Polri akan koordinasi dengan DKI agar tak ada aksi intimidasi saat CFD

Kamis, 3 Mei 2018 01:04 Reporter : Merdeka
Polri akan koordinasi dengan DKI agar tak ada aksi intimidasi saat CFD Car Free Day. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Kegiatan politik yang memanfaatkan Car Free Day (CFD) di Jakarta berujung kekerasan dan intimidasi, terhadap sejumlah warga kebetulan menghadiri acara di tempat yang sama. Agar tak tersebut tidak lagi terulang, polisi siap memberikan bantuan pengamanan.

"Polri pasti siap membantu," ucap Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Dia menuturkan, Polda Metro yang akan berkoordinasi dengan Pemprov DKI. Mereka siap mengerahkan bantuan jika terjadi situasi tak kondusif.

"Nanti kebijakannya di polda. Pasti dari intelejen melihat perkembangan situasi. Sehingga ada penguatan koordinasi. Kan ini soal ketertiban. Jadi akan dilapis. Paling depan Pol PP (Satpol PP). Tapi kalau nanti ada ancaman yang lebih besar, penguatan dari kita," ungkapnya.

Kasus intimidasi di CFD ditangani Polda Metro Jaya

Sementara itu, untuk dugaan kasus intimidasi di CFD, pihaknya menyerahkan sepenuhnya di Polda Metro Jaya. "Saya belum cek. Cek (prosesnya) di Polda Metro," tutur Ari Dono.

Saat ditanya akankah dilakukan supervisi, menurutnya belum dibutuhkan sampai tahap tersebut. "Ya nantinya, itu kan enggak terlalu repot," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno mengingatkan, acara Car Free Day (CFD) di wilayahnya masih dilarang untuk kegiatan politik. Dasarnya, adalah Peraturan Gubernur yang ditandatangani Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Dia menuturkan, ada cara lain jika ingin menunjukkan sikap politik. Salah satunya dengan kegiatan yang lebih positif. Sandiaga pun menuturkan, nantinya akan bekerjasama dengan aparat keamanan, untuk menjaga CFD.

"Nanti CFD kita tempatkan aparat di sana. Sekalian juga kerjasama, koordinasi sama polisi dan semua aparat dan masyarakat, semua harus ikut ngingetin," jelas Sandiaga.

Rekaman video dugaan intimidasi terhadap orang berkaus #DiaSibukKerja saat Car Free Day di Thamrin, Jakarta, menjadi viral. Dalam rekaman itu, sejumlah orang berkaus #2019GantiPresiden mengerubungi dan mengimingi-imingi uang kepada mereka yang mengenakan kaus #DiaSibukKerja.

Rekaman video lainnya juga menggambarkan tindakan intimidasi sejumlah orang terhadap perempuan yang membawa seorang anak. Sang anak bahkan menangis mendapatkan perlakuan tersebut.

Reporter: Putu Merta Surta Putra

Sumber: Liputan6.com [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini