7 Fakta Supersemar, Surat Pelengseran Soekarno yang Masih Menjadi Misteri Hingga Kini

Rabu, 11 Maret 2020 09:47 Reporter : Shani Rasyid
7 Fakta Supersemar, Surat Pelengseran Soekarno yang Masih Menjadi Misteri Hingga Kini Supersemar. ©2020 liputan6.com

Merdeka.com - 54 tahun yang lalu, atau tepatnya pada tanggal 11 Maret 1966, surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) diterbitkan. Surat itu menjadi tanda pergantian era dari orde lama yang dipimpin Soekarno menuju era orde baru yang dipimpin Soeharto.

Pada surat itu, Soekarno memberi wewenang kepada Soeharto untuk memulihkan keamanan dan ketertiban setelah peristiwa G30S PKI.

Namun dalam mengambil wewenang itu, Soeharto justru bertindak agresif dengan membubarkan PKI dan menangkapi orang-orang yang diduga terlibat dalam gerakan 30 September. Atas tindakan agresif itu, Soekarno sempat melayangkan surat susulan sebagai protes.

Tapi, sejak keluarnya surat itu kekuasaan Soekarno semakin meredup dan setahun berselang kekuasaannya diganti Soeharto. Sampai saat ini apa isi surat itu dan bagaimana surat itu dikeluarkan masih menjadi misteri.

Ada 3 versi yang beredar mengenai isi Supersemar. Namun versi yang ada itu diyakini tidak 100 persen asli. Berikut 7 fakta Supersemar yang menandakan akhir era Orde baru.

Baca Selanjutnya: Pemulihan Keamanan Pasca G30S PKI...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. DIY
  3. Jateng
  4. Berita
  5. Supersemar
  6. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini