makanan sehat. Oatmeal menjadi makanan yang memiliki kandungan serat tinggi dan nilai indeks glikemik yang rendah.

Oatmeal bisa menjadi makanan pengganti nasi atau mi, yang akan membuat kadar gula darah serta berat badan terkendali dengan baik. Dengan mengonsumsi oatmeal secara rutin dan teratur, berfungsi efektif dalam menurunkan berat badan.

Jamur

Jamur merupakan makanan untuk diet pemula yang bisa dikonsumsi secara rutin. Jamur merupakan sayur yang memiliki kandungan mineral esensial dan juga vitamin serta memiliki sedikit kalori, sehingga dapat membuat diet menjadi lancar. Para pakar mengatakan bahwa makan makanan yang banyak jamur di olahannya akan menjauhkan dari rasa lapar.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi jamur khususnya jamur kancing putih akan merasa lebih kenyang. Jamur ini bergantung pada substrat yang menyediakan karbohidrat, protein, vitamin. Semua zat yang diperoleh jamur diperoleh dari lingkungannya.

Minum Jeruk Nipis

Makanan untuk diet pemula selanjutnya ialah jeruk nipis. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menguruskan badan dengan cepat, salah satunya ialah mengonsumsi jeruk nipis. Buah ini memiliki kandungan vitamin C, vitamin B1, karbohidrat, zat besi, lemak, hingga kalsium. Tak heran, jika jeruk nipis mampu menjaga daya tahan tubuh dan melangsingkan badan.

Kandungan vitamin C tinggi pada jeruk nipis juga dapat meningkatkan sistem pencernaan sekaligus membantu fungsi hati. Selain itu, mengonsumsi jeruk nipis juga berfungsi efektif membakar lemak perut berlebih, sehingga sangat cocok untuk membantu program diet.

Ketika minum air jeruk nipis untuk diet sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Sebab, saat tubuh belum mengonsumsi apapun, tubuh dapat melakukan proses detoksifikasi dengan minum air jeruk nipis. Sehingga dapat membuat fungsi hati bekerja lebih ringan dan melangsingkan badan secara optimal.

Minum Air Lemon

Buah lemon memiliki beragam kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C tinggi pada buah lemon dapat meningkatkan sistem pencernaan sekaligus membantu fungsi hati. Selain itu, buah lemon juga berfungsi efektif membakar lemak perut berlebih, sehingga sangat cocok untuk membantu program diet.

Di samping itu, sebaiknya saat minum air lemon untuk diet dilakukan pada pagi hari. Sebab, saat tubuh belum mengonsumsi apapun, tubuh dapat melakukan proses detoksifikasi dengan minum air lemon. Sehingga dapat membuat fungsi hati bekerja lebih ringan dan mengurangi berat badan secara optimal.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini