5 Wisata Demak yang Indah dan Instagramable, Wajib Dikunjungi

Rabu, 25 Mei 2022 10:40 Reporter : Jevi Nugraha
5 Wisata Demak yang Indah dan Instagramable, Wajib Dikunjungi Masjid Agung Demak. ©kemendikbud

Merdeka.com - Wisata Demak memang selalu menarik dikunjungi. Ada banyak sekali obyek wisata Demak yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan saat akhir pekan atau hari libur tertentu. Tidak hanya memiliki panorama alam yang indah, wisata Demak juga sarat akan nilai sejarah.

Demak merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang dikenal masyarakat indonesia dengan destinasi wisata religi. Banyak orang berkunjung ke Demak untuk ziarah ke makam Sunan Kalijaga. Selain wisata religi, juga banyak ditemukan wisata Demak yang menarik untuk dikunjungi.

Bagi Anda yang tengah berada di Kabupaten Demak, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata menarik yang ada di sana. Berikut sejumlah tempat wisata Demak yang merdeka.com lansir dariDemakkab.go.id:

2 dari 3 halaman

Makam Terapung Syekh Mudzakir

makam syekh mudzakir
©Demakkab.go.id

Salah satu wisata Demak yang wajib Anda kunjungi, yaitu makam Syekh Mudzakir. Kiai Mudzakir sendiri merupakan salah seorang ulama besar pada kisaran tahun 1900 hingga 1960-an. Tidak hanya menyiarkan agama Islam, beliau juga turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Melansir dari Demakkab.go.id, Syekh Mudzakir memiliki begitu banyak karomah, salah satunya makamnya tidak terendam air laut meski tanah di sekitarnya tenggelam. Tak heran, jika makam ini dianggap keramat karena tidak terkikis diterjang pasang surut air laut.

Saat ini, banyak sekali pengunjung yang datang ke makam Syekh Mudzakir untuk berziarah. Bagi Anda yang ingin datang ke lokasi, langsung saja menuju Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.

Brown Canyon Demak

Wisata Demak yang wajib dikunjungi selanjutnya, yaitu Brown Canyon Demak. Obyek wisata yang terletak di Desa Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, ini memiliki keindahan layaknya Grand Canyon di Amerika.

Dulunya, tempat ini merupakan lokasi bekas tambang galian C, yang mana sisanya memberikan kesan yang mirip dengan Grand Canyon di Amerika. Ciri khas wisata Demak ini terdapat bukit tinggi berupa batu cadas berwarna cokelat yang menjulang. Selain cocok untuk tempat selfie, bukit buatan ini juga bisa menjadi arena gladi panjat tebing yang cukup menantang.

3 dari 3 halaman

Masjid Agung Demak

masjid agung demak
©kemendikbud

Siapa yang tidak kenal dengan Masjid Agung Demak? Tempat ibadah umat muslim ini begitu populer di Indonesia. Masjid yang sudah berdiri sejak abad ke-15 ini, dibangun oleh sultan pertama Kesultanan Demak, yaitu Raden Patah yang dibantu oleh para Wali Songo.

Konon, pembangunan Masjid Agung Demak ini dapat selesai dalam waktu tidak lebih dari sehari. Hal ini yang kemudian membuat wisata Demak ini selalu dikunjungi para wisatawan.
Bagi Anda yang sedang berada di Demak, sebaiknya menyempatkan diri untuk mengunjungi Masjid Agung Demak. Adapun lokasi masjid ini berada di Bintoro, Demak, Jawa Tengah.

Makam Sunan Kalijaga

Wisata Demak yang sebaiknya dikunjungi lainnya, yaitu Makam Sunan Kalijaga. Sebagaimana kita tahu, Sunan Kalijaga merupakan salah satu dari sembilan wali yang menyiarkan agama Isalm di tanah Jawa.

Sunan Kalijaga dikenal piawai saat menyiarkan ajaran agama Islam. Dalam sejarahnya, beliau menyiarkan agama Islam melalui kesenian sebagai media dakwahnya. Hal ini yang kemudian membuat Sunan Kalijaga begitu populer bagi umat muslim di tanah Jawa.

Hampir setiap hari, makam Sunan Kalijaga selalu ramai dikunjungi. Bagi Anda yang ingin berziarah, langsung saja menuju Desa Kalidangu, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak.

Desa Wisata Tlogoweru

Desa Wisata Tlogoweru menjadi salah satu wisata Demak yang wajib dikunjungi. Tempat wisata ini berdiri berawal dari kejengkelan petani di daerah Tlogoweru akibat ulah hama tikus yang merusak padi. Akhirnya, para petani bersepakat untuk memelihara burung hantu dalam jumlah yang cukup besar.

Saat ini, lebih dari 200 burung hantu hidup bebas di Desa Tlogowaru. Banyaknya burung hantu di tempat ini, membuat banyak orang penasaran ingin melihat burung hantu dengan jumlah yang banyak. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke wisata Demak satu ini, langsung saja menuju Desa Tlogowaru, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak.

Pantai Moro Demak

Pantai Moro Demak terletak di Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Obyek wisata ini selalu ramai pengunjung saat akhir pekan atau hari libur tertentu. Banyaknya pepohonan di sekitar pantai, semakin membuat suasana di pantai ini begitu asri dan tampak alami.

Selain menikmati eloknya pemandang, ada banyak spot foto yang disediakan di wisata Demak satu ini. Untuk itu, bagi Anda yang hobi fotografi, sebaiknya mengunjungi tempat ini. [jen]

Baca juga:
Jejak Syiar di Masjid Agung Demak
Mencicipi Nasi Kropokhan, Kuliner Khas Raja-Raja Demak yang Kini Mulai Langka
Jejak Syiar Islam di Masjid Sunan Kalijaga
Tradisi Ziarah di Makam Sunan Kalijaga
Viral Hajatan Mewah di Demak, Tamu Undangannya Malah Dapat Beras 25 Kg dan Uang Tunai
Kisah Syekh Mudzakir, Ulama Asal Demak yang Makamnya Terapung di Tengah Laut

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini