Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

7 Buah Penurun Gula Darah, Penderita Diabetes Wajib Tahu

Gula darah merupakan zat gula dalam darah yang penting untuk diperhatikan bagi setiap orang. Di mana kadar gula darah dalam tubuh perlu dikontrol dengan baik agar tidak menimbulkan berbagai risiko penyakit, termasuk diabetes.

Terlebih lagi, bagi Anda yang sudah memiliki kondisi diabetes atau berpotensi diabetes, mengontrol kadar gula darah adalah hal wajib yang harus dilakukan. Jika tidak terkontrol dengan baik, gula darah yang terus naik akan meningkatkan risiko gejala bagi penderita.

Dalam hal ini, terdapat beberapa jenis buah penurun diabetes yang bisa Anda konsumsi. Beberapa pilihan buah ini mengandung nutrisi yang baik untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah. Berbagai jenis buah ini juga mengandung nutrisi lain yang mendukung kesehatan lebih baik.

Selain mengetahui jenis buah penurun gula darah, Anda juga perlu mengetahui cara lain yang bisa dilakukan untuk menurunkan gula darah. Berikut, kami merangkum jenis buah penurun gula darah dan penjelasan lainnya, bisa disimak.

Kontrol Gula Darah

Kontrol Gula Darah

Sebelum mengetahui jenis buah penurun gula darah, perlu dopahami pentingnya kontrol gula darah.

Terutama, bagi penderita diabetes, mengontrol gula darah adalah hal wajib yang harus dilakukan. Berikut alasannya:

1. Mencegah Komplikasi Jangka Panjang: Gula darah tinggi yang tidak terkendali dapat menyebabkan berbagai komplikasi jangka panjang, seperti kerusakan pada saraf (neuropati), kerusakan mata (retinopati), masalah ginjal (nefropati), penyakit jantung, stroke, dan masalah sirkulasi yang dapat mengakibatkan luka sulit sembuh dan infeksi pada kaki dan anggota tubuh lainnya.

2. Meningkatkan Kualitas Hidup: Dengan mengendalikan gula darah, penderita diabetes dapat mengurangi risiko mengalami komplikasi yang mengganggu kualitas hidup, seperti nyeri kronis, kehilangan penglihatan, gangguan ginjal, atau masalah sirkulasi yang menyakitkan.

3. Mencegah Hiperglikemia dan Hipoglikemia: Mengontrol gula darah membantu mencegah terjadinya hiperglikemia (kadar gula darah terlalu tinggi) dan hipoglikemia (kadar gula darah terlalu rendah). Kedua kondisi ini dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman dan bahkan berbahaya.

4. Mendukung Kesehatan Umum: Mengelola gula darah juga berdampak positif pada kesehatan umum. Hal ini termasuk menjaga berat badan yang sehat, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, meningkatkan energi, dan memperbaiki fungsi sistem tubuh lainnya.

5. Meningkatkan Respons Terhadap Terapi: Ketika gula darah terkendali dengan baik, penderita diabetes lebih responsif terhadap terapi yang mereka terima, seperti obat-obatan, diet, dan olahraga. Ini dapat membantu mengurangi dosis obat yang dibutuhkan dan mengurangi risiko efek samping yang tidak diinginkan.

6. Mengurangi Risiko Kematian: Penderita diabetes yang berhasil mengendalikan gula darah mereka memiliki risiko kematian yang lebih rendah daripada mereka yang tidak mengelola kondisi mereka dengan baik.

Buah Penurun Gula Darah

Buah Penurun Gula Darah

Berikutnya, terdapat beberapa jenis buah penurun gula darah yang baik untuk dikonsumsi, yaitu sebagai berikut:

1. Alpukat: Alpukat mengandung lemak sehat, serat, dan kadar gula yang rendah. Lemak sehat dalam alpukat dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Serat dalam alpukat juga membantu mengontrol penyerapan gula dalam darah.

2. Apel: Apel kaya akan serat, antioksidan, dan vitamin C. Serat dalam apel membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan memperlambat penyerapan gula. Antioksidan dan vitamin C dalam apel juga membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Jambu biji: Jambu biji mengandung serat, vitamin C, dan likopen. Serat dalam jambu biji membantu mengontrol kadar gula darah. Vitamin C dan likopen dalam jambu biji membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

4. Jeruk: Jeruk mengandung vitamin C, serat, dan antioksidan. Vitamin C dalam jeruk membantu mengurangi resiko diabetes tipe 2. Serat dan antioksidan juga membantu mengontrol kadar gula darah.

5. Jeruk bali: Jeruk bali mengandung vitamin C, serat, dan folat. Vitamin C dalam jeruk bali membantu menurunkan risiko diabetes. Serat dan folat dalam jeruk bali juga membantu mengatur kadar gula darah.

6. Stroberi: Stroberi mengandung serat, antioksidan, dan vitamin C. Antioksidan dalam stroberi dapat membantu mengatur kadar gula darah. Serat dan vitamin C juga membantu dalam mengontrol penyerapan gula.

7. Tomat: Tomat mengandung likopen, serat, dan potassium. Likopen dalam tomat membantu mengurangi resiko diabetes tipe 2. Serat dan potassium juga membantu mengatur kadar gula darah.

Cara Menurunkan Gula Darah

Cara Menurunkan Gula Darah

Setelah mengetahui buah penurun gula darah, terakhir akan dijelaskan cara lain untuk menurunkan gula darah, sebagai berikut:

1. Pola Makan Sehat: Mengadopsi pola makan sehat merupakan langkah penting dalam mengendalikan gula darah. Fokus pada makanan yang rendah indeks glikemiknya, tinggi serat, dan seimbang antara karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat. Batasi konsumsi gula, karbohidrat olahan, dan makanan yang tinggi lemak jenuh. Hindari minuman beralkohol dan minuman manis.

2. Olahraga Teratur: Olahraga secara teratur membantu menurunkan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin. Pilihlah aktivitas yang disukai dan dapat dilakukan secara konsisten, seperti berjalan kaki, berenang, bersepeda, atau latihan kekuatan. Konsultasikan dengan dokter untuk menentukan jenis dan intensitas olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda.

3. Menjaga Berat Badan yang Sehat: Kegemukan atau kelebihan berat badan dapat membuat tubuh lebih resisten terhadap insulin. Menjaga berat badan yang sehat melalui kombinasi pola makan sehat dan olahraga dapat membantu menurunkan gula darah.

4. Mengontrol Porsi Makan: Mengatur ukuran porsi makan dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Hindari makan berlebihan dan perhatikan proporsi karbohidrat, protein, dan lemak dalam setiap hidangan.

5. Monitoring Gula Darah: Rutin memantau kadar gula darah membantu Anda memahami bagaimana makanan, olahraga, dan obat-obatan memengaruhi gula darah Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengambil tindakan yang sesuai, seperti penyesuaian dosis obat atau perubahan pola makan.

6. Mengonsumsi Obat Sesuai Petunjuk: Jika diperlukan, mengonsumsi obat-obatan seperti insulin atau obat diabetes oral sesuai dengan petunjuk dokter adalah langkah penting untuk mengendalikan gula darah.

7. Mengelola Stres: Stres dapat meningkatkan kadar gula darah. Temukan cara untuk mengelola stres, seperti meditasi, yoga, atau kegiatan yang menenangkan lainnya.

8. Tidur yang Cukup: Kurang tidur dapat memengaruhi kadar gula darah. Pastikan Anda mendapatkan cukup tidur setiap malam.

9. Konsultasi dengan Tim Perawatan Kesehatan: Konsultasikan dengan dokter, ahli gizi, atau pendukung lainnya untuk merencanakan strategi yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda.

10 Buah yang Cocok untuk Penderita Diabetes, Tidak Membuat Kadar Gula Melonjak Tinggi

10 Buah yang Cocok untuk Penderita Diabetes, Tidak Membuat Kadar Gula Melonjak Tinggi

Salah satu cara untuk mengendalikan diabetes adalah melalui pola makan yang sehat dan seimbang, yang mencakup konsumsi buah-buahan.

Baca Selengkapnya
6 Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes, Pilih Asupan Nutrisi dengan Bijak

6 Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes, Pilih Asupan Nutrisi dengan Bijak

Penderita diabetes perlu memperhatikan jenis buah yang mereka konsumsi karena kandungan gula dan karbohidrat di dalamnya.

Baca Selengkapnya
Ketahui Waktu Tepat untuk Pemeriksaan Gula Darah secara Mandiri di Bulan Ramadan

Ketahui Waktu Tepat untuk Pemeriksaan Gula Darah secara Mandiri di Bulan Ramadan

Pada bulan Ramadan ketika mana umat Muslim menjalankan ibadah puasa, penting bagi penderita diabetes untuk memperhatikan kadar gula darah dalam tubuh mereka.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Deretan Sayuran Penurun Kadar Gula Darah, Aman Bagi Penderita Diabetes

Deretan Sayuran Penurun Kadar Gula Darah, Aman Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, sejumlah sayur bisa membantu menurunkan kadar gula darah yang terlampau tinggi.

Baca Selengkapnya
Ketahui Apa Itu Pra-Diabetes, Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

Ketahui Apa Itu Pra-Diabetes, Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

Sebelum seseorang mengalami diabetes, terdapat kondisi pra-diabetes yang mungkin terjadi dan bisa dikenali.

Baca Selengkapnya
Amankah Pepaya Dikonsumsi untuk Mengontrol kadar Gula Darah?

Amankah Pepaya Dikonsumsi untuk Mengontrol kadar Gula Darah?

Adakalanya, bagi individu yang menderita diabetes, kekhawatiran muncul saat ingin menikmati buah-buahan yang memiliki rasa manis.

Baca Selengkapnya
Pentingnya Pengaturan Jadwal Makan Malam untuk Cegah Gangguan Tidur pada Penderita Diabetes

Pentingnya Pengaturan Jadwal Makan Malam untuk Cegah Gangguan Tidur pada Penderita Diabetes

Pengaturan pola makan bisa sangat berperan pada peningkatan kualitas hidup pasien diabetes.

Baca Selengkapnya
Karena Gaya Hidup dan Pola Makan, Ken Ken Wiro Sableng Menderita Penyakit Diabetes

Karena Gaya Hidup dan Pola Makan, Ken Ken Wiro Sableng Menderita Penyakit Diabetes

Keluarga Ken Ken juga memiliki riwayat penyakit diabetes. Sang ibunda diketahui mengidap diabates.

Baca Selengkapnya
Hendak Berpuasa, Pasien Diabetes Disarankan untuk Konsultasi dengan Dokter Lebih Dahulu

Hendak Berpuasa, Pasien Diabetes Disarankan untuk Konsultasi dengan Dokter Lebih Dahulu

Datangnya bulan Ramadan sudah dalam hitungan hari, persiapan untuk puasa penting dilakukan oleh siapa saja termasuk pada pasien diabetes.

Baca Selengkapnya