Tekan Kemacetan, Anies ingin Warga Jakarta Budayakan Berjalan Kaki

Kamis, 11 April 2019 14:17 Reporter : Merdeka
Tekan Kemacetan, Anies ingin Warga Jakarta Budayakan Berjalan Kaki Peresmian pameran Kamar Diponegoro. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan berkomitmen untuk mengutamakan membangun infrastruktur bagi pejalan kaki.

"Kami di Jakarta salah satu masalah yang kita hadapi adalah kemacetan yang besar. Jumlah penduduknya 10 juta, motor yang tercatat 13 juta," kata Anies saat memberi sambutan dihadapan peserta Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Tahun 2019 di Hotel JS Luwansa, Karet Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (11/4/2019).

Menurut pendiri gerakan Indonesia Mengajar itu, hal demikian bisa terjadi karena masyarakat tidak menganggap bahwa kaki adalah alat transportasi. Bagi Anies, kaki merupakan sebuah alat transportasi yang dimiliki oleh setiap orang.

"Tapi karena kita tidak berpikir kaki sebagai alat transportasi, maka jalan dibuat hanya untuk roda bukan untuk kaki," jelas Anies.

Anies menganggap, pihaknya sebagai penyelenggara pemerintahan masih berpikir bahwa yang dibangun hanya fasilitas untuk roda.

"Kita sekarang sedang mendorong nomor satu kaki, nomor dua kendaraan beroda yang tanpa emisi, lalu kemudian kendaraan umum, baru kendaraan pribadi. Itu urutannya," kata Anies.

Anies berharap, dengan urutan seperti itu penduduk Jakarta akan lebih sehat, lebih sering jalan kaki dan naik sepeda.

"Harapannya nanti kita lebih sedikit mengalami masalah-masalah kesehatan di kota ini," ujarnya.

Anies juga menekankan agar pemerintah tak hanya fokus pada ruang publik. Baginya, ruang keluarga jauh lebih mendasar.

"Ketika kita bicara infrastruktur terpikirnya ruang kedua (publik), (yaitu) jalanan, jembatan, itu infrastruktur ruang kedua. Ruang pertama (keluarga/pribadi) jauh lebih mendasar, (yaitu) air, listrik, gas, pembuangan limbah," kata Anies.

Oleh karenanya, Anies mengatakan bahwa pihaknya akan mendorong pembangunan dalam tiga ruang tersebut. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini